THESAURUS TERMEDIASIKAN AUGMENTED REALITY TEXT UNTUK PENINGKATAN PEMAHAMAN BACA
Abstract
Belajar merupakan proses pemahaman terhadap suatu informasi, dalam pembelajaran sering dituntut untuk memahami kata-kata atau pengertian dengan cepat, maka dari itu pembelajaran harus bersifat inovatif dan didukung oleh media pembelajaran yang dapat membantu pemahaman dan kinerja pebelajar. oleh karena itu tujuan dari penulisan ini untuk meningkatkan kinerja pemahaman baca pebelajar dengan cepat menggunakan produk tesaurus. Tesaurus merupakan sebuah kumpulan dari persamaan kata atau sinonim yang akan memberikan alternatif kata guna memudahkan pebelajar dalam memahami bacaan, namun untuk mencari sebuah makna kata dalam tesaurus pebelajar memerlukan waktu yang lama untuk sekedar mencarinya, oleh karena itu diperlukan sebuah teknologi yang dapat mempercepat proses tersebut, yakni dengan menggunakan teknologi augmented reality. Augmented reality merupakan sebuah penggabungan antara dunia nyata dengan dunia virtual dalam satu waktu itu juga, karena itu teknologi augmented reality dalam tesaurus dirasa mampu membantu dalam pemahaman baca yang mana ketika pebelajar memiliki kesulitan dalam memahami kata-kata atau istilah dalam modul pebelajar tinggal scan kata-kata tersebut dengan smartphone kemudian akan muncul sinonim dari kata-kata atau istilah tersebut yang akan memudahkan pebelajar memahami makna bacaan di waktu itu juga dengan cepat (just in time learning).
Kata kunci : Thesaurus, Augmented reality, Modul bahan ajar
Full Text:
PDFReferences
Ampuni, S. 2004. Proses Kognitif dalam Pemahaman Bacaan. Buletin Psikologi, 6(2).
Anwar, Lalu. 2000. Thesaurus Sebagai Penunjang Sistem Temu Kembali Informasi. Media Pustakawan: Media Komunikasi Antar Pustakawan. Volume 7, Nomor 2, Juni 2000.
Azuma, R, T. 1997. A Survey of Augmented Reality. In Presence: Teleoperators and Virtual Environments 6, 4 (August 1997), 355-385.
Az-Zahra, A. A. N. 2015. An Interactive Web Application For Administering Indonesian Thesaurus (Doctoral distsertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).
Betrus, A, K. 2008. Resources. Dalam Januszewki, A & Molenda, M. 2008. Educational Technology: A Definition with Commentary. New york: Lawrence Erlbaum Associates
Kemendikbud, B. P. (2016). Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Online. https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/thesaurus diakses pada Sabtu, 20 Februari 2018.
Prihatmoko, Y. 2013. Pengembangan Bahan Ajar Cetak Dan Thesaurus On-Line Untuk Pebelajaran Matakuliah Teknologi Jaringan Jurusan Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Malang Tahun Akademik 2012/2013. SKRIPSI Jurusan Teknologi Pendidikan-Fakultas Ilmu Pendidikan UM.
Septianita, R. 2014. Pengembangan Media Belajar Buku Saku Fisika dengan Teknologi Augmented Reality Berbasis Android pada Materi Fluida Statis untuk Siswa kelas X SMA IPA. Skripsi Tidak Diterbitkan Malang: FMIPA UM
Sihkabuden. 2011. Media Pebelajaran. Tidak Diterbitkan. Malang: FIP UM
Soepriyanto, Y., & Rahmatullah, B. (2017). Pengembangan Video Termediasikan Augmented Reality sebagai Electronic Performance Support System dalam. Edcomtech Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 1(2).
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Ah Zainil Ibad, Yerry Soepriyanto, Arafah Husna
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan published by Department of Educational Technology, Faculty of Education, State University of Malang in Collaboration with Asosiasi Program Studi Teknologi Pendidikan Indonesia (APS TPI).
Publisher Address:
Lab. Teknologi Pendidikan, Gd.E2, Lt.1
Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang
Jl. Semarang 5, Kota Malang Email: jktp.fip@um.ac.id
========================================================================================================
INDEXED BY | TOOLS | PLAGIARISM CHECK | ARTICLE TEMPLATE |
|
JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
JKTP Statistics (Since July 13th, 2020)