PENGARUH DISKUSI ONLINE TERHADAP KEMAMPUAN SOSIO KOGNITIF DALAM PEMBELAJARAN

Ardhi Bimantoro, Dedi Kuswandi, Arafah Husna

Abstract


Pada era modern saat ini, teknologi dipandang sebagai jalan keluar dari masalah, terutama dalam pembelajaran. Saat ini banyak  perguruan tinggi berupaya mengatasi masalah pembelajaran, salah satunya terkait penerapan pembelajaran online..  Dengan pembelajaran online mahasiswa tidak perlu lagi masuk di dalam kelas, pembelajaran dapat berlangsung di luar kelas tanpa harus bertatap muka. Akan tetapi pembelajaran   online ini memiliki resiko yaitu mahasiswa akan memiliki jiwa individualis, maka dari itu perlu adanya pembelajaran kolaboratif untuk meningkatkan kemampuan sosio kognitif melalui diskusi online. Artikei ini menkaji pemanfaatan diskusi online secara kolaboratif. Fokus kajian pada masalah, apakah melalui pembelajaran diskusi online dengan metode kolaboratif dapat meningkatkan kemampuan sosio kognitif dari peserta didik atau sebaliknya. Tujuan dari penelitian ini yaitu peneliti ingin mengetahui pengaruh pemanfaatan diskusi online terhadap kemampuan sosio kognitif mahasiswa dengan populasi mahasiswa Teknologi Pendidikan angkatan 2015 sebanyak 47 mahasiswa. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh pemanfaatan diskusi online terhadap kemampuan sosio kognitif mahasiswa.


Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Bandura, A. 1978. The self system in reciprocal determinism. American Psychologist, 33(4), 344-358.

DiDonato, N. C. (2013). Effective self- and co-regulation in collaborative learning groups: An analysis of how students regulate problem solving of authentic interdisciplinary tasks. Instructional Science, 41(1), 25–47.

https://doi.org/10.1007/s11251-012-9206-9.

Khosa, D. K., & Volet, S. E. (2014). Productive group engagement in cognitive activity and metacognitive regulation during collaborative learning: Can it explain differences in students’ conceptual understanding? Metacognition and Learning, 9(3), 287–307. https://doi.org/10.1007/s11409-014-9117-z.

Moh. Uzer Usman. (2005). Menjadi Guru Profesional. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif & RND. Bandung : Alfabeta

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Ardhi Bimantoro, Dedi Kuswandi, Arafah Husna

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan published by Department of Educational Technology, Faculty of Education, State University of Malang in Collaboration with Asosiasi Program Studi Teknologi Pendidikan Indonesia (APS TPI).

Publisher Address:
Lab. Teknologi Pendidikan, Gd.E2, Lt.1
Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang
Jl. Semarang 5, Kota Malang Email: jktp.fip@um.ac.id

 

========================================================================================================

INDEXED BYTOOLSPLAGIARISM CHECKARTICLE TEMPLATE

 

 

 

 

Creative Commons License
JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JKTP Statistics (Since July 13th, 2020)

View My Stats