Pengaruh Media Pembelajaran Visual Dan Audiovisual Serta Gaya Kognitif Terhadap Hasil Belajar Siswa

Yusnidah Yusnidah, Taruna Taruna

Abstract


This study aims to determine differences in student learning outcomes based on cognitive aspects in terms of the use of learning media, differences in student learning outcomes in terms of cognitive style, the interaction between student learning outcomes based on cognitive aspects in terms of the use of learning media and cognitive styles. The sample was determined using random sampling where the first class as the experimental class used interactive learning media and the second class as the control class applied conventional learning. The instrument used in this study was a cognitive style instrument consisting of 10 questions and an instrument for student learning outcomes in electronics lessons consisting of 15 questions which were declared valid and reliable. The results showed that, student learning outcomes based on cognitive aspects in terms of the use of audiovisual learning media were better than student learning outcomes using visual media, the learning outcomes of students who have a field independent cognitive style are better than students who have a field dependent cognitive style, there is no interaction between student learning outcomes based on cognitive aspects in terms of the use of learning media and cognitive styles.

Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa berdasarkan aspek kognitif ditinjau dari penggunaan media pembelajaran, perbedaan hasil belajar siswa ditinjau dari gaya kognitif, interaksi antara hasil belajar siswa berdasarkan aspek kognitif ditinjau dari penggunaan media pembelajaran dan gaya kognitif. Sampel ditentukan menggunakan random sampling dimana kelas pertama sebagai kelas eksperimen menggunakan media pembelajaran dan kelas kedua sebagai kelas kontrol diterapkan pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah instrumen gaya kognitif terdiri dari 10 pertanyaan dan instrumen hasil belajar siswa pada pelajaran elektronika yang terdiri dari 15 pertanyaan yang dinyatakan valid dan reliabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa berdasarkan aspek kognitif ditinjau dari penggunaan media pembelajaran audiovisual lebih baik dibandingkan hasil belajar siswa yang menggunakan media visual, hasil belajar siswa yang memiliki gaya kognitif field independent lebih baik dibandingkan siswa yang memiliki gaya kognitif field dependent, tidak terdapat interaksi antara hasil belajar siswa berdasarkan aspek kognitif ditinjau dari penggunaan media pembelajaran dan gaya kognitif.


Keywords


visual, audiovisual, gaya kognitif, hasil belajar siswa

Full Text:

PDF

References


Agustina, R., & Sitompul, H. (2015). Pengaruh Media Pembelajaran dan Gaya kognitif Terhadap Hasil Belajar Biologi. Jurnal Teknologi Informasi & Komunikasi Dalam Pendidikan, 2(1). https://doi.org/10.24114/jtikp.v2i1.3273

Ardiansah, F. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Video Terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI pada Pelajaran PAI di SMA YPI Tunas Bangsa Palembang. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 2(1), 1-8.

Arif, M. F., Praherdhiono, H., & Adi, E. (2019). Pengembangan Video Pembelajaran IPA Materi Gaya Untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 2(4), 329-335.

Astuti, E. I. F. (2018). Strategi Guru Dalam Meningkatkan Efektifitas Proses Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas X Ips Di MAN 1 Malang. J-PIPS (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial), 5(1), 64. https://doi.org/10.18860/jpips.v5i1.7332

Betty, Y. A., Parsa, I. M., & Tamal, C. P. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Video Dan Trainer Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika Pada Peserta Didik Kelas X TITL SMK Negeri 2 Kupang. Jurnal Spektro, 3(2).

Chania, Y., Haviz, M., & Sasmita, D. (2017). Hubungan Gaya Belajar Dengan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Biologi Kelas X SMAN 2 Sungai Tarab Kabupaten Tanah Datar. Sainstek : Jurnal Sains Dan Teknologi, 8(1). https://doi.org/10.31958/js.v8i1.443

Depdiknas. (2003). Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas, 35.

Fauziyah, E. I., Praherdhiono, H., & Ulfa, S. (2020). Efektivitas Penggunaan Video dengan Pengayaan Tokoh dan Animasi terhadap Pemahaman Konseptual Siswa. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 3(4), 448-455.

Fraenkel, Jack. R., and Norman E. Wallen. 2012. How to Design and Evaluate Research in Education 8th Edition. Boston: McGraw-Hill Higher Education.

Garaika dan Darmanah, 2019, Metodologi Penelitian. Lampung Selatan: CV Hira Tech

Haking, D. D., & Soepriyanto, Y. (2019). Pengembangan Media Video Pembelajaran Renang pada Mata Pelajaran PJOK untuk Siswa Kelas V SD. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 2(4), 320-328.

Kolb, A., & Kolb, D. (2005). The Kolb learning style inventory–version 3.1 2005 technical specifications. Boston, MA: Hay Resource Direct. https://doi.org/10.1016/S0260-6917(95)80103-0

Mufidah, L.-L. N. (2017). Memahami Gaya kognitif untuk meningkatkan Potensi Anak. Martabat: Jurnal Perempuan Dan Anak, 1(2). https://doi.org/10.21274/martabat.2017.1.2.245-260

Mulyono, A. B., Abidin, Z., & Husna, A. (2019). Pengembangan Media Video Pengoperasian Kamera DSLR Sebagai Suplemen Mata Pelajaran Di Jurusan Multimedia. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 2(4), 290-296.

Nashrullah, N., Sulton, S., & Soepriyanto, Y. (2019). Pengembangan Video Pembelajaran Adaptasi Dan Cara Berkembang Biak Makhluk Hidup Untuk Siswa Kelas Vi Sekolah Dasar. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 1(4), 327-332.

Nugraha, M. G., & Awalliyah, S. (2016). Analisis Gaya Kognitif Field Dependent dan Field Independent Terhadap Penguasaan Konsep Fisika Siswa Kelas VII. https://doi.org/10.21009/0305010312

Nurwidayanti, D., & Mukminan, M. (2018). Pengaruh Media Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Ditinjau Dari Gaya kognitif Siswa SMA Negeri. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, 5(2). https://doi.org/10.21831/hsjpi.v5i2.17743

Pardede, K., Ahmad, M., Harahap, M.,S. (2021). Analisis Gaya kognitif Serta Pengaruh Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal), 4(2).

Rifqiyana, L., & Susilo, B. E. (2016). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas Viii Dengan Pembelajaran Model 4k Ditinjau Dari Gaya Kognitif Siswa Unnes Journal of Mathematics Education, 5(1). https://doi.org/10.15294/ujme

Sugiyono, (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta, CV.

Supriyono. (2018). Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa SD. Edustream: Jurnal Pendidikan Dasar, II(1).

Supartini, M. (2016). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Dan Kreativitas Guru Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas Tinggi Di Sdn Mangunharjo 3 Kecamatan Mayangan Kota Probolinggo. Jurnal Penelitian Dan Pendidikan IPS, 10(2).

Suyono, A. (2018). Pengaruh Gaya kognitif Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Akuntansi Kelas XI IPS SMA N 3 Tapung Tahun Ajaran 2017/2018. Jurnal Pendidikan Ekonomi Akuntansi, 6(1).

Utomo, M. F. W., Pujiastuti, H., & Mutaqin, A. (2020). Analisis Kemampuan Literasi Matematika Ditinjau dari Gaya Kognitif Siswa. Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 2(11).

Wahid, A. (2018). Pentingnya Media Pembelajaran Dalam Meningkatkanprestasi Belajar (The Importance of Learning Media In Inproving Student Learning Achievements). ISTIQRA’, V(2).

Wahyuni, Y. (2017). Identifikasi Gaya kognitif (Visual, Auditorial, Kinestetik) Mahasiswa Pendidikan Matematika Universitas Bung Hatta. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, 10(2). https://doi.org/10.30870/jppm.v10i2.2037

Wassahua, S. (2016). Analisis Gaya kognitif Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Materi Himpunan Siswa Kelas VII SMP Negri Karang Jaya Kecamatan Namlea Kabupaten Buru. Jurnal Matematika Dan Pembelajarannya, 2(1).

Wijaya, A. P. (2020). Gaya Kognitif Field Dependent dan Tingkat Pemahaman Konsep Matematis Antara Pembelajaran Langsung Dan STAD. Jurnal Derivat: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 3(2). https://doi.org/10.31316/j.derivat.v3i2.713

Winarni, Endang Widi. 2011. Penelitian Pendidikan. Bengkulu: Unit Penerbitan FKIP Universitas Bengkulu.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um038v4i42021p417

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Yusnidah, Taruna

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan published by Department of Educational Technology, Faculty of Education, State University of Malang in Collaboration with Asosiasi Program Studi Teknologi Pendidikan Indonesia (APS TPI).

Publisher Address:
Lab. Teknologi Pendidikan, Gd.E2, Lt.1
Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang
Jl. Semarang 5, Kota Malang Email: jktp.fip@um.ac.id

 

========================================================================================================

INDEXED BYTOOLSPLAGIARISM CHECKARTICLE TEMPLATE

 

 

 

 

Creative Commons License
JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JKTP Statistics (Since July 13th, 2020)

View My Stats