Pengembangan Virtual Reality Sebagai Media Pembelajaran Sistem Tata Surya

Muhammad Abid Darojat, Saida Ulfa, Agus Wedi

Abstract


This research and development aims to produce a product in the form of virtual reality development media as a learning medium for the solar system on the material of the solar system. Thisresearch Research and Development (R&D) uses the Sadiman method, which stages are in accordance with the product to be developed. The sadiman method has several stages such as needs analysis, formulation of learning objectives, formulation of material, formulation of measuring tools for success, preparation of media scripts, media production, validation, ready-to-use media. In this virtual reality media learning is used as a complement to teaching materials for science subjects. The results of the product feasibility test that have been carried out on media experts, material experts, and students have received many positive responses, so it can be concluded that the media virtual reality system of the solar system is suitable for use in learning. This media makes it easy for students to analyze the arrangement of the solar system and provides an attraction for students so that an increased sense of desire to learn arises. However, to use it, you must use a device that already has the capability of a gyroscope

Abstrak

Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa media pengembangan virtual reality sebagai media pembelajaran sistem tata surya pada materi susunan tata surya. Penelitian Research and Development (R&D) ini menggunakan metode Sadiman yang tahapannya sesuai dengan produk yang akan dikembangkan. Metode sadiman memiliki beberapa tahapan seperti analisis kebutuhan, perumusan tujuan pembelajaran, perumusan materi, perumusan alat ukur keberhasilan, penyusunan naskah media, produksi media, validasi, media siap pakai. Didalam pembelajaran media virtual reality ini digunakan sebagai pelengkap bahan ajar untuk mata pelajaran IPA. Hasil dari uji kelayakan produk yang telah dilaksanakan pada ahli media, ahli materi, dan siswa mendapatkan banyak tanggapan positif, sehingga dapat disimpulkan bahwa media virtual reality system tata surya ini layak digunakan dalam pembelajaran. Media ini memberikan kemudahan pada siswa dalam menganalisa susunan tata surya dan memberikan daya tarik untuk siswa sehingga timbul rasa ingin belajar yang meningkat. Akan tetapi untuk penggunaannya harus menggunakan gawai yang sudah memiliki kemampuan gyroscope.


Keywords


Smartphone; Virtual Reality; IPA

Full Text:

PDF

References


Andriyani, I. P. (2017). Pengembangan Video Pembelajaran Pada Program Bina Diri Menggosok Gigi Untuk Siswa Tunagrahita Kelas III di Sekolah Pendidikan Khusus Negeri Karanganyar Kebumen. Universitas Negeri Semarang.

Ariyanto, M. (2016). Peningkatan Hasil Belajar IPA Materi Kenampakan Rupa Bumi Menggunakan Model Scramble. Profesi Pendidikan Dasar, 3(2), 134–140.

Fadhli, M. (2016). Pengembangan media pembelajaran berbasis video kelas iv sekolah dasar. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(1), 24–33.

Fernandito, D., Sambul, A. M., & Sugiarso, B. A. (2019). Aplikasi Virtual Reality Untuk Edukasi Musik. Jurnal Teknik Informatika, 14(3), 313–320.

Hermawan, I. (2016). Katalog Virtual Reality E-Tourism Berbasis Video 360 Sebagai Konten Digital Kreatif Bagi Media Simulasi Profil Destinasi Wisata. Prosiding Sentrinov (Seminar Nasional Terapan Riset Inovatif), 2(1), 478–485.

Indriyani, L. (2019). Pemanfaatan media pembelajaran dalam proses belajar untuk meningkatkan kemampuan berpikir kognitif siswa. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 2(1), 17–26.

Kelana, J. B., & Pratama, D. F. (2019). Bahan ajar IPA berbasis literasi sains. Bandung: Lekkas.

Laksana, D. N. L. (2014). Profil pemahaman konsep IPA guru-guru kelas sekolah dasar di Kabupaten Ngada. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 1(1), 15–26.

Luhulima, D. A., Degeng, N. S., & Ulfa, S. (2018). Pengembangan Video Pembelajaran Karakter Mengampuni Berbasis Animasi Untuk Anak Sekolah Minggu. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran): Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 3(2), 110–120.

Mahmudah, L. (2017). Pentingnya pendekatan keterampilan proses pada pembelajaran IPA di Madrasah. ELEMENTARY: Islamic Teacher Journal, 4(1).

Mambu, J. Y., Wahyudi, A. K., & Hezky, G. (2019). “Jump”: Game Simulasi Olahraga Berbasis Virtual Reality Dengan Sensor Accelerometer. Nutrix Journal, 3(2), 58–62.

Megawanti, P. (2015). Meretas Permasalahan Pendidikan Di Indonesia. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 2(3).

Mihelj, M., Novak, D., & Beguš, S. (2014). Virtual reality technology and applications.

Nisrina, N., Gunawan, G., & Harjono, A. (2017). Pembelajaran kooperatif dengan media virtual untuk peningkatan penguasaan konsep fluida statis siswa. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 2(2), 66–72.

Noviana, Y. (2017). Sikap Ilmiah Siswa Kelas V Dalam Pembelajaran IPA SK Mengidentifikasi Cara Makhluk Hidup Menyesuaikan Diri Dengan Lingkungan di MI Ma’arif NU 01 Pasir Kulon Karanglewas Banyumas. IAIN.

Nurhidayat, B., Wedi, A., & Praherdhiono, H. (2019). Pengembangan Multimedia Mobile Learning Berbasis Smartphone Android Materi Huruf Madura untuk SD Negeri 1 Perante Kabupaten Situbondo. Jurnal Inovasi Teknologi Pembelajaran, 6, 103–110.

Pratama, R. A., Ulfa, S., & Kuswandi, D. (2018). Mobile Learning Berbasis Game Based Learning Pelajaran Matematika Pokok Bahasan Bangun Ruang Sisi Datar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(6), 771–777.

Randi, A. (2017). Pemanfaatan Teknologi Virtual Reality sebagai Media Pembelajaran Interaktif untuk Sistem Tata Surya Berbasis Android. Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.

Sadiman, A. S., Rahardjo A, Haryono A, & Rahardjito. (2010). Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Cetakan ke-13. PT. RajaGrafindo Persada.

Sihkabuden. (2011). Media Pembelajaran. Universitas Negeri Malang.

Sinambela, M. B. W., Soepriyanto, Y., & Adi, E. P. (2018). Taman Peninggalan Sejarah Berbasis Virtual Reality. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 1(1), 7–12.

Suwastika, I. W. K. (2018). Pengaruh e-learning sebagai salah satu media pembelajaran berbasis teknologi informasi terhadap motivasi belajar mahasiswa. Jurnal Sistem Dan Informatika (JSI), 13(1), 1–5.

Syafril, R. S. (2019). Penerapan Sederhana Virtual Reality Dalam Presentasi Arsitektur. Nalars, 19(1), 29–40.

Tafonao, T. (2018). Peranan media pembelajaran dalam meningkatkan minat belajar mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103–114.

Zuli, F. (2018). Rancang Bangun Augmented Dan Virtual Reality Menggunakan Algoritma Fast Sebagai Media Informasi 3D Di Universitas Satya Negara Indonesia. Jurnal Algoritma, Logika Dan Komputasi, 1(2).




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um038v5i12022p091

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Muhammad Abid Darojat

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan published by Department of Educational Technology, Faculty of Education, State University of Malang in Collaboration with Asosiasi Program Studi Teknologi Pendidikan Indonesia (APS TPI).

Publisher Address:
Lab. Teknologi Pendidikan, Gd.E2, Lt.1
Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang
Jl. Semarang 5, Kota Malang Email: jktp.fip@um.ac.id

 

========================================================================================================

INDEXED BYTOOLSPLAGIARISM CHECKARTICLE TEMPLATE

 

 

 

 

Creative Commons License
JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JKTP Statistics (Since July 13th, 2020)

View My Stats