Pengembangan Multimedia Interaktif Geografi Kelas X Materi Tata Surya

Nanda Kresna Putra Pratama, Eka Pramono Adi, Saida Ulfa

Abstract


Abstrak: Multimedia interaktif materi tata surya merupakan media yang digunakan sebagai suplemen untuk memunculkan semangat siswa saat proses pembelajaran. Pemanfaatan multimedia tersebut bisa dipakai secara berulang kali, sehingga materi yang disampaikan dapat dimengerti oleh siswa. Penggunaan metode yaitu model Lee & Owens yang memiliki lima langkah yaitu: Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi dan Evaluasi. Tujuan pengembangan multimedia interaktif ini untuk membantu memudahkan proses pembelajaran. Menurut ahli,  media dan ahli materi multimedia interaktif memberikan tanggapan bahwa multimedia interaktif layak digunakan. Dalam uji coba lapangan pada siswa SMA Pawyatan Daha Kediri kelas X IPS 1 mengalami peningkatan nilai saat menggunakan multimedia interaktif dan dapat disimpulkan bahwa multimedia interaktif geografi materi tata surya merupakan solusi bagi guru untuk diterapkan kepada siswa saat mengajar di SMA Pawyatan Daha.

Abstract: The interactive multimedia material of the solar system is a medium that is used as a supplement to bring out the enthusiasm of students during the learning process. The use of multimedia can be used repeatedly, so that the material presented can be understood by students. The development method used is the Lee & Owens model which has five steps, namely: Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation. The purpose of developing interactive multimedia is to help facilitate the learning process. According to media experts and material experts the results of this study indicate that interactive multimedia is suitable for use. In field trials on Pawyatan Daha Kediri high school students class X IPS 1, the value increases when using interactive multimedia and it can be concluded that interactive multimedia geography solar system material is a solution for teachers to be applied to students while teaching at Pawyatan Daha High School.


Keywords


Pengembangan; Multimedia Interaktif; Geografi; Tata Surya

Full Text:

PDF

References


Sadiman, A.S. (2006). Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta: CV Rajawali.

Alessi, S. M., Trollip, S. R. (2001). Multimedia for Learning: Methods and Development. Massachusetts: A Pearson Education. University of Lowa & Capella University

Andrijati, N. (2014). Penerapan Media Pembelajaran Inovatif Dalam Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar di PGSD UPP Tegal. Jurnal Penelitian Pendidikan, 31 (2) 123-132. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/JPP/article/view/5696

Arianda, F. D. (2016). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Ilmu Pengetahuan Sosial SMP. Development Of Interactive Multimedia Learning Social Science SMP. Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran, 2 (1) 302-306. Retrieved from http://journal2.um.ac.id/index.php/jinotep/article/view/2176/1280

Arikunto, S. (2009). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Edisi Revisi 6. Jakarta : Rineka Cipta.

Armansyah, F. (2019). Multimedia Interaktif Sebagai Media Visualisasi Dasar-Dasar Animasi. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 2 (3) 224-229. Retrieved from http://journal2.um.ac.id/index.php/jktp/article/view/8283/4366

Biesta, G. (Ed). (1996). Education Communication: The Two Faces of Communicative Pedagogy, In A. Neiman, Philosophy of Education, 1995, (pp. 185-194). Urbana, III: Philosophy of Education Society.

Criticos, C . (1996). Media Selection. In Plomp, T., & Ely, D. P.(Eds), International Encyclopedia of Educational Technology. New York: Elsevier Science, Inc.

Darojat, A. (2016). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Untuk Siswa Kelas VIII SMP. Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran, 2 (2) 297-301. Retrieved form http://journal2.um.ac.id/index.php/jinotep/article/view/2175/1279

Herdiyanto, D. M., Sulton, Praherdiono, H. (2009). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Pada Materi Tema Tanah Bagi Siswa Tunagrahita. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 3 (1) 88-96. Retrieved from http://journal2.um.ac.id/index.php/jktp/article/view/10907

Iswara, G. P. S., Kuswandi, D., Husna, A. (2020). Pengembangan Multimedia Interaktif Dilengkapi Dengan Simulasi Untuk Memvisualkan Reaksi Kimia Pada Materi Larutan Penyangga SMA Kelas XI. Jurnal Inovasi Teknologi Pembelajaran, (6) 2 58-68. Retrieved from http://journal2.um.ac.id/index.php/jinotep/article/view/7451/5663

James, P. E. (1959). Geography is Mother Science A Geography Of Man. Syracuse University, New York.

Jatmiko, A. G., Toenlioe, A. JE., Soepriyanto, Y. (2018). Pengembangan WebQuest Sebagai Bahan Ajar Keragaman Indonesia dan Interaksi Global. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 1 (4) 321-326. Retrieved from http://journal2.um.ac.id/index.php/jktp/article/view/6983/3861

Kurniadi, A. (2013). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Pada Mata Pelajaran TIK Kelas XI di Madrasah Aliyah Negeri Mendoyo. Jurnal Edutech Undiksha. Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JEU/article/view/1429/1290

Lee & Owens (2004). Multimedia-Based Instructional Design. San Fransisco: Pfeiffer.

Mayer, R. E. (2001). Multimedia learning. Cambridge, UK: Cambridge University Press.

Miftah, M. (2013). Fungsi dan Peran Media Pembelajaran Sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Belajar Siswa. Jurnal Teknologi Pendidikan Kwangsan, 1 (2) 95-105. Retrieved from https://jurnalkwangsan.kemdikbud.go.id/index.php/jurnalkwangsan/article/view/7

Mustaqim, I. (2016). Pemanfaatan Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 13 (2) 174-183. Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPTK/article/view/8525

Novianto, L. A., Degeng, S., Wedi, A. (2018). Pengembangan Multimedia Interaktif Mata Pelajaran IPA Pokok Bahasan Sistem Peredaran Darah Manusia Untuk Kelas VIII SMP Wahid Hasyim Malang. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 1 (3) 257-263. Retrieved form http://journal2.um.ac.id/index.php/jktp/article/view/5770/3414

Novita, D. (2016). Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 2 (2) 8-18. Retrieved from https://jurnal.umj.ac.id/index.php/fbc/article/view/1650

Praherdiono, Henry & Adi, Eka Pramono. (2008). Panduan Praktikum Multimedia Malang: FIP UM.

Rorita, M. (2018). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Mobile Learning Pokok Bahasan Perkembangan Teori Atom Mata Pelajaran Kimia Kelas X SMA Panjura Malang. Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran, 4 (2) 70-75. Retrieved form http://journal2.um.ac.id/index.php/jinotep/article/view/3765

Sarwiko, D. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Menggunakan Macromedia Director MX. Jurnal online. Retrieved form http://journal2.um.ac.id/index.php/jo/article/view/4962

Sudjana, N. (1991). Teori-Teori Belajar Untuk Pengajaran. Jakarta : FEUI http://jurnal.unej.ac.id/index.php/JEUJ/article/view/5206

Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2 (2) 103-114. Retrieved form http://journal.univetbantara.ac.id/index.php/komdik/article/view/113

Vaughan, T. (2004). Multimedia : Making It Works. Edisi VI. McGraw- Hill Compannies, Incorporated. USA: Beltsville.

Wiyono, K. (2012). Model Multimedia Interaktif Berbasis Gaya Belajar Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Pendahuluan Fisika Zat Padat. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 8 (1) 74-82. Retrieved form https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/JPFI/article/viewFile/1997/2113




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um038v4i22021p119

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Nanda Kresna Pratama, Eka Pramono Adi, Saida Ulfa

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan published by Department of Educational Technology, Faculty of Education, State University of Malang in Collaboration with Asosiasi Program Studi Teknologi Pendidikan Indonesia (APS TPI).

Publisher Address:
Lab. Teknologi Pendidikan, Gd.E2, Lt.1
Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang
Jl. Semarang 5, Kota Malang Email: jktp.fip@um.ac.id

 

========================================================================================================

INDEXED BYTOOLSPLAGIARISM CHECKARTICLE TEMPLATE

 

 

 

 

Creative Commons License
JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JKTP Statistics (Since July 13th, 2020)

View My Stats