Pengaruh Model Pembelajaran Group Investigation Terhadap Hasil Belajar Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa Kelas XI IPS

Khusnul Khuluq, Zainul Abidin, Saida Ulfa

Abstract


Abstrak: Penelitian ini digunakan untuk mengukur adanya perbedaan antara kelas yang menggunakan metode pembelajaran klasikal dengan kelas yang menggunakan metode pembelajaran Group Investigation (GI) pada siswa kelas XI IPS di SMAN 9 Malang. Pelaksanaan pembelajaran ini dilakukan secara daring dan penyebaran angket serta tes pebelajar mengisi pada google form. Penelitian ini melibatkan dua kelas yakni kelas kontrol dan kelas eksperimen. Pengujian data menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Uji berikutnya yaitu menggunakan uji tingkat kesukaran soal dan uji daya pembeda soal. Dari penelitian ini diperoleh hasil adanya pengaruh model pembelajaran GI terhadap hasil belajar siswa yang ditunjukkan oleh adanya perubahan hasil belajar siswa. Kemudian ditemukan pengaruh gaya belajar terhadap gaya belajar siswa yang ditunjukkan adanya perbedaan hasil belajar siswa pada tiap gaya belajar. Yang terakhir adanya interaksi model pembelajaran GI terhadap hasil belajar ditinjau dari gaya belajar siswa yang dibuktikan oleh adanya perbedaan hasil belajar siswa pada tiap kategori gaya belajar.

Keywords


Model pembelajaran; Group Investigation; Hasil belajar;

Full Text:

PDF

References


Ahrisya, L. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar. JKTP. 2 (4): 306-314

‘Ardhuha, J., dan Nurmayani, Syuaib, M. Z. (2016). Pengaruh Gaya Belajar VAK pada Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar IPA Fisika Siswa SMP Negeri 2 Narmada Tahun Ajaran 2015/2016. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi. 2 (1): 13-21.

Arifin dan Afandi. (2015). Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe Investigasi Kelompok (Group Investigation) dan Strategi Student Team Achievement Division (STAD) terhadap Keterampilan Proses dan Hasil Belajar Akuntansi Siswa SMK di Kota Kediri. Nusantara of Research. 2 (1): 10-25.

Arifin, I. (2018). Pengembangan Soal-Soal Pilihan Ganda untuk Mengukur Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Konsep Sistem Regulasi Manusia untuk Jenjang SMA. Mangifera Edu 3 (1): 26-39.

Bobby De Porter dan Mike Hemacki. (2011). Quantum Learning Nyaman dan Menyenangkan.

Bandung: Kaifa.

Degeng, I. N. S. (1989). Desain Pembelajaran: Teori dan Praktik. IKIP Malang: Penyelenggaraan Pendidikan Pascasarjana Proyek Peningkatan Perguruan Tinggi IKIP Malang.

Fatimah L. U. (2019). Analisis Kesukaran Soal, Daya Pembeda, dan Fungsi Distraktor. Al-Manar. 8 (2): 37-64

Faujiyah C. R. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Sistem Ekskresi Manusia. Jurnal Program Studi Pendidikan Biologi. 7 (1):1-12.

Felder, R. M. 1996. Matters of Style. Raleigh: Asee Prims, 6 (4): 115—126.

Gunada, I. W., dan Sahidu, H., Sutrio, S. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Sikap Ilmiah Mahasiswa. Jurnal Pendidikan dan Teknologi. 1 (1): 38-46.

Gunawan, G., Sahidu, H., Harjono, A., & Suranti, N. M. Y (2017). The Effect of Project Based Learning with Virtual Media Assistance on Student's Creativity in Physics. Cakrawala Pendidikan, (2), 167-179.

Halim, A. (2012). Pengaruh Strategi Pembelajaran dan Gaya Belajar terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa SMPN 2 Secanggang Kabupaten Langkat. Jurnal Tabularasa PPS Unimed. 9 (2): 141-158.

Maryani, M., & Rahayu, T. S. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Matematika melaluiModel Group Investigation dengan Media Games Puzzle pada Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu. 3(1), 60–65.

Oktaviani, E. (2018). Pengaruh Group Investigation terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik pada Pokok Bahasan Gerak Lurus Kelas X Di SMAN 1 Jabung Lampung Timur. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education.1 (2): 23-28.

Oktaviansa, W. A., & Yunus, Y. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa SMKN 1 Sidoarjo. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin. 2(01): 34–43.

Pujani, M, dan Restami, M. P, Suma, K. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran POE (Predict-Observe-Explain) terhadap Pemahaman Konsep Fisika dan Sikap Ilmiah Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program studi IPA. Vol 3: 1-11.

Purwanto. (2005). Tujuan Pendidikan dan hasil Belajar: Domain dan Taksonomi. Jurnal Teknodik. 9 (16): 146-164.

Rahmatullah, Sahidu, H., Ayub, S. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) dengan Teknik Open-Ended Problem Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Fisika Siswa SMAN 3 Mataram. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi. 3 (2): 109-118.

Rahmawati, A. S. dan Erina R. (2020). Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan Uji Anova Dua Jalur. Optika. 4 (1): 54-62

Rosita, Leonard. (2015). Meningkatkan Kerja Sama Siswa melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share. Jurnal Formatif: 3 (1): 1-10.

Sari, N.M, dan Eurika N. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Apllication of Group Investigation Learning Model To Improve Student Learning Outcome. Jurnal Biologi dan Pembelajaran Biologi. 1 (1): 29-41.

Slavin, R. E. (2010). Cooperative Learning Teori, Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media.

Sternberg, R. J. 1994. ‘Allowing for thinking styles’. Educational Leadership 52/3: 36–40.

Sugiyono, (2001). Metode Penelitian. Bandung: CV Alfa Beta.

Sulistyo-Basuki. (2006). Metode Penelitian. Jakarta: Wedatama Widya Sastra dan Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia.

Suparmi, dan Susilo, F., Sunarno, W. (2016). Pembelajaran Fisika Menggunakan Model jigsaw dan GI Ditinjau dari Kreativitas dan Sikap Ilmiah Belajar Siswa. Jurnal Inkuiri. 5 (3): 40-48.

Surahman, E., & Surjono, H. D. (2017). Pengembangan adaptive mobile learning pada mata pelajaran biologi SMA sebagai upaya mendukung proses blended learning. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 4(1), 26-37.

Surahman, E., & Alfindasari, D. (2017, September). Developing adaptive mobile learning with the principle of coherence Mayer on biology subjects of high school to support the open and distance education. In 3rd International Conference on Education and Training (ICET 2017) (pp. 184-190). Atlantis Press.

Wahyuni, R., dan Hikmawati, Taufik, M. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dengan Metode Eksperimen terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas XI IPA SMAN 2 Mataram Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi. 2 (4): 164-169.

Wicaksono, B. (2017). Model Pembelajaran Group Investigation dan Think Pair Share terhadap Kemampuan Berpikir Kritis. Aksioma. 8 (2): 1-8.

Widiawati, S. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) Terhadap Hasil Belajar Fisika Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa. Jurnal pendidikan Fisika dan Biologi, Universitas Mataram. 4 (1): 40-48.

Zakiyatun, C. Pengaruh Media Peta Konsep Dalam Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) terhadap Hasil Belajar dan Daya Ingat Siswa pada Materi Hidrolisis Garam Kelas XI MIPA SMA Negeri 7 Pontianak. Ar-Razi Jurnal Ilmiah. 5 (2): 159-168.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um038v4i22021p197

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Khusnul Khuluq, Zainul Abidin, Saida Ulfa

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan published by Department of Educational Technology, Faculty of Education, State University of Malang in Collaboration with Asosiasi Program Studi Teknologi Pendidikan Indonesia (APS TPI).

Publisher Address:
Lab. Teknologi Pendidikan, Gd.E2, Lt.1
Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang
Jl. Semarang 5, Kota Malang Email: jktp.fip@um.ac.id

 

========================================================================================================

INDEXED BYTOOLSPLAGIARISM CHECKARTICLE TEMPLATE

 

 

 

 

Creative Commons License
JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JKTP Statistics (Since July 13th, 2020)

View My Stats