Pembaharuan Strategi dan Metode Pembelajaran pada Mata Pelajaran Sejarah SMA di era Pandemi Covid-19

Zenita Listia Handayani, Angga Hadiapurwa, Dananir Hasna Azzahra, Hafsah Nugraha

Abstract


The COVID-19 pandemic that is endemic in various parts of the world, has had an impact on various aspects, one of which is in the field of education. The Indonesian government's effort in dealing with the impact of COVID-19 in the education sector is to implement Distance Learning (PJJ) supported by Information and Communication Technology devices. This article analyzes the obstacles that occur when learning takes place, and creates a solution based on several research results that have been carried out by several people, namely audio-based learning in the form of podcasts, interactive video conferences and Virtual Museum Tour (VMT). This article was created based on a survey research method to identify the effectiveness of strategies and methods in the learning process carried out during the Covid-19 pandemic in history subjects at the high school level. There are 9 questions asked in this questionnaire. From 30 respondents, it was found that the strategies and methods used in learning activities in their schools were less attractive so that there were solutions in the form of recommendations regarding these problems, namely updating the strategies and methods used and now being varied into podcasts, discussions via interactive video conference, and the Virtual Museum. Tours.

Abstrak
Pandemi covid-19 yang  mewabah di belahan dunia, membawa imbas kepada berbagai aspek salah satunya terhadap bidang pendidikan. Usaha pemerintah Indonesia dalam menangani dampak covid-19 di bidang pendidikan adalah menerapkan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) dengan didukung oleh perangkat Teknologi Informasi dan Komunikasi. Artikel ini menganalisis bagaimana kendala yang terjadi ketika pembelajaran berlangsung, dan menciptakan sebuah solusi yang dilandasi oleh beberapa hasil penelitian yang sudah dilakukan oleh beberapa orang, yakni pembelajaran berbasis audio berupa podcast, video conference interaktif serta Virtual Museum Tour (VMT). Artikel ini dibuat berdasarkan metode penelitian survei untuk mengidentifikasi keefektifitasan strategi dan metode dalam proses pembelajaran yang dilakukan pada masa pandemi covid-19 di mata pelajaran sejarah jenjang Sekolah Menengah Atas (SMA). Terdapat 9 pertanyaan yang diajukan dalam kuesioner ini. Dari 30 responden, didapat hasil bahwa strategi maupun metode yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran di sekolah mereka kurang menarik sehingga terdapat solusi berupa rekomendasi mengenai permasalahan tersebut yaitu memperbaharui strategi dan metode yang digunakan dan kini divariasikan menjadi podcast, diskusi via video conference interaktif, dan Virtual Museum Tour.


Keywords


PJJ; Pelajaran sejarah; Strategi; Metode

Full Text:

PDF

References


Ainim, I. A. (2014). Pemanfaatan Media Audio Visual Untuk Pemanfaatan Sejarah. Indonesian Jurnal History of Education, 40-45.

Amboro, K. (2019). Kontekstualisasi Pandemi Covid-19 dalam Pembelajaran Sejarah. Yupa: Historical Students Journal, 91-106.

Andriani, T. (2015). Sistem Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Jurnal Sosial Budaya: Media Komunikasi Ilmu-Ilmu Sosial dan Budaya, 128-150.

Asmi, A. R., Dhita, A. N., & Supriyanto. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Audio Berbasis Podcast pada Materi Sejarah Lokal di Sumatera Selatan. Jurnal Pendidik dan Peneliti Sejarah, 1-12.

Daniela, L. (2020). Virtual Musem as Learning Agent. Sustainibility, 1-24.

Hadiwibowo, T. U., Maryuni, Y., Nurhasanah, A., & Willdianti, D. (2020). Pemanfaatan Virtual Museum Tour pada Pembelajaran Sejarah di Era Pandemi Covid-19. Prosiding Seminar Nasional FKIP, 402-408.

Hasibuan, I. (2014). Model Pembelajaran CTL. Jurnal Ilmu-ilmu Pendidikan Sains, 1-12.

Jubaedi, A. D., Dwiyanto, S., & Sulistiyono. (2020). Implementasi Teknologi Virtual Tour pada Museum. Jurnal Sistem Informasi, 70-77.

Kurnia, D. (2020). Penerimaan dan Penggunaan e-learning pada Masa Pandemi Covid-19: Aplikasi Model UTAUT2. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan , 435-447.

Laila, D. (2020). Inovasi Perangkat Pembelajaran Menggunakan Aplikasi Podcast. Prosiding Seminar Nasional PBSI-III, 7-11.

Nala Nafilata Fadilah, P. S. (2021). Motivasi Belajar Mahasiswa Teknologi Pendidikan dalam Pembelajaran Online. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 90-97.

Miarso, Y. (2004). Menyemai Benih Teknologi Pendidikan. Jakarta: Prenada Media.

Rachmawati, F., Muharajah, K., & Kamaliyah, N. (2019). Mengukur Efektivitas Podcast sebagai Media Perkuliahan Inovatif pada Mahasiswa. Jurnal Sains dan Teknologi, 38-44.

Reni Kurniawati Pertiwi, S. (2020). Membudidayakan Kelas Digital Untuk Membimbing Siswa Dalam Pembelajaran di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 350-365.

Rohmatul, A. (2021). Pengaruh Virtual Tour Museum Sebagai Media Pembelajaran Terhadap Capaian Kognitif Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah di SMAN 1 Menganti Gresik. E-jurnal Pendidikan Sejarah, 1-25.

Rosyid, M. (2021, Maret 15). Museum Virtual untuk Belajar Sejarah di Masa Pandemi. Retrieved April 21, 2021

Rusman. (2017). Belajar & Pembelajaran. Jakarta: PT Kharisma Putra Utama.

Sinambela, B. W., Soepriyanto, Y., & Adi, E. P. (2018). Taman Peninggalan Sejarah Berbasis Virtual Reality. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 7-11.

Subekti, H. A., Nubaiti, Masilawati, & Fitria, H. (2020). Pemanfaatan Video Coference Sebagai Media Pembelajaran Interaktif pada Mata Pelajaran Produktif di Sekolah Menengah Kejuruan. Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang, 427-437.

Sudarti, T. (2020). Pembelajaran Jarak Jauh Solusi di Masa Pandemi. Jurnal Bimbingan dan Konseling, 119-122.

Syarif, T. U., Maryuni, Y., Nurhasanah, A., & Willdianti, D. (2020). Pemanfaatan Virtual Museum Tour pada Pembelajaran Sejarah di Era Pandemi Covid-19. Prosiding Seminar Nasional FKIP, 402-408.

Ummiyyah, N., & Hidayat, R. (2021). Pengembangan Media berbasis Audio Melalui Podcast Spotify Untuk Menunjang Pembelajaran Jarak Jauh pada Mata pelejaran Pengelolaan Bisnis Ritel. Jurnal Ekonomi Bisnis dan Pendidikan, 34-39.

Vidiarti, S. (2015). Pengembangan Museum Virtual Interaktif Menggunakan Teknologi Dekstop Virtual Reality pada Museum Ranggawarsita. Skripsi.

Wibowo, T. U., Maryuni, Y., Nurhasanah, A., & Willdianti, D. (2020). Pemenfaatan Virtual Tour Museum (VTM) dalam Pembelajaran Sejarah di Masa Pandemi. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 402-408.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um038v4i42021p378

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 zenita listia handayani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan published by Department of Educational Technology, Faculty of Education, State University of Malang in Collaboration with Asosiasi Program Studi Teknologi Pendidikan Indonesia (APS TPI).

Publisher Address:
Lab. Teknologi Pendidikan, Gd.E2, Lt.1
Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang
Jl. Semarang 5, Kota Malang Email: jktp.fip@um.ac.id

 

========================================================================================================

INDEXED BYTOOLSPLAGIARISM CHECKARTICLE TEMPLATE

 

 

 

 

Creative Commons License
JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JKTP Statistics (Since July 13th, 2020)

View My Stats