Pengembangan Multimedia Pembelajaran PPKn Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama

Sr. Marcella Sumarsih, L.R. Retno Susanti, Adeng Slamet

Abstract


This study aims to produce valid, practical, and effective multimedia on student learning outcomes. The research was conducted at Xaverius 6 Junior High School Palembang. This study uses a type of development research with a modified Hannafin & Peck floating model. There are three stages in the Hannafin & Peck development model, namely needs analysis, design, and development and implementation, and each stage is accompanied by evaluation and revision. The developed multimedia is trial by experts to get the results of the validity of the material, design, and media. The validity of the learning media was assessed by learning design experts, material experts and media experts with an average result of 84.20% with a very valid category. PPKn learning multimedia was declared practical after the second formative evaluation was carried out with an average of 82.52% in the very practical category. Judging from 90.6% of students can reach the KKM with an average N-gain value of 0.56 with the criteria being that Multimedia Civics learning is declared effective on the learning outcomes of class VIII students at SMP Xaverius 6 Palembang. The conclusion is that the multimedia learning of Civics with the Canva application is valid, practical, and effective on student learning outcomes.

Abstrak
Pengembangan yang bertujuan menghasilkan software multimedia yang valid, praktis, dan efektif  terhadap hasil belajar peserta didik. Penelitian dilaksanakan di SMP Xaverius 6 Palembang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pengembangan dengan  model pengambangan Hannafin & Peck yang telah dimodifikasi. Terdapat tiga tahapan dalam model pengembangan Hannafin & Peck yaitu analisis kebutuhan, desain, serta pengembangan dan implementasi, dan setiap tahapnya disertai dengan evaluasi dan revisi. Multimedia yang dikembangkan dilakukan pengujian oleh ahli untuk mendapatkan hasil validas terhadap materi, desain, dan media. Validasi multimedia pembelajaran  oleh ahli desain pembelajaran, ahli materi dan ahli media dengan hasil rata-rata 84,20% terkategori sangat valid. Multimedia pembelajaran PPKn dinyatakan praktis setelah dilakukan evaluasi formatif kedua dengan rerata 82,52% dengan kategori sangat praktis. Dilihat dari 90,6% peserta didik dapat mencapai KKM dengan nilai rerata N-gain yaitu 0,56 dengan kriteria sedang Multimedia pembelajaran PPKn dinyatakan  efektif terhadap hasil belajar peserta didik kelas VIII di SMP Xaverius 6 Palembang. Kesimpulan bahwa multimedia pembelajaran PPKn dengan aplikasi Canva valid, praktis, dan efektif terhadap hasil belajar peserta didik



Keywords


Pengembangan; Multimedia; PPKn, Canva

Full Text:

PDF

References


Agustini, R., & Purnomo, M. E. (2020). Pengembangan Multimedia Interaktif Tenun Polos Kelas XI Kompetensi Keahlian Kriya Kreatif Batik Dan Tekstil SMKN 7 Palembang. 10(1), 33–45.

Aprianto, Muhamad, Saida Ulfa, dan Arafah Husna. 2021. “Pengembangan Multimedia Interaktif Mobile Learning Penpendidiksan Jenazah.” JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan 4(1): 23–32.

Bagaskoro, d. a. (2019). pengembangan media Pembelajaran video animasi model example non example muatan pelajaran ppkn kELAS III SDN Mangkang Kulon …. https:// lib.unnes.ac.id/33535/

Barrimi, M., Aalouane, R., Aarab, C., Hafidi, H., Baybay, H., Soughi, M., Tachfouti, N., Nejjari, C., Mernissi, F. Z., Rammouz, I., & McKenzie, R. B. (2013). 済無No Title No Title. Encephale, 53(1), 59–65. http://dx.doi.org/10.1016/j.encep.2012.03.001

Hake, R. R. (1999). Analyzing change/gain score. [Online] Tersedia: http://www.physics.indiana.edu/nsdi/AnalyzingChange-Gain.pdf [Diakses 3 Januari 2020].

Junaidi, J. (2019). Peran Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Mengajar. Diklat Review : Jurnal manajemen pendidikan dan pelatihan, 3(1), 45–56. https://doi.org/10.35446/diklatreview.v3i1.349

Kemdikbud. (2020). Penyesuaian Kebijakan Pembelajaran di Masa. Www.Kemdikbud.Go.Id, 26. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/08/kemendikbud-terbitkan-kurikulum-darurat-pada-satuan-pendidikan-dalam-kondisi-khusus

Khasana, I. N., Parmiti, D. P., & Sudatha, I. G. W. (2018). Pengembangan Media Monopoli Dengan Model Hannafin Dan Peck Mata Pelajaran Ips Di Sd Mutiara Singaraja. Jurnal Jurusan Teknologi Pendidikan, 6(2), 205–214.

Marlina, L. (2019). Peranan Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Siswa. 3(1), 58–70.

Muhson, A. (2010). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 8(2). https://doi.org/10.21831/jpai.v8i2.949

Nafi'a, Muhammad Zidni Ilman., Degeng, I Nyoman Sudana., Soepriyanto, Yerry. (2020). Pengembangan Multimedia Interaktif Materi Perkembangan Kemajuan Teknologi Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan

Nugroho, H. W. (2020). Peranan Mata Pelajaran PPKn Dalam Rangka Menumbuhkan Nilai Karakter Religius Siswa Kelas IV Di SDN 3 Wuryorejo Kabupaten Wonogiri Tahun Pelajaran 2017/2018. Civics Education And Social Sciense Journal (CESSJ, 1(1), 18–36.

Nurhidayah, D., Aisyah, E. S., & Nurjannah, J. (2020). PKn dalam Kurikulum 2013. JPPHK (Jurnal Pendidikan Politik, Hukum Dan Kewarganegaraan), 10(1), 1–13.

Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. MISYKAT: Jurnal Ilmu-ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah dan Tarbiyah, 3(1), 171. https://doi.org/10.33511/misykat.v3n1.171

Pratama, Nanda Kresna., dkk. (2021). “Pengembangan Multimedia Interaktif Geografi Kelas X Materi Tata Surya.” JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan 4(2): 119–28.

Pravasta, L., Leryan, A., Damringtyas, C. P., Priyo, M., & Intan, B. (2018). THE USE OF CANVA APPLICATION AS AN INNOVATIVE. 190–203.

Purwanto, Ngalim. (2012). Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Rahmatullah, R., Inanna, I., & Ampa, A. T. (2020). Media Pembelajaran Audio Visual Berbasis Aplikasi Canva. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 12(2), 317–327.

Ramadhan, Dhifa Putra, dan Arafah Husna. 2021. “HUBUNGAN ANTARA PENGGUNAAN GOOGLE CLASSROOM.” JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan 4(2): 178–87.

Reni Anita, D. B. dan R. J. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Menggunakan Program Movie Maker di Sekolah Menengah. Jurnal Inovasi Pendidikan.

Riastuti, Rahayu E., Surya Ningsih, R. I., Puji Asmaroini, A., & Cahyono, H. (2018). Implementasi Metode Pembelajaran Discovery Learning Pada Mata Pelajaran Ppkn Untuk Membentuk Civic Skill (Studi Di Kelas Viii Smpn 1 Jenangan, Kabupaten Ponorogo). Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan, 3(1), 60–69. https://doi.org/10.24269/jpk.v3.n1.2018.pp60-69

Riduwan. (2010). Metode dan Teknik Menyusun Tesis. Bandung: Alfabeta.

Riyana, C. (2011). Ict Dalam Perpustakaan. Edulib, 1(1), 61–76. https://doi.org/10.17509/edulib.v1i1.1143

Rukianing, Luh Ayu., I Wayan Romi Sudhita, Luh Putu Putrini Mahadewi. 2014. Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Pkn Dengan Model Addie Untuk Siswa Kelas VII SMP. e-Journal Edutech Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Teknologi Pendidikan 2 (1).

Safitri, Melly, Yennita, dan Irdam Idrus. 2018. “Upaya Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Ipa Siswa Melalui Penerapan Model Problem Based Learning ( PBL ).” jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi 2(1): 103–12.

Samsuri. (2013). Paradigma Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Kurikulum 2013. FKIP Universitas Ahmad Dahlan, September, 1–11.

Sari, A. S., & Wati, I. W. K. (2020). Visibility of Learning Media of a Culinary-Based Electronic Magazine in Blended Learning. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 26(1), 35–42. https://journal.uny.ac.id/index.php/jptk/article/view/28018

Sisca, R. (2017). Peran Teknologi Pendidikan dalam Mengembangkan Pendidikan Multikultural di Indonesia. 1–12. https://media.neliti.com/media/publications/220156-peran-teknologi-pendidikan-dalam-mengemb.pdf

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tanjung, R. E., & Faiza, D. (2019). Canva Sebagai Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Dasar Listrik Dan Elektronika Rahma Elvira Tanjung 1) , Delsina Faiza 2) 1. Jurnal Vokasional Teknik Elektronika dan Informatika, 7(2), 79–85.

Wahono, M., & Wardhani, N. W. (2016). Dinamika pelaksanaan Kurikulum 2013 pada tingkat sekolah menengah pertama di Kota Semarang. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan, 13(2), 127–136. https://doi.org/10.21831/civics.v13i2.12724

Wati, U. A. (2010). Pelaksanaan Pembelajaran yang kondusif dan efektif. Jurnal pendidkan.

Wicaksana, E. J., Atmadja, P., & Asmira, Y. (2020). Pengembangan Poster Kesehatan Reproduksi Berbasis Pendidikan Karakter Menggunakan Canva pada Usia Remaja Sekolah di SMA. Jurnal Penelitian dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: e-Saintika, 4(2), 160. https://doi.org/10.36312/e-saintika.v4i2.215

Widiatmaka, P. (2016). Kendala Pendidikan Kewarganegaraan dalam membangun karakter peserta didik di dalam proses pembelajaran. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan, 13(2), 188–198. https://doi.org/10.21831/civics.v13i2.12743

Widyaningrum, H. (2016). Pentingnya Strategi Pembelajaran Inovatif Dalam Menghadapi Kreativitas Siswa Di Masa Depan. Proceedings International Seminar FoE (Faculty of Education), 1, 268–277.

Wildan. (2017). Model Pengembangan Perangkat Pembelajaran Bagi Pendidik. Society Jurnal Jurusan Pendidikan IPS Ekonomi, XVII, 41–63. https://core.ac.uk/download/pdf/266979224.pdf




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um038v4i42021p368

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Sumarsih

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan published by Department of Educational Technology, Faculty of Education, State University of Malang in Collaboration with Asosiasi Program Studi Teknologi Pendidikan Indonesia (APS TPI).

Publisher Address:
Lab. Teknologi Pendidikan, Gd.E2, Lt.1
Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang
Jl. Semarang 5, Kota Malang Email: jktp.fip@um.ac.id

 

========================================================================================================

INDEXED BYTOOLSPLAGIARISM CHECKARTICLE TEMPLATE

 

 

 

 

Creative Commons License
JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JKTP Statistics (Since July 13th, 2020)

View My Stats