Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter Model Taruna Di SMK

Ahyar Ahyar

Abstract


The aims of the research are to describe the planning (design model) and the basic concepts and systematic of the taruna model of character strengthening in education at SMKN 13 Malang. This Research used a qualitative approach. Technique of Data Collection are based on the means of observation and in-depth interviews. Triangulation of data is done by triangulation of techniques and triangulation of data sources. Data analysis carried out by data reduction, data presentation and verification. The results showed that (1) the taruna model of character strengthening in education at SMKN 13 Malang had gone through a fairly long and good planning process before the implementation, the stages of the research are included needs analysis, formulation of goals, determining evaluation techniques, choosing strategies or methods, identification of support systems, developing, implementing the program and finally evaluating the program. This stage is in accordance with the ADDIE model development rules. This taruna model is a character education model adapted from typical military character education from schools in collaboration with the Malang Naval Base in educating the character of students. (2) The taruna model systematic consists of: taruna orientation, inauguration, organization, program implementation and taruna evaluation.

Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan (model desain) dan konsep dasar serta sintak model taruna dalam penguatan pendidikan karakter di SMKN 13 Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara mendalam dan studi dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) model taruna dalam penguatan pendidikan karakter di SMKN 13 Malang telah melalui proses perencanaan cukup panjang dan baik sebelum diimplementasikan, tahapannya antara lain analisis kebutuhan, perumusan tujuan, menentukan teknik evaluasi, memilih strategi atau metode, identifikasi sistem pendukung, mengembangkan program, implementasi program dan terakhir evaluasi. Tahapan ini sesuai kaidah pengembangan model ADDIE. Model taruna ini merupakan model pendidikan karakter yang diadaptasi dari pendidikan karakter khas kemiliteran yang dilakukan dengan cara sekolah bekerjasama dengan Pangkalan TNI Angkatan Laut Malang dalam mendidik karakter peserta didik. (2) Sintaks model taruna terdiri dari: orientasi taruna, pelantikan taruna, pengorganisasian taruna, pelaksanaan program ketarunaan dan evaluasi taruna


Keywords


Penguatan; Pendidikan Karakter; Model Taruna; SMK

Full Text:

PDF

References


Abidin, A. M. (2018). Penerapan Pendidikan Karakter Pada Kegiatan Ekstrakurikuler Melaui Metode Pembiasaan . Didaktika Jurnal Kependidikan , 183-196.

Ahmar, D. S., Ramlawaty, Masri, M., & Ahmar, A. S. (2017). The Relationship Between Prior Knowledge and Creative Thinking Ability in Chemistry. Educational Process: International Journal, 19-25.

Ahsanulkhaq, M. (2019). Membentuk Karakter Religius Peserta Didik Melalui Metode Pembiasaan. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 21-33.

Ahyar, Sihkabuden, & Yerry. (2019). Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan (PPKn) . Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran (JINOTEP) : Kajian dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 74-80.

Amindoni, A. (2021, April 29). Penembakan di Papua: Jenderal Bintanf Satu TNI Meninggal, Pemerintah sebut 'KKB Teroris'. Puncak, Papua, Indonesia.

Astiana, I. (2016, Desember 2). Aksi Doa Bersama 212 Jadi Perhatian Dunia. Jakarta, DKI Jakarta, Indonesia.

Cinda, E. H., & Jacobus, A. (2016). Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah Melalui Keteladanan dan Pembiasaan. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 25-29.

Cipto, H. (2015, Januari 26). Pesta Sabu, Guru Besar UNHAS Terancam 12 Tahun Penjara. Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia.

Djuanda, I. (2020). Implementasi Evaluasi Program Pendidikan Karakter Model CIPP (Context, Input, Process, dan Output). Jurnal Kajian Ilmu dan Budaya Islam, 37-53.

Eva, D. S., & Budi, W. U. (2014). Evaluasi Program Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar Kabupaten Kulon Progo. Prima Edukasia, 223-234.

Fadhillah, F. N., Aditya, P., Wiradendi, W. C., & Febriantina, S. (2022). Pengembangan Model Desain Pelatihan Ketrampilan Guru Dalam Mengembangan Soft Skill di SMK Bidang Keahlian Multimedia. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 200-211.

Fatmawati., S. (2013). Perumusan Tujuan Pembelajaran dan Soal Kognitif Berorientasi Pada Revisi Taksonomi Bloom Dalam Pembelajaran Fisika. Jurnal Edusains, 71-86.

Hartati, A. (2018, September 4). fssff . Malang, Jawa Timur, Indonesia.

Hendratmoko, T., Kuswandi, D., & Setyosari, P. (2017). Tujuan Pembelajaran Berlandaskan Konsep Pendidikan Jiwa Merdeka Kihajar Dewantara. Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran (JINOTEP) : Kajian dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 152-157.

Ibrahim, T., Kesuma, D., Robandi, B., & R, A. R. (2017). Profil Karakter Guru Pembelajar: Sebuah Kajian Integratif dan Kerangka Konseptual. Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, 8-22.

Irma, M. (2015). Buletin Indonesia Malam, Perang Antar Kampung di Bima NTB. Jakarta: Global TV.

Joyce, M. W. (2000). Models of Teaching. Boston: Ally and Bacon.

Keina, G. (2017). Turn Back Crime, Maros Sulawesi Selatan Ayah Perkosa Anak Kandung Selama 21 Tahun. Maros: RTV.

Kemendikbud. (2017). Konsep dan Pedoman Penguatan Pendidikan Karakter Tingkat Sekolah Dasar dan Menengah Pertama. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Mulyani, D. (2013). Hubungan Kesiapan Belajar Siswa dengan Prestasi Belajar. Jurnal Ilmiah Konseling, 27-31.

Nadzir. (2013). Perencanaan Pembelajaran Berbasis Karakter. Jurnal Penidikan Agama Islam, 338-352.

Nasrulloh, I., & Ismail, A. (2017). Analisis Kebutuhan Pembelajaran Berbasis ICT. Jurnal PETIK, 28-32.

Nugraha, S. (2016). Konsep Dasar Pendidikan Karakter. Al Munawwarah Jurnal Pendidikan Islam, 86-105.

Nuraeni, D., Utaya, S., & Akbar, S. (2017). Pentingnya Pembelajaran Kooperatif Dalam Aktivitas Belajar Pada Siswa. Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Pascasarjana UM, Malang. Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Pascasarjana UM (pp. 1-5). Malang: Pascasarjana Univesitas Negeri Malang.

Prihatmojo, A., & Badawi. (2020). Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar Menengah Degradasi Moral 4.0. Dwija Cendekia Jurnal Riset Pedagogik, 142-152.

Purnomo, A., Ratnawati, N., & Farista, N. (2016). Pengembangan Pembelajaran Blended Learning Pada Generasi Z. Jurnal Teori dan Praksis Pembelajaran IPS, 70-77.

Raharjo, S. (2010). Pendidikan Karakter Sebagai Upaya Menciptakan Akhlak Mulia. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 229-238.

Salirawati, D. (2021). Identifikasi Problematika Evaluasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Jurnal Sains dan Edukasi Sains, 17-27.

Shoimah, L., Sulthoni, S., & Soepriyanto, Y. (2018). Menanamkan Pendidikan Karakter melalui Pembiasaan di Sekolah. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 1(2), 169-175.

Sholeh, M. (2007). Perencanaan Pembelajaran Mata Pelajaran Geografi Tingkat SMA dalam Konteks KTSP. Jurnal Geografi , 129-137.

Slavin, R. (2015). Cooperative Learning Teori Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media.

Suyitno, I. (2007). Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing (BIPA) berdasarkan Analisis Kebutuhan Belajar. Wacana, 62-78.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um038v5i32022p304

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Ahyar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan published by Department of Educational Technology, Faculty of Education, State University of Malang in Collaboration with Asosiasi Program Studi Teknologi Pendidikan Indonesia (APS TPI).

Publisher Address:
Lab. Teknologi Pendidikan, Gd.E2, Lt.1
Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang
Jl. Semarang 5, Kota Malang Email: jktp.fip@um.ac.id

 

========================================================================================================

INDEXED BYTOOLSPLAGIARISM CHECKARTICLE TEMPLATE

 

 

 

 

Creative Commons License
JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JKTP Statistics (Since July 13th, 2020)

View My Stats