Pengembangan Multimedia Tutorial Untuk Memfasilitasi Kognitif Prosedural

Luluk Pramita Sari, I Nyoman Sudana Degeng, Henry Praherdhiono

Abstract


Abstrak: Penelitian  pengembangan bertujuan menghasilkan produk multimedia tutorial yang layak memfasilitasi kognitif prosedural siswa. Penelitian ini ialah  Research and Development. Acuan model yang digunakan yaitu model menurut Lee & Owens. Review produk multimedia tutorial dilaksanakan oleh ahli materi dan ahli media. Uji coba produk dilibatkan oleh 6 audiens kelas V SDN 1 Sumberdadap Tulungagung. Disimpulkan data hasil review produk memperoleh tanggapan positif dalam kategori layak.

Abstract: Development research aims to produce multimedia tutorials that are feasible to facilitate student cognitive procedural. This research is Research and Development. The reference model used is the model according to Lee & Owens. Multimedia tutorial product reviews are carried out by material experts and media experts. The product trial was involved by 6 class V SDN 1 Sumberdadap Tulungagung audiences. It can be concluded that the product review data received positive responses in the proper category.


Full Text:

PDF

References


Admaja, A. M., Kuswandi, D., & Soepriyanto, Y. (2019). Pengembangan Multimedia Tutorial Untuk Guru Dalam Mengembangkan Software Tes Berbasis Komputer. JINOTEP (Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran): Kajian dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 5(2), 63-68.

Alessi & Trollip. (2001). Multimedia for learning: Methods and development. Massachusetts: A Pearson Education.

Anas, M. A., Soepriyanto, Y., & Susilaningsih, S. (2019). Pengembangan multimedia tutorial topologi jaringan untuk smk kelas x teknik komputer dan jaringan. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 1(4), 307-314.

Anderson, L.W., & Krathwohl, D.R. (2010). Kerangka Landasan Untuk Pembelajaran, Pengajaran, dan Assesmen, Terj. Agung Prihantoro Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Anggraeni, R., Sulton, S., & Sulthoni, S. (2019). Pengaruh Multimedia Tutorial Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 2(2), 96–101.

Aprianti, Rini. (2014). Kelancaran Prosedural Matematis Siswa dalam Materi Operasi Hitung Pecahan Aljabar Kelas VII SMP. Skripsi: Universitas Tanjungpura Pontianak.

Aryani, T. D., & Gundo, A. J. (2014). Pemanfaatan media video tutorial pembelajaran sebagai upaya peningkatan kemampuan kognitif dan psikomotor siswa kelas xii 2 pada mata pelajaran tik di SMAN 1 Ampel.

Diansyah, A. N. (2018). Penerapan Multimedia Interaktif Model Tutorial Terhadap Peningkatan Pemahaman Konsep Siswa Pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi Dan Komunikasi. Jurnal Petik, 1(1), 11.

Dewanti, H., Toenlioe, A. J., & Soepriyanto, Y. (2019). Pengembangan Media Pop-Up Book Untuk Pembelajaran Lingkungan Tempat Tinggalku Kelas Iv Sdn 1 Pakunden Kabupaten Ponorogo. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 1(3), 221-228.

Hanim, F., Sumarmi, S., & Amirudin, A. (2016). Pengaruh Penggunaan Multimedia Pembelajaran Interaktif Penginderaan Jauh Terhadap Hasil Belajar Geografi. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(4), 752-757.

Hartono, W. & Noto, MS. (2017). Pengembangan Modul Berbasis Penemuan Terbimbing untuk Meningkatkan Kemampuan Matematis pada Perkuliahan Kalkulus Integral. Juranal JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika). Vol. 1 No. 2 Hal. 320-333.

Jannah, I. N. (2020). Efektivitas Penggunaan Multimedia dalam Pembelajaran IPA di SD. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(1), 54-59.

Khamidah, L. (2017). Pemahaman Konseptual Dan Pengetahuan Prosedural Siswa Kelas VIII Dalam Penyelesaian Soal Matematika Pada Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel. In Prosiding SI MaNIs (Seminar Nasional Integrasi Matematika dan Nilai-Nilai Islami) (Vol. 1, No. 1, pp. 611-616). 3

Kurniawati, I. D., & Nita, S. (2018). Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Mahasiswa. Doubleclick: Journal of Computer and Information Technology, 1(2), 68.

Larasati, F.A. dan Yunianta, T. N. H. (2017). Analisis Kelancaran Prosedural Siswa Sekolah Menengah Pertama pada Materi Operasi Aljabar. Jurnal Mitra Pendidikan. Vol.1 No.10 Hal.9951006

Lee, W. W., & Owens, D. L. (2004). Multimedia-based instructional design: computer-based training, web-based training, distance broadcast training, performance-based solutions. John Wiley & Sons.

Mahardika, K. M., Suwatra, I. I. W., & Suartama, I. K. (2016). Pengembangan multimedia pembelajaran interaktif model tutorial mata pelajaran ipa kelas viii semester genap di smp negeri 6 singaraja tahun pelajaran 2015/2016. Jurnal Edutech Undiksa, 4(2).

Mahnun, N. (2012). Media pembelajaran (kajian terhadap langkah-langkah pemilihan media dan implementasinya dalam pembelajaran). An-Nida', 37(1), 27-34.

Paridjo, P. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Mahasiswa Pendidikan Matematika Ditinjau Dari Kesalahan Konseptual dan Prosedural. In Prosiding Seminar Nasional MIPA Kolaborasi (Vol. 1, No. 1, pp. 231-242).

Prastiwi, D. N., Setyosari, P., & Husna, A. (2020). Pengembangan Multimedia Tutorial sebagai Suplemen pada Mata Pelajaran Kimia Materi Asam dan Basa Kelas XI. JINOTEP (Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran): Kajian dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 6(2), 69-80.

Prayoga, G. S., Sudarma, I. K., & Tegeh, I. M. (2016). Pengembangan Multimedia Interaktif Model Tutorial Pada Mata Pelajaran PKN Kelas VIII Semester Genap Di SMP Negeri 6 SingaRaja Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal Edutech Undiksha, 4(2).

Sembiring, E. B., Wahyuni, D., & Anurogo, W. (2018). Multimedia Interaktif Pengenalan Hewan dan Tumbuhan Langka Menggunakan Model Tutorial. Journal of Digital Education, Communication, and Arts, 1(2), 103–112.

Sobarna, E. (2014). Efektifitas Penggunaan Multimedia Interaktif (Mmi) Model Tutorial Terhadap Motivasi Serta Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Pokok Bahasan Sistem Pernapasan Manusia. EDUTECH, 13(3), 386-399.

Wardani, S. K., Setyosari, P., & Husna, A. (2019). Pengembangan Multimedia Tutorial Mata Pelajaran IPA Pokok Bahasan Sistem Tata Surya Kelas VII MTS Raudlatul Ulum. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 2(1), 23–29.

Yuliana, F. H., & Jaenudin, R. (2015). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Komputer Model Tutorial Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di SMA Muhammadiyah 1 Palembang. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Ekonomi & Bisnis, Sabtu (Vol. 7).

VII, M. K. (2017). Efektifitas media pembelajaran matematika menggunakan software animasi berbasismultimedia interaktif model tutorial pada materi. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 1(1).




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um038v4i22021p158

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Luluk Pramita Sari, I Nyoman Sudana Degeng, Henry Praherdhiono

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan published by Department of Educational Technology, Faculty of Education, State University of Malang in Collaboration with Asosiasi Program Studi Teknologi Pendidikan Indonesia (APS TPI).

Publisher Address:
Lab. Teknologi Pendidikan, Gd.E2, Lt.1
Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang
Jl. Semarang 5, Kota Malang Email: jktp.fip@um.ac.id

 

========================================================================================================

INDEXED BYTOOLSPLAGIARISM CHECKARTICLE TEMPLATE

 

 

 

 

Creative Commons License
JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JKTP Statistics (Since July 13th, 2020)

View My Stats