PERSEPSI MAHASISWA TEKNOLOGI PENDIDIKAN ANGKATAN 2016 TERHADAP PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK (PROJECT-BASED LEARNING) PADA MATAKULIAH PENGEMBANGAN MEDIA FOTO (FOTOGRAFI)

Reni Intan Puji Astuti, Anselmus JE Toenlioe, Arafah Husna

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan persepsi mahasiswa teknologi pendidikan angkatan 2016 terhadap penerapan model pembelajaran berbasis proyek (project-based learning) pada matakuliah pengembangan media foto (fotografi). Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dengan metode survei dan pengolahan data menggunakan statistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi mahasiswa terhadap penerapan pembelajaran berbasis proyek (project-based learning) pada matakuliah pengembangan media foto (fotografi) termasuk dalam kategori baik dengan skor rerata (mean) 159,33 dan persentase 79,665%.

 

Kata kunci: persepsi, pembelajaran berbasis proyek, project-based learning, pengembangan media foto (fotografi)


Full Text:

PDF

References


Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. 2017. Katalog Jurusan Teknologi Pendidikan (TEP) edisi revisi 2017. Malang: UM.

Hernawati, D. & Amin, M. (2016). Persepsi Mahasiswa pada Model Pembelajaran Berbasis Inquiry Terintegrasi Roject Based Learning Terhadap Keterampilan Proses Sains dan Scientific Literacy Mahasiswa. Prosiding Seminar Nasional II tahun 2016, Kerjasama Prodi Pendidikan Biologi FKIP dengan Pusat Studi Lingkungan Dan Kependudukan (PLSK) Universitas Muhammadiyah Malang, Malang, 26 Maret 2016, 1055-1063. research-report.umm.ac.id/index. php/research-report/article/download/686/894

Rais, M. (2010, December). Project Based Learning: Inovasi Pembelajaran yang Berorientasi Soft Skills. In Proseding Seminar Nasional Pendidikan Teknologi dan Kejuruan Fakultas Teknik Universitas Negeri Surabaya. http://digilib.unm.ac.id/files/disk1/1/universitas%20negeri%20makassar-digilib-unm-drmuhraiss-20-1-makalah-a.pdf

Saifuddin, A. & Berdiati, I. (2016). Pembelajaran Efektif. Bandung PT Remaja Rosdakarya.

Sani, R.A. (2014). Pembelajaran Saintifik Untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: PT Bumi Aksara

Sutirman, M. Pd. 2013. Media & Model-Model Pembelajaran Inovativ. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Warsono, Prof. Dr. & Hariyanto, Drs., M.S. (2017). Pembelajaran Aktif: Teori dan Asesmen. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Reni Intan Puji Astuti, Anselmus JE Toenlioe, Arafah Husna

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan published by Department of Educational Technology, Faculty of Education, State University of Malang in Collaboration with Asosiasi Program Studi Teknologi Pendidikan Indonesia (APS TPI).

Publisher Address:
Lab. Teknologi Pendidikan, Gd.E2, Lt.1
Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang
Jl. Semarang 5, Kota Malang Email: jktp.fip@um.ac.id

 

========================================================================================================

INDEXED BYTOOLSPLAGIARISM CHECKARTICLE TEMPLATE

 

 

 

 

Creative Commons License
JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JKTP Statistics (Since July 13th, 2020)

View My Stats