ANALISIS BUTIR SOAL UJIAN NASIONAL IPA SD/MI TAHUN 2015 SAMPAI 2017 BERDASARKAN TAKSONOMI BLOOM
Abstract
Penelitian ini, bertujuan untuk menggambarkan tingkat persentase soal UN berdasarkan Standart Kompetensi Kelulusan, serta mengetahui tingkat kognitif dalam soal-soal UN tahun 2014/2015 sampai dengan 2016/2017 berdasarkan Taksonomi Bloom. Jenis metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah soal UN SD/MI mata pelajaran IPA tahun 2014/2015, 2015/2016, dan 2016/2017. Hasil analisis yang telah dilakukan secara bertahap, berdasarkan proses kognitif yang digunakan dalam penyelesaiannya. Ditemukan Bahwa (1) jumlah dan persentase soal terbanyak pada soal UN IPA tahun 2014/2015, 2015/2016, dan 2016/2017 terdapat pada Kompetensi “Perkembangbiakan dan Penyesuaian Makhluk Hidup”, sedangkan persentase terendah terdapat pada kompetensi “Daur hidup beberapa hewan” dan “Daur air”. Tingkat kognitif masing-masing soal digolongkan ke dalam empat tingkat kognitif berdasarkan taksonomi Bloom. Peta kognitif yang dihasilakan pada soal UN SD/MI mata pelajaran IPA berturut-turut adalah : C1 (50%, 50%, 35%), C2 (27,5%, 22,5%, 40%), C3 (5%, 12,5%, 5%), C4 (17,5%, 15%, 20%), C5 (0%), dan C7 (0%). Dari Hasil analisis tersebut, jenjang kognitif siswa yang diukur masih berada dalam level rendah atau Low Order Thingking Skills (LOTS).
Full Text:
PDFReferences
Kerangka landasan untuk pembelajaran, pengajaran, dan asesmen. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 300(300), 0.
Fahmi, (2012). Analisis Butir Soal dan Kemampuan Bahasa Indonesia Siswa SMK dalam Ujian Nasional Tahun 2011. Jurnal Evaluasi dan Assesmen Pendidikan. Vol 1. No. 01.
Gunawan, I. (2013). Metode penelitian kualitatif. Jakarta: Bumi Aksara.
Permendiknas, R. I. (2006). No 22 Tahun 2006. Tentang Standar Isi untuk Satiuan Pendidikan Dasar dan Menengah”. Jakarta: Depdiknas.
Undang-Undang, R. I. (2003). No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Bandung: Citra Umbara.
Sudijono, A. (2011). Pengantar evaluasi pendidikan. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada
Sudjana, N. (1995). Penilaian hasil proses belajar mengajar. PT Remaja Rosdakarya.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Nadya Rahmalia Mujib, Anselmus J.E Toenlio, Henry Praherdhiono
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan published by Department of Educational Technology, Faculty of Education, State University of Malang in Collaboration with Asosiasi Program Studi Teknologi Pendidikan Indonesia (APS TPI).
Publisher Address:
Lab. Teknologi Pendidikan, Gd.E2, Lt.1
Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang
Jl. Semarang 5, Kota Malang Email: jktp.fip@um.ac.id
========================================================================================================
INDEXED BY | TOOLS | PLAGIARISM CHECK | ARTICLE TEMPLATE |
|
JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
JKTP Statistics (Since July 13th, 2020)