Pengembangan Multimedia Tutorial Untuk Mendukung Generative Learning By Self Explaining

Sintia Larasati, Sulthoni Sulthoni, Saida Ulfa

Abstract


Students needed a media that can visualize an abstract material and draw their attention in order for them to be active in taking Biology class. The purpose of this development is to produce a tutorial multimedia product in the form of learning media application with a Learning by Self-Explaining generative learning theory that can be used at SMAN 1 Kedungadem Bojonegoro Regency learning process. The product generated is a valid tutorial multimedia application (.exe.) that contains material such as texts, figures, audio, animations and videos. This research and development model is adapted from multimedia development research model by Lee and Owens. The result of this research showed that from the media experts, the material experts, and the students involved in the research, stated that this  multimedia tutorial type brings positive impacts on the students. Therefore, it can be concluded that this tutorial media product on human respiratory system is eligible to be used in the teaching and learning process.

Abstrak

Pebelajar membutuhkan media yang dapat memvisualkan materi yang bersifat abstrak dan menarik perhatian mereka sehingga dapat aktif dalam mengikuti pelajaran Biologi. Tujuan dari pengembangan ini adalah untuk menghasilkan produk multimedia yang berjenis tutorial berupa aplikasi media pembelajaran dengan teori belajar generative Learning by Self-Explaining yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran di SMAN 1 Kedungadem Kabupaten Bojonegoro. Produk yang dihasilkan yaitu berupa multimedia yang berjenis tutorial berupa aplikasi (.exe.) yang valid didalamnya terdapat materi berupa teks, gambar, audio, animasi dan video. Model penelitian dan pengembangan ini diadaptasi dari model penelitian pengembangan multimedia menurut Lee dan Owens. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada ahli pada media, ahli pada materi dan murid  diperoleh hasil bahwa multimedia yang berjenis tutorial ditanggapi secara positif. Jadi dapat disimpulkan bahwa produk multimedia yang berjenis tutorial sistem pernapasan manusia ini termasuk dalam kriteria layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran.


Keywords


Multimedia; Tutorial; Sistem Pernapasan

Full Text:

PDF

References


Alessi, S. M., & Trollip, S. R. (2001).Multimedia for Learning: Methods and Development (3rd ed.). Boston: Allyn and Bacon.

Amalia, S. M., Ulfa, S., & Soepriyanto, Y. (2020). Multimedia tutorial Berbasis Android Untuk Memudahkan Murid Memahami Materi Mengenal Notasi Balok Kelas X Seni Musik. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 3(1), 59-67.

Anas, M. A., Soepriyanto, Y., & Susilaningsih, S. (2019). Pengembangan Multimedia tutorial Topologi Jaringan Untuk Smk Kelas X Teknik Komputer Dan Jaringan. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 1(4), 307-314.

Atmaja, S., & Surahmat, A. (2019).Media Pembelajaran Desain Web Menggunakan Photoshop CS6 dan Adobe Dreamweaver Berbasis Multimedia.Jurnal SIMIKA, 2(1), 1-18. DOI: https://doi.org/10.47080/simika.v2i1.276.

Fiorella, L., & Mayer, R. (2015).Learning as a Generative Activity: Eight Learning Strategies that Promote Understanding. New York: Cambridge University Press.

Herdiyanto, M, D., Sulton., & Praherdhiono, H. (2020). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Pada Materi Tema Tanah Bagi Siswa Tunagrahita. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan. 3(1). 88-96.

Jatmika,H.M.(2005).Pemanfaatan Media Visual dalam Menunjang Pembelajaran Pendidikan Jasmani di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 3(1),89–99.

Lazuardi, Wisnu. (2018). Pengembangan Multimedia Interaktif Pelajaran Baca Tulis Aksara Jawa Dengan Sandhangan. Jurnal Inovasi dan Teknologi Pendidikan. Vol. 4, No. 2.

Lee, W. W., & Owens, D. L. (2004). Multimedia-Based Instructioanal Design. San Francisco: Pfeiffer.

Mawarni, Sella & Muhtadi, Ali. (2017). Pengembangan Digital Book Interaktif Mata Kuliah Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Untuk Mahasiswa Teknologi Pendidikan. Jurnal Inovasi Teknologi PendidikanVol 4 (1). 84-96.

Mayer, R. E. (2009). Multimedia Learning: Prinsip-Prinsip dan Aplikasi (T. W. Utomo, Trans.). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Munir. (2012). Multimedia: Konsep & Aplikasi dalam Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Novita Sholehatul U., Eka Pramono A., Saida U. (2019). Multimedia tutorial Untuk Menumbuhkan Minat Baca Anak Adhd (Attention Deficit Hyperactivity Disorder). Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 2(1).

Nurullah, A., Soepriyanto, Y., Sulton, S., & Husna, A. (2019). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Energi dalam Sistem Kehidupan. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 2(4), 315-319.

Prastiwi, N.D., Setyosari, P., & Husna, A. (2020). Pengembangan Multimedia tutorial Sebagai Suplemen Pada Mata Pelajaran Kimia Materi Asam Dan Basa Kelas XI. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 6 (2), 69-80.

Rahardjo, T., Degeng, I. N. S., & Soepriyanto, Y. (2019). Pengembangan Multimedia Interaktif Mobile Learning Berbasis Anrdroid Aksara Jawa Kelas X Smk Negeri 5 Malang. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 2(3), 195-202.

Rusman. (2012). Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sihkabuden.(2011). Media Pembelajaran. Malang: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang.

Shinta Kusuma W., Punaji S., Arafah H. (2019). Pengembangan Multimedia tutorial Mata Pelajaran Ipa Pokok Bahasan Sistem Tata Surya Kelas Vii Mts Raudlatul Ulum Karangploso. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 2(1).

Sutopo, A.H. (2003). Multimedia Interaktif dengan Flash. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sungkono.(2007). Peran Benda Asli dan Pemanfaatannya dalam Proses Pembelajaran di Sekolah Dasar.Majalah Ilmiah Pembelajaran, 3(1), 27-36.

Wardani, S. K., Setyosari, P., & Husna, A. (2019). Pengembangan Multimedia tutorial Mata Pelajaran Ipa Pokok Bahasan Sistem Tata Surya Kelas Vii Mts Raudlatul Ulum Karangploso. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 2(1), 23-29.

Warnadi. 2010. Penerapan media pembelajaran Tutorial Adobe Capteivate dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI Pada Pokok Bahasan Sel di SMA Negeri 5 Kota Cirebon (Skripsi). Cirebon: IAIN Syekh Nurjati.

Widodo, H. (2016). Potret pendidikan di indonesia dan kesiapannya dalam menghadapi masyarakat ekonomi asia (MEA). Cendekia: Journal of Education and Society, 13(2), 293. https://doi.org/10.21154/cendekia.v13i2.250.

Yunita, R., Praherdhiono, H., & Adi, E. P. (2019). Pengembangan Multimedia Interaktif Materi Fotosintesis untuk Siswa Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 2(4), 284-289.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um038v4i32021p289

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Sintia Larasati, Sulthoni -, Saida Ulfa

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan published by Department of Educational Technology, Faculty of Education, State University of Malang in Collaboration with Asosiasi Program Studi Teknologi Pendidikan Indonesia (APS TPI).

Publisher Address:
Lab. Teknologi Pendidikan, Gd.E2, Lt.1
Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang
Jl. Semarang 5, Kota Malang Email: jktp.fip@um.ac.id

 

========================================================================================================

INDEXED BYTOOLSPLAGIARISM CHECKARTICLE TEMPLATE

 

 

 

 

Creative Commons License
JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JKTP Statistics (Since July 13th, 2020)

View My Stats