Self Card: Media Edukasi Untuk Peningkatan Rasa Percaya Diri Remaja Akhir

Taufik Hidayat, Fatonah Istikomah, Sekar Ayu Titis Andriani, Novi Trilisiana

Abstract


The stage of late adolescent development is the point at which a person searches for an identity that will greatly affect their future. This study aims to increase the self-confidence of late adolescents. Educational media innovations in the form of self card are made so that teenagers can carry out their daily activities with confidence. Confidence is specially designed to appear as content in the form of complete illustrations with words of suggestions that cover three aspects of self-confidence, namely self-ability, self-concept, and social interaction. The study was conducted using the Research and Development method with 9 subjects being students of the Faculty of Education, UNY, age19-20 years. Subjects selected based on the initial assessment had low self-esteem and were willing to voluntarily conduct a trial for 21 days. It can be concluded that this media is able to increase the self-confidence of late teens up to 18.25 percent. Qualitatively, through self-card interviews, they are able to give positive suggestions to late teens, so they can live the day with confidence.

Abstrak

Tahap perkembangan remaja akhir adalah titik seseorang mencari jati diri yang akan sangat berpengaruh terhadap masa depannya. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan rasa percaya diri remaja akhir. Inovasi media edukasi berupa self card adalah media edukasi yang dibuat agar remaja bisa menjalani aktivitas sehari-harinya dengan penuh percaya diri. Rasa percaya diri didesain khusus muncul menjadi konten berupa ilustrasi lengkap dengan kata-kata sugesti yang mencakup tiga aspek percaya diri yaitu kemampuan diri, konsep diri, dan interaksi sosial. Penelitian dilakukan menggunakan metode Research and Development dengan 9 orang subjek merupakan mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan UNY berusia 19-20 tahun. Subjek dipilih berdasarkan asesmen awal yang memiliki rasa percaya diri rendah dan bersedia secara sukarela melakukan uji coba selama 21 hari. Penelitian ini melalui 6 tahapan yaitu, studi pendahuluan, pengumpulan data, penyusunan self card, validasi ahli dan revisi, uji coba self card dan revisi. Uji coba menggunakan metode pretest, midtest, dan posttest. Secara kuantitatif uji coba self card menunjukkan rata-rata pretest 64,3 persen, sedangkan rata-rata posttest 82,50 persen. Secara kuantitatif self card mampu meningkatkan rasa percaya diri remaja akhir hingga 18,25 persen. Secara kualitatif melalui wawancara self card mampu memberikan sugesti positif pada remaja akhir, sehingga dapat menjalani hari dengan percaya diri.


Keywords


Percaya diri, Remaja akhir, Media Pembelajaran

Full Text:

PDF

References


Ali, M. dan Asrori, M. 2019. Psikologi Remaja Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Agung, Sanjaya. 2012. Hubungan Interaksi Sosial Dengan Kesepian Pada Lansia. Jurnal Keperawatan Holistik. 1(3).

Anonim. 2010. Tujuan Pembangunan Kepemudaan Menjadikan Pemuda yang Berkarakter. URL: http://m.kemenpora.go.id/index/preview/berita/1000. Diakses tanggal 2 Agustus 2021.

Aristina, Tenang. 2019. Buku Pintar Berkarakter: Untuk Meningkatkan Sikap Hormat dan Percaya Diri Mahasiswa. PSNKH/2686-5521.

Babtista, O. 2020. Persepsi Mahasiswa Bimbingan dan Konseling Terhadap Kinerja Guru Bimbingan dan Konseling. Jurnal Selaras: Kajian Bimbingan dan Konseling serta Psikologi Pendidikan, 3(2), pp.111-128.

Bintari, S. H., dan Martuti, N. K. T. 2012. Pembelajaran Materi Virus Menggunakan Media Kartu Bergambar di SMA Negeri 2 Wonosobo. Journal of Biology Education, 1(2).

Falgeta. 2018. Hubungan Kemampuan Diri dengan Hasil Belajar Siswa Kelas X IPA di Sekolah Menengah Atas Muhammadiyah 1 Palembang. Skripsi. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Raden Fatah, Palembang.

Fitriani, Ayu Aprilia. Ulfa, Saida, Adi, Eka Pramono. 2020. Pengembangan Video Pembelajaran Animasi Sistem Pernapasan Manusia Sebagai Upaya Mendukung Kebijakan Belajar di Rumah. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, Vol. 3, No. 3.

Fitri, Emria. Zola, Nilma. Ifdil. 2018. Profil Kepercayaan Diri Remaja Serta Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi. Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia, Vol. 4, No. 1.

Hanafi. 2017. Konsep Penelitian R&D dalam Bidang Pendidikan. Saintifika Islamica: Jurnal Kajian Keislaman. 4(2): 129-150.

Hardiyono, Bayu. 2020. Tingkat Kecemasan Sebelum Bertanding dan Percaya Diri pada saat Bertanding Atlet Pelatda Pengprov FPTI Sumatera Selatan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani, 4(1).

Hariyadi, A., & Darmuki, A. 2019. Prestasi dan Motivasi Belajar dengan Konsep Diri. In Prosiding Seminar Nasional Penguatan Muatan Lokal Bahasa Daerah sebagai Pondasi Pendidikan Karakter Generasi Milenial (pp. 280-286).

Hapsari, Dini. Wedi, Agus, Sultoni. 2021. Pengembangan Game Labu Siswa Kelas VII. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan. Vol. 4, No. 3.

Ningsih, Ayom Yulita Wahyu Arum. 2012. Teknik Sosiodrama Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa Kelas VIII B SMP Kristen 1 Surakarta. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret, Surakarta.

Nurfalah, F., Fajarianto, O., Wihayati, W. and Santika, R.N., 2020. Menciptakan Kepercayaan Diri Remaja Melalui Pengembangan Kepribadian. Janaka, Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), pp.87-96.

Maltz, Maxwell. 2004. Success—Psychological Aspects. Batam: Interaksara.

Paryanto, P., Supriyo, S., & Mugiarso, H. 2013. Meningkatkan Peran Aktif Siswa dalam Layanan Informasi dengan Pengembangan Pertanyaan Taksonomi Bloom. Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application, 2(3).

Pinar, Sukran Ertekin. 2018. Investigating the Psychological resilience, self-confidence, and problem-solving skills of midwife candidates. Accepted Manuscript, doi: https://doi.org/10.1016/j.nedt.2018.02.014.

Putra, Bima Sayoga. Soepriyanto, Yerry. Susilaningsih. 2022. Novel Chat Sebagai Inovasi Media Pembelajaran Sosiologi Materi Bentuk Interaksi Sosial. Vol. 5, No.1.

Putri, G. E. 2014. Pengembangan Media Video Mata Pelajaran Keterampilan Menyulam untuk Siswa Tunagrahita Ringan Kelas XII di SMA Luar Biasa Negeri 1 Yogyakarta. Skripsi. Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta.

Putri, L dkk. 2017. Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis dan Rasa Percaya Diri Siswa SMK Kelas X pada Pembelajaran Geometri Model Van Hiele Ditinjau dari Gaya Kognitif. Unnes Journal of Mathematics Education, 6(1); 07-107.

Putro, Khamim Zarkasih. 2017. Memahami Ciri dan Tugas Perkembangan Masa Remaja. APLIKASIA: Jurnal Aplikasi Ilmu-Ilmu Agama, Vol.17 (1).

Rahmah, R. and Novianti, D., 2017. Hubungan Percaya Diri dengan Kreativitas Guru di Tk Se-kelurahan Tangkerang Kecamatan Marpoyan Damai Pekanbaru Riau. Jurnal Ilmiah Visi, 12(2), pp.137-142.

Ratnawati, V. 2012. Percaya Diri, Body Image dan Kecenderungan Anorexia Nervosa pada Remaja Putri. Persona: Jurnal Psikologi Indonesia, 1(2).

Riadi, Muchlisin. 2019. Pengertian, Ciri, Karakteristik dan Manfaat Percaya Diri. Diakses pada 30/8/2022, dari https://www.kajianpustaka.com/2019/06/pengertian-ciri-karakteristik-dan-manfaat-percaya-diri.html

Santrock, John W. 2012. Life-Span Development. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Sari, Suci Nurmaya. 2022. Efektifitas Pembiasaan 21 Hari Dalam Gerakan Sekolah Menyenangkan (GSM) Pada Penanaman Pendidikan Karakter Mandiri dan Karakter Tanggung Jawab Siswa di Era New Normal. Skripsi. Program Studi Pendidikan Agama Islam Program Pascasarjana Institut Ilmu Al-Qur’an.

Tambunan, F. and Hasibuan, R., 2019. Pengaruh Percaya Diri Terhadap Berwirausaha. Ikra-Ith Ekonomika, 2(2), pp.35-41.

Tridinanti, G., 2018. The correlation between speaking anxiety, self-confidence, and speaking achievement of Undergraduate EFL students of private university in Palembang. International Journal of Education and Literacy Studies, 6(4), pp.35-39, doi: https://doi.org/10.7575/aiac.ijels.v.6n.4p.35




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um038v5i42022p390

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Fatonah Istikomah, Taufik Hidayat, Sekar Ayu Titis Andriani, Novi Trilisiana

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan published by Department of Educational Technology, Faculty of Education, State University of Malang in Collaboration with Asosiasi Program Studi Teknologi Pendidikan Indonesia (APS TPI).

Publisher Address:
Lab. Teknologi Pendidikan, Gd.E2, Lt.1
Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang
Jl. Semarang 5, Kota Malang Email: jktp.fip@um.ac.id

 

========================================================================================================

INDEXED BYTOOLSPLAGIARISM CHECKARTICLE TEMPLATE

 

 

 

 

Creative Commons License
JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JKTP Statistics (Since July 13th, 2020)

View My Stats