Assesmen Pelaksanaan Belajar Dari Rumah Selama Darurat Covid – 19

Muhammad Iqbal Baihaqi

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahu assesment pelaksanaan Belajar dari Rumah (BDR) selama darurat Covid-19 di SDN Plosorejo 01 Kecamatan Kademangan Kabupaten Blitar. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket yang diberikan kepada guru, siswa dan orang tua. Berdasarkan hasi penelitian yang dilakukan dengan pengisian angket, secara umum assesment pelaksanaan Belajar dari Rumah (BDR) di SDN Plosorejo 01 berjalan cukup baik dengan presentase pelaksanaannya 90%. Hasil angket pelaksanaan pembelajaran BDR masih memiliki kelemahan, pelaksanaannya terdapat dari pihak orang tua dan siswa, dimana 100% orang tua menginginkan dilakukan pembelajaran tatap muka.


Keywords


Assesment, Covid-19, Belajar dari Rumah

Full Text:

PDF

References


Anitah. (2008). Media Pembelajaran. Surakarta: UNS Press.

astuti, I. Y., & Harun. (2021). Tantangan Guru dan Orang Tua dala Kegiatan Belajar dari Rumah Anak Usia Dini pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi, 1441-1463.

Bari, S., Sutaris, R., Haryati, & Iskandar, U. (2020). Pendidikan Pada Masa Wabah. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Kemendikbud. (2020). Surat Edaran Sekretaris Jenderal No.15 Tahun 2020 Pedoman Pelaksanaan Belajar Dari Rumah Selama Darurat Bencana COVID-19 di Indonesia. 1-16.

Kuntarto, E. (2017). Keefektifan Model Pembelajaran Daring dalam Perkuliahan Bahasa Indonesia di Perguruan Tinggi. Jurnal Indonesian Language Education and Literature, 53-65.

Kurniasari, A., Pribowo, F. S., & Putra, D. A. (2020). Analisis Efektifitas Pelaksanaan Belajar dari Rumah (BDR) Selama Pandemi Covid -19. JURNAL REVIEW PENDIDIKAN DASAR, 1-8.

Munir. (2009). Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: Alfabeta.

Nissa, S. F., & Haryanto, A. (2020). Implementasi Pembelajaran Tatap Muka Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ikatan Alumni PGSD UNARS, 1-8.

Prasetyaningtyas, S. (2021). Pelaksanaan Belajar dari Rumah (BDR) Secara Online Selama Darurat Covid-19 di SMP N 1 Semin. jurnal ilmiah guru, 86-94.

Pribowo, F. S. (2020). PERSEPSI GURU SD MUHAMMADIYAH TERHADAP PENGGUNAAN GAWAI DALAM PEMBELAJARAN DI KELAS. Literasi Dalam Pendidikan di Era Digital Untuk Generasi Milenial (pp. 1-11). Surabaya: Literasi Dalam Pendidikan di Era Digital Untuk Generasi Milenial.

Sarjana, K., Baidowi, Arjudin, & Hapipi. (2020). PERANCANGAN MEDIA PERAGA DAN PEDOMAN OPERASIONALNYA UNTUK GURU SEKOLAH DASAR. JURNAL PIJAR MIPA, 1-5.

Sulistyana. (2020). Pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh Pada Level Pendidikan Anak Usia Dini. Malang: Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

WHO. (2020). Diambil 10 Juli 2021, dari website:

https://www.who.int/indonesia/news/novel-coronavirus/qa-for-public




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um038v4i42021p408

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Muhammad Iqbal Baihaqi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan published by Department of Educational Technology, Faculty of Education, State University of Malang in Collaboration with Asosiasi Program Studi Teknologi Pendidikan Indonesia (APS TPI).

Publisher Address:
Lab. Teknologi Pendidikan, Gd.E2, Lt.1
Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang
Jl. Semarang 5, Kota Malang Email: jktp.fip@um.ac.id

 

========================================================================================================

INDEXED BYTOOLSPLAGIARISM CHECKARTICLE TEMPLATE

 

 

 

 

Creative Commons License
JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JKTP Statistics (Since July 13th, 2020)

View My Stats