APLIKASI WEB EVALUASI PROSES PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN ASSESSMEN AS LEARNING

Dyah Ayuningtyas, Henry Praherdiono, Agus Wedi

Abstract


Tujuan pengembangan produk ini adalah mengembangkan applikasi website evaluasi proses pembelajaran dengan pendekatan assessmen as learning. Dengan mengembangkan aplikasi ini guru mendapatkan umpan balik dan masukan dari siswa terkait dengan proses pembelajaran yang berlangsung dalam kelas berbasis web. Kemudahan dan efisiensi penggunaan teknologi khususnya website sebagai alat perantara siswa dalam menyampaikan penilaian terkait proses pembelajaran guru dikelas merupakan solusi kesulitan pebelajar dalam menyampaikan penilaian tersebut. Pengunaan pendekatan Assessmen as Learning dalam evaluasi proses pembelajaran merupakan metode yang tepat karena menggunakan lima unsur penilaian yaitu penilaian tujuan pembelajaran, penilaian tugas terstruktur, penilaian teman sejawat, penilaian diri sendiri, dan yang terakhir penilaian umpan balik yang diberikan guru. Pengembangan applikasi web evaluasi proses pembelajaran telah melalui proses penelitian dan pengumpulan informasi, perencanaan, pengembangan produk pendahuluan, uji coba pendahuluan, dan revisi terhadap produk utama sesuai dengan model yang telah dikembangkan Borg & Gall (Pargito, 2009: 50) dan menghasilkan kriteria valid yaitu, ahli media 82%, ahli materi 88%, uji coba lapangan 82,73%.


Full Text:

PDF

References


Black, P. & Wiliam, D. (1998a). Assessment and classroom learning. Assessment in education. 5(1), 7-74.

Black, P. & Wiliam, D. (1998). Inside the black box: Raising standards through classroom assessment. Phi Delta Kappan, 80(2), 139-148.

Earl, L. (2003). Assessment as learning: Using classroom assessment to maximise student learning. Thousand Oaks, CA, Corwin Press.

Earl, L. (2006). Assessment - a powerful lever for learning. Brock Education. 16(1), 2006.

Volante, L. (2009). Assessment of, for, and as learning whithin schools: Implications for transforming classroom practice. Diambil pada tanggal 21 Maret 2010, dari http:// www.icsei2009.org.presentations/Volante /Volante.pdf.

Weeden, P., Winter, J., & Broadfoot, P. (2002). Assessment: What’s in it for schools? London: Routledge Falmer

Tim Penyusun KBBI. 2016. Kamus Besar Bahasa Indonesia, (online). (http://kbbi.web.id/interaktif, diakses 30 Januari 2017).

Wahyu, Didik Hidayat. 2015. Pengembangan suplemen augmented reality video pada buku pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan untuk pembelajaran kelas 8 SMP Muhammadiyah 4 Singosari Malang, Skripsi tidak diterbitkan. Malang: Universitas Negeri Malang


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Dyah Ayuningtyas, Henry Praherdiono, Agus Wedi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan published by Department of Educational Technology, Faculty of Education, State University of Malang in Collaboration with Asosiasi Program Studi Teknologi Pendidikan Indonesia (APS TPI).

Publisher Address:
Lab. Teknologi Pendidikan, Gd.E2, Lt.1
Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang
Jl. Semarang 5, Kota Malang Email: jktp.fip@um.ac.id

 

========================================================================================================

INDEXED BYTOOLSPLAGIARISM CHECKARTICLE TEMPLATE

 

 

 

 

Creative Commons License
JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JKTP Statistics (Since July 13th, 2020)

View My Stats