Pengembangan Multimedia Tutorial Materi Tata Surya Untuk Membantu Siswa Belajar Di Rumah

Yoyong Trye Abdillah, Susilaningsih Susilaningsih, Agus Wedi

Abstract


Abstrak: Tujuan dari pengembangan ini adalah untuk menghasilkan produk Multimedia Tutorial Materi Tata Surya yang layak pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam untuk membantu siswa dalam meningkatkan pemahaman materi secara visual dan meningkatkan hasil belajar siswa. Prosedur pengembangan multimedia pembelajaran interaktif tutorial ini menggunakan model dari Lee & Owens. Hasil analisis deskriptif dari ahli media menunjukkan bahwa pengembangan multimedia tutorial Tata Surya layak digunakan. Komentar, kritik dan saran ahli media terdapat bahwa media secara umum sudah baik dan istilah pengoperasian materi sebaiknya diubah menjadi penggunaan media. Hasil analisis deskriptif dari ahli materi menunjukkan bahwa pengembangan multimedia tutorial Tata Surya layak digunakan. Komentar, kritik dan saran ahli materi terdapat bahwa keseluruhan materinya sudah sesuai dengan kurikulum SMP dan pengembang diharapkan bisa mengembangkan terus multimedianya yang lebih kreatif, bervariasi dan lebih detail. Hasil tersebut dapat diperoleh bahwa multimedia tutorial layak untuk digunakan pada proses pembelajaran.

Abstract: The objective of the development is to produce multimedia tutorials of the solar system's subject in science lessons to help the students increase the comprehension of the subject visually and improve student learning results. This multimedia tutorial learning procedure used the model based on Lee & Owens. The result of the descriptive analysis from media experts shows that multimedia tutorial development of the solar system is worthy to use. The comments, criticisms and advice of media experts are found that media generally good and the term for material operation should be converted into media use. The result of the descriptive analysis of materials suggests that multimedia tutorial development of the solar system is worthy to use. Comments, criticisms and advice from material experts are that the entire material is suitable with a junior high school curriculum and researchers hope to further research more creative, varied, and detail. The results can be obtained that multimedia tutorials are worthy to use on the learning process.


Keywords


Pengembangan; Multimedia Tutorial; Tata Surya

Full Text:

PDF

References


Admaja, A., Kuswandi, D., & Soepriyanto, Y. (2019). Pengembangan Multimedia Tutorial Untuk Guru Dalam Mengembangkan Software Tes Berbasis Komputer. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran) Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran. https://doi.org/10.17977/um031v5i22019p063

Anggraeni, R., Sulton, S., & Sulthoni, S. (2019). Pengaruh Multimedia Tutorial Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan. https://doi.org/10.17977/um038v2i22019p096

Arifin, Y., Setyosari, P., & Ulfa, S. (2018). Pengembangan Multimedia Interaktif Materi Sandi Morse dalam Kegiatan Ekstrakurikuler Kepramukaan bagi Siswa Kelas V. JKTP.

Armansyah., Sulton., & Sulthoni. (2019). Multimedia Interaktif Sebagai Media Visualisasi Dasar-Dasar Animasi. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan. https://doi.org/10.17977/um038v2i32019p224

Djamarah, S. Bahri & Zain, A. (2010). Strategi belajar mengajar. Jakarta, Indonesia: Rineka Cipta.

Hamalik. (2003). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara., 73.

Haryaningtias, D., Suyatna, A., & Sesunan, F. (2013). Pengembangan Multimedia Interaktif Tutorial Menggunakan Pendekatan Kontekstual. Jurnal Pembelajaran Fisika Universitas Lampung.

Hasan, B., & Hermanto, D. (2019). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis AutoPlay bagi Kelompok Kerja Guru Kecamatan Geger di Kabupaten Bangkalan. Abdihaz: Jurnal Ilmiah Pengabdian Pada Masyarakat. https://doi.org/10.32663/abdihaz.v1i2.981

Herdiyanto, D., Sulton, S., & Praherdhiono, H. (2020). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif pada Materi Tema Tanah bagi Siswa Tunagrahita. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan. https://doi.org/10.17977/um038v3i12019p088

Humienny & Berta. (2018). Interactive Multimedia Learning Environment For Geometrical Specification Indication & Verification Rules. Procedia CIRP, 75, 161–166.

Istika, D., Ngadimun, N., & Suyanto, E. (2014). Pengembangan Multimedia Tutorial Interaktif Microsoft Office Word. Jurnal Teknologi Informasi Komunikasi Pendidikan.

Lee, W. W., & Owens, D. L. (2004). Multimedia-Based Instructional Design. In Pfeiffer. https://doi.org/10.1007/s13398-014-0173-7.2

Mayer, R. E. (2009). Multimedia Learning. In Multimedia Learning. https://doi.org/10.1017/cbo9780511811678

Muchammad Azwar Anas., Soepriyanto Y., Susilaningsih. (2013). Pengembangan Multimedia Tutorial Topologi Jaringan Untuk SMK Kelas X Teknik Komputer Dan Jaringan. JKTP Volume 1, Nomor 4, Desember 2018.

Niken Ariani, D. H. (2010). Pembelajaran Multimedia di Sekolah. In Jakarta: PT. Prestasi Pustakarya (p. 11).

Nurullah, A., Soepriyanto, Y., Sulton, S., & Husna, A. (2019). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Energi dalam Sistem Kehidupan. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan. https://doi.org/10.17977/um038v2i42019p315

Praherdhiono, H., & Adi, E. P. (2008). Panduan Praktikum Multimedia. Malang: Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Malang, 4.

Kemendikbud. (2020). Surat Edaran Mendikbud No 4 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat Penyebaran Coronavirus Disease (Covid-19) - Pusdiklat Pegawai Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. https://Pusdiklat.Kemdikbud.Go.Id/.

Rachmadtullah, R., Zulela, M. S., & Sumantri, M. S. (2018). Development Of Computer-Based Interactive Multimedia: Study On Learning In Elementary Education. International Journal of Engineering and Technology (UAE). https://doi.org/10.14419/ijet.v7i4.16384

Rochmad. (2012). Desain Model Pengembangan Perangkat Pembelajaran. Jurnal Kreano, 3(1), 14.

Rudiawan, D., Hamidah, I., & Komaro, M. (2015). Pengaruh Multimedia Model Tutorial Terhadap Hasil Belajar Gambar 3 Dimensi Siswa SMK. Journal of Mechanical Engineering Education. https://doi.org/10.17509/jmee.v2i1.1150

Saifudin, M., Susilaningsih, S., & Wedi, A. (2020). Pengembangan Multimedia Interaktif Materi Sumber Energi untuk Memudahkan Belajar Siswa SD. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan. https://doi.org/10.17977/um038v3i12019p068

Sihkabuden. (2011). Media Pembelajaran. In Malang: Departemen Pendidikan Nasional Universitas Negeri Malang Fakultas Ilmu Pendidikan. (p. 1).

Sulistiyo, E., & Alfan, M. (2015). Perbandingan Media Pembelajaran (AutoPlay Media Studio) Sebagai Alat Bantu Pembelajaran Memperbaiki CD Player Siswa Kelas XI di SMK Negeri 3 Surabaya. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro.

Tala, S., & Vesterinen, V. M. (2015). Nature of Science Contextualized: Studying Nature of Science with Scientists. Science and Education. https://doi.org/10.1007/s11191-014-9738-2

Trinawindu. (2016). Multimedia Interaktif untuk Proses Pembelajaran. Multimedia Interaktif Untuk Proses Pembelajaran. Jurnal Prabangkara., 19(23), 35–42.

Waldrip, B., Prain, V., & Carolan, J. (2010). Using Multi-Modal Representations To Improve Learning In Junior Secondary Science. Research in Science Education. https://doi.org/10.1007/s11165-009-9157-6

Wardani, S. K., Setyosari, P., & Husna, A. (2019). Pengembangan Multimedia Tutorial Mata Pelajaran IPA Pokok Bahasan Sistem Tata Surya Kelas VII MTS Raudlatul Ulum. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 2(1), 23–29.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um038v4i12021p098

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Yoyong Trye Abdillah, Susila ningsih, Agus Wedi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan published by Department of Educational Technology, Faculty of Education, State University of Malang in Collaboration with Asosiasi Program Studi Teknologi Pendidikan Indonesia (APS TPI).

Publisher Address:
Lab. Teknologi Pendidikan, Gd.E2, Lt.1
Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang
Jl. Semarang 5, Kota Malang Email: jktp.fip@um.ac.id

 

========================================================================================================

INDEXED BYTOOLSPLAGIARISM CHECKARTICLE TEMPLATE

 

 

 

 

Creative Commons License
JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JKTP Statistics (Since July 13th, 2020)

View My Stats