Pengembangan Desain Pembelajaran Multiliterasi Berbasis Tringo dalam Pembelajaran Menulis Teks Eksposisi Siswa SMA

Muhammad Zidni Ilman Nafi'a, Dedi Kuswandi, Agus Wedi

Abstract


This study aims to develop a tringo-based multiliteracy learning design in learning to write expository texts. The research method used is research and development, while the Dick and Carrey development model is the development model used. In this research and development, it is only limited to the expert validation test stage due to research limitations. The learning device that becomes the output of this learning design is the learning implementation plan (RPP), student worksheet (LKPD), learning e-module, and instructional design usage guide. The results of the development of this learning design were validated by material experts and media experts with the average number of all devices developed obtaining a percentage of 89.76 percent. The validation of material experts for the learning implementation plan obtained 92 percent results, and for student worksheets the results obtained 88 percent, while for the e-learning module the results obtained 89.6 percent. Further validation was carried out by learning media experts for e-learning modules which obtained results of 91.2 percent and for guidelines for the use of learning designs of 88 percent. The results of the validation indicate that the learning design developed is feasible or valid to be used in the learning process.

Abstrak: 

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan desain pembelajaran multiliterasi berbasis tringo dalam pembelajaran menulis teks eksposisi. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan, sedangkan model pengembangan Dick and Carrey merupakan model pengembangan yang digunakan. Dalam penelitian dan pengembangan ini hanya dibatasai pada tahap uji validasi ahli dikarenakan keterbatasan penelitian. Perangkat pembelajaran yang menjadi luaran dari desain pembelajaran ini adalah rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), lembar kerja peserta didik (LKPD), e-modul pembelajaran dan panduan penggunaan desain pembelajaran. Hasil pengembangan desain pembelajaran ini divalidasi oleh ahli materi dan ahli media dengan jumlah rata-rata keseluruhan perangkat yang dikembangkan memperoleh hasil presentase sebesar 89,76 persen. Validasi ahli materi untuk rencana pelaksanaan pembelajaran memperoleh hasil sebesar 92 persen, dan untuk lembar kerja peserta didik memperoleh hasil sebesar  88 persen, sedangkan untuk e-modul pembelajaran memperoleh hasil 89,6 persen.  Validasi yang selanjutnya dilakukan oleh ahli media pembelajaran untuk e-modul pembelajaran yang memperoleh hasil sebesar 91,2 persen dan  untuk panduan penggunaan desain pembelajaran sebesar 88 persen. Hasil validasi tersebut menunjukkan bahwa desain pembelajaran yang dikembangkan layak atau valid digunakan dalam proses pembelajaran.


Keywords


Pembelajaran Multiliterasi, Konsep Tringo, Desain Pembelajaran

Full Text:

PDF

References


Abidin, Y. (2015). Pembelajaran multiliterasi (sebuah jawaban atas tantangan pendidikan abad ke-21 dalam kobteks keindonesian). Bandung: PT. Refika Aditama.

Abidin, Y., Mulyati, T., & Yunansah, H. (2021). Pembelajaran Literasi: Strategi Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika, Sains, Membaca, dan Menulis. Bumi Aksara.

Agustin, R. M. (2019). Pengembangan Model Pembelajaran Multiliteasi Berbasis Jurnalistik dalam Pembelajaran Menulis Berita. Riksa Bahasa: Jurnal Bahasa, Sastra Dan Pembelajarannya, 5(2), 221–232.

Alwasilah, A. C., & Senny, S. . (2012). Pokoknya Menulis. Bandung: Kiblat Buku Utama.

Alzahrani, M. G. (2017). The Effect of Using Online Discussion Forums on Students’ Learning. Turkish Online Journal of Educational Technology-TOJET, 16(1), 164–176.

Andrian, Y., & Rusman, R. (2019). Implementasi pembelajaran abad 21 dalam kurikulum 2013. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 12(1), 14–23.

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian. Yogyakarta: Rineka Cipta.

Astuti, Y., & Setiawan, B. (2013). Pengembangan lembar kerja siswa (LKS) berbasis pendekatan inkuiri terbimbing dalam pembelajaran kooperatif pada materi kalor. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 2(1), 22–31.

Ayuningtyas, R., Hermawan, R., & Mulyasari, E. (2019). Model Scafolding Writing Berbasis Studi Kasus Untuk Meningkatkan Pengetahuan Moral Sosial Budaya ada Siswa SD di Bandung. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(2), 94–104.

Baker, F. W. (2011). Media literacy: 21st century learning. Library Media Connection, 29(10).

Borsheim, C., Merrit, K., & Reed, D. (2008). Beyond Technology For Technology’s Sake: Advancing Multiliteracies In The Twenty-First Century. The Clearing House: A Journal Of Educational Strategies, 82(2), 87–90.

Candra, P. N., Soepriyanto, Y., & Praherdhiono, H. (2020). Pedagogical Knowledge (PK) Guru Dalam Pengembangan dan Implementasi Rencana Pembelajaran. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 3(2), 166–177.

Dafit, F. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Multiliterasi terhadap Kemampuan Membaca Siswa Sekolah Dasar. Dasar, Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah, 1(1).

Dalman. (2016). Keterampilan Menulis. Depok: Raja Grafindo Persada.

Dewi, P. S. (2016). Perspektif Guru sebagai Implementasi Pembelajaran Inkuiri Terbuka dan Inkuiri Terbimbing terhadap Sikap Ilmiah dalam Pembelajaran Sains. Tadris: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Tarbiyah, 1(2), 179–186.

Diana, R. C., Kuswandi, D., & Ulfa, S. (2019). Konsep Pembelajaran TRINGO pada Mata Kuliah Model Pengembangan Kurikulum. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 2(2), 90–95.

Dick, W., Carey, L., & Carey, J. O. (2009). The systematic design of instruction 7th Ed. United State of America: Pearson Education.

Erkan, D. Y., & Saban, A. İ. (2011). Writing Performance Relative to Writing Apprehension, Self-Efficacy in Writing, and Attitudes Towards Writing: A Correlational Study in Turkish Tertiary-Level EFL. The Asian EFL Journal Quarterly March 2011 Volume 13, Issue, 13(1), 164–192.

Fadli, R. . (2016). Pembelajaran Bahasa-Sastra Multiliterasi: Evaluasi dan Remidiasi. Discovery: Jurnal Ilmu Pengetahuan, 1(1).

Firmansyah, M. B. (2018). Model Pembelajaran Diskusi Berbasis Perilaku Berliterasi Untuk Keterampilan Berbicara. Jurnal Ilmiah Edukasi & Sosial, 8(2), 119–125.

Ghufron, G. (2018). Revolusi Industri 4.0: Tantangan, Peluang, dan solusi bagi dunia pendidikan. Seminar Nasional Dan Diskusi Panel Multidisiplin Hasil Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat 2018, 23–32.

Hambali, M. (2019). Pembelajaran Berbasis Kehidupan: Konsep Dan Implementasinya Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Waskita: Jurnal Pendidikan Nilai Dan Pembangunan Karakter, 1(1), 129–136.

Handayani, Z. L., Hadiapurwa, A., Azzahra, D. H., & Nugraha, H. (2021). Pembaharuan Strategi dan Metode Pembelajaran pada Mata Pelajaran Sejarah SMA di era Pandemi Covid-19. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 4(4), 378–387.

Iriantara, Y. (2014). Literasi Media. Jakarta: Simbiosa Rekata Media.

Kalantiz, M., Cope, B., & Cloonan, A. (2010). A multiliteracies perspective on the new literacies. In New literacies: multiple perspectives on research and practice. The Guilford Press.

Kuswandi, D., Diana, R. C., Goncalves, A. D. S., & Pereira, S. (2019). The Relationship Between Tringo Learning Strategy and High-Order Thinking Skills. International Conference on Educational Technology 1, 131–136.

Kuswandi, D., Reza, L., Thariq, Z. Z. ., Sinaga, M. N. A., & Diana, R. C. (2020). The Role of Educational Technologists in Building the Skills of Early Childhood Teachers With TRINGO Ki Hadjar Dewantara Approach. 2nd Early Childhood and Primary Childhood Education (ECPE 2020), 138–143.

Latipah, E. D. P., & Afriansyah, E. A. (2018). Analisis kemampuan koneksi matematis siswa menggunakan pendekatan pembelajaran CTL dan RME. Matematika: Jurnal Teori Dan Terapan Matematika, 17(1), 1–12.

Muga, W., Suryono, B., & Januarisca, E. L. (2017). Pengembangan bahan ajar elektronik berbasis model Problem Based Learning dengan menggunakan model dick and carey. Journal of Education Technology, 1(4), 260–264.

Nudiati, D., & Sudiapermana, E. (2020). Literasi Sebagai Kecakapan Hidup Abad 21 Pada Mahasiswa. Indonesian Journal of Learning Education and Counseling, 3(1), 34–40.

Rati, N. W., Kusmaryatni, N., & Rediani, N. (2017). Model pembelajaran berbasis proyek, kreativitas dan hasil belajar mahasiswa. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 6(1), 60–71.

Rokhayati, U. (2014). Multiliteracies in A Writing Class. Ahmad Dahlan Journal of English Studies, 1(1), 1–7.

Saadati, B. A., & Sadli, M. (2019). Analisis pengembangan budaya literasi dalam meningkatkan minat membaca siswa di sekolah dasar. TERAMPIL: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 6(2), 151–164.

Suhendi, E. T., Damianti, & Anshori, D. (2020). Pengembangan Model Pembelajaran Multiliterasi Berbasis Konsep Dialektik dalam Pembelajaran Menulis Teks Eksposisi. Seminar Internasional Riksa Bahasa XIV, 307–314.

Suwarto, S. (2018). Proses Belajar Mengajar dalam Perspektif Sistem Among. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan KALUNI (pp. 202–204).

Thaariq, Z. Z. A., Wijanarko, D. A., & Kuswandi, D. (2021). Desain Elaborasi Dengan Pendekatan Tringo Ki Hadjar Dewantara Dalam Bangunan Pembelajaran Digital. Seminar Nasional Teknologi Pembelajaran, 1(1), 300–313.

Wardhani, N. P. (2021). Dampak Presentasi di dalam Kelas terhadap Perkembangan Berbicara dalam Bahasa Inggris di Pembelejaran EFL. Prosiding Nasional Pendidikan: LPPM IKIP PGRI Bojonegoro, 2(1), 116–122.

Wijayanti, A., & Widowati, A. (2019). Tringo Tamansiswa (Ngerti, Ngrasa, Nglakoni): The Development of Subject Specific Pedagogy with Value Clarification-Inquiry Learning. Jurnal Pena Sains, 6(2).




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um038v5i42022p349

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Muhammad Zidni Ilman Nafi'a, Kuswandi Dedi, Agus Wedi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan published by Department of Educational Technology, Faculty of Education, State University of Malang in Collaboration with Asosiasi Program Studi Teknologi Pendidikan Indonesia (APS TPI).

Publisher Address:
Lab. Teknologi Pendidikan, Gd.E2, Lt.1
Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang
Jl. Semarang 5, Kota Malang Email: jktp.fip@um.ac.id

 

========================================================================================================

INDEXED BYTOOLSPLAGIARISM CHECKARTICLE TEMPLATE

 

 

 

 

Creative Commons License
JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JKTP Statistics (Since July 13th, 2020)

View My Stats