Pengaruh Blended Learning Enriched Virtual Model Terhadap Hasil Belajar Materi Konflik Sosial Di SMA

Donatus Djagom, Dedi Kuswandi, Henry Praherdhiono

Abstract


To keep up with the latest developments in science and technology, schools must use teaching strategies that are in line with modern times. One of them is the Blended learning Enriched Virtual Model (BLEV), which is a mixed model that is enriched through features in Google Classroom for learning needs. To test this model with social conflict material, the experimental group applied the model and the control group. Quantitative approaches and quasi-experimental procedures are used to explore the effect of one on the other under controlled conditions. The results showed that there were differences between the two groups. According to this study, students who use the virtual mixed learning model have superior learning outcomes than the traditional mixed learning model. It has also been shown that using an enriched virtual blended learning paradigm can expose students to the topic of social conflict. Therefore, the use of an enhanced virtual blended learning paradigm is highly recommended for students, especially in social conflict content.

Abstrak

Untuk mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi terkini, sekolah harus menggunakan strategi pengajaran yang sesuai dengan zaman modern. Salah satunya adalah Blended learning Enriched Virtual Model (BLEV) yaitu sebuah model campuran yang diperkaya melalui fitur-fitur di Google Classroom untuk kebutuhan pembelajaran. Untuk menguji model tersebut dengan materi konflik sosial, maka kelompok eksperimen menerapkan model tersebut dan kelompok kontrol. pendekatan kuantitatif dan prosedur kuasi-eksperimental digunakan untuk mengeksplorasi pengaruh satu terhadap yang lain dalam keadaan terkendali. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan antara kedua kelompok tersebut. Menurut penelitian ini, siswa yang menggunakan model pembelajaran campuran virtual lebih unggul hasil belajarnya daripada model pembelajaran campuran tradisional. Juga telah ditunjukkan bahwa menggunakan paradigma pembelajaran campuran virtual yang diperkaya dapat memaparkan siswa pada topik konflik sosial. Oleh karena itu, penggunaan paradigma blended learning virtual yang disempurnakan sangat dianjurkan bagi siswa, terutama pada konten konflik sosial.


Keywords


Blended Learning Enriched Virtual Model; Google Classroom; Gaya Kognitif; Pemahaman Konsep.

Full Text:

PDF

References


Abroto, A., Maemonah, M., & Ayu, N. P. (2021). Pengaruh Metode Blended learning Dalam Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 1993–2000.

Aktekin, N. C., & Celebi, H. (2020). Elt student teacher identity construction: Exploring teacher roles and domains of expertise. International Journal of Language Education, 4(1), 113–128. https://doi.org/10.26858/ijole.v4i2.10655

Al Aslamiyah, T., Setyosari, P., & Praherdhiono, H. (2019). Blended learning Dan Kemandirian Belajar Mahasiswa Teknologi Pendidikan. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 2(2), 109–114. https://doi.org/10.17977/um038v2i22019p109

Anshori, A. F. J., Priyasmika, R., & Purwanto, K. K. (2021). Hubungan kecerdasan spasial-visual dan prestasi belajar pada materi bentuk molekul. Karangan: Jurnal Bidang Kependidikan, Pembelajaran, Dan Pengembangan, 3(2), 102–107.

Cohen, J. P., Morrison, P., & Dao, L. (2020). COVID-19 image data collection. ArXiv Preprint ArXiv:2003.11597.

Desy, R., & Setyoko, S. (2017). Pengembangan pembelajaran blended learning berbasis website di program studi pendidikan biologi universitas samudra. Jurnal Pendidikan Biologi.

Ekawati, N. E. (2018). Application of Blended learning with Edmodo Application Based on PDEODE Learning Strategy to Increase Student Learning Achievement. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA.

Hadihabibi, M., Setyosari, P., & Soepriyanto, Y. (2023). Pengaruh Flipped Classroom Beraktivitas Gamifikasi Tradisional Terhadap Self Regulated Learning Pada Pembelajaran Pemrograman Visual. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 6(1), 026–036. https://doi.org/10.17977/um038v6i12023p026

Harvey, S. (2003). Building effective blended learning programs. Educational Technology, 43(6), 51–54.

Hawa, M., Andayani, A., Suyitno, S., & Wardani, N. (n.d.). Panduan Pembelajaran Sosiologi Sastra dengan Pendekatan Kontekstual Berbasis Kecerdasan Spiritual (KKS). Deepublish.

Kaur, M. (2013). Blended learning-its challenges and future. Procedia-Social and Behavioral Sciences.

Khuluq, K., Kuswandi, D., & Soepriyanto, Y. (2023). Project-Based Learning Dengan Pendekatan Gamifikasi : Untuk Pembelajaran Yang Menarik Dan Efektif. JKTP:Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 6(2), 72–83. https://doi.org/10.17977/um038v6i22023p072

Lorenzo, A. R. (2017). Comparative study on the performance of bachelor of secondary education (BSE) students in educational technology using blended learning strategy and traditional face-to-face instruction. Turkish Online Journal of Educational Technology, 16(3), 36–46.

Mehar, R., & Jassar, R. K. (2020). Effect of blended learning strategy on achievement in economics in relation to motivation to learn. International Journal of Scientific and Technology Research.

Mifrahi, M. N. (2019). Penerapan blended learning berbasis student centered learning pada mata kuliah matematika ekonomika bagi generasi Z. Refleksi Pembelajaran Inovatif, 1(2).

Nande, M., & Irman, W. A. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Blended learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(1), 180–187.

Novianti, A., Bentri, A., & Zikri, A. (2020). Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning (Pbl) Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(1), 194–202.

Pedler, M., Hudson, S., & Yeigh, T. (2020). The teachers’ role in student engagement: A review. Australian Journal of Teacher Education, 45(3), 48–62. https://doi.org/10.14221/ajte.2020v45n3.4

Pratiwi, H. T., & Chasanah, L. N. (2018). Kajian Konseptual Model Blended learning Berbasis Web Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa.

Purdiyanto, Sasongko, Nur, R., Kristiawan, Muhammad, Walid, A., & Kusumah, R. G. T. (2021). Influence of Demonstration Methods and Student’s Activity on Learning Outcomes. Education Quarterly Reviews, 4(2). https://doi.org/10.31014/aior.1993.04.02.200

Rachman, A., Sukrawan, Y., & Rohendi, D. (2019). Penerapan model blended learning dalam peningkatan hasil belajar menggambar objek 2 dimensi. Journal of Mechanical Engineering Education, 6(2), 145–152.

Ramadani, A. D., Sulthoni, & Wedi, A. (2019). Implementasi Blended learning Di Jurusan. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 2(1), 62–67.

Rizkiyah, A. (2015). Penerapan blended learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ilmu bangunan di kelas X TGB SMK Negeri 7 Surabaya. Jurnal Kajian Pendidikan Teknik Bangunan, 1(1/JKPTB/15).

Sari, F. M. (2022). Pengaruh Penerapan Model Blended learning (Flipped Classroom & Enriched Virtual) terhadap Hasil Belajar Kognitif Praktikum Akuntansi Lembaga pada Siswa Akuntansi SMK Negeri 3 Sukoharjo.

Sari, M. (2016). Blended learning, model pembelajaran abad ke-21 di perguruan tinggi. Ta’dib, 17(2), 126–136.

Supriadi, H. (2016). Peranan pendidikan dalam pengembangan diri terhadap tantangan era globalisasi. Jurnal Ilmiah Prodi Manajemen Universitas Pamulang, 3(2), 92–119.

Tungkunanan, P. (2020). Learning model of undergraduate students: Confirmatory factor analysis. International Journal of Instruction, 13(3), 665–678. https://doi.org/10.29333/iji.2020.13345a

Wajabula, C. M. (2021). Pengaruh model blended learning dan gaya Kognitif terhadap hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah PTK di iakn ambon. Tesis tidak dipublikasikan. Universitas Negeri Malang.

Wardani, D. N., Toenlioe, A. J. E., & Wedi, A. (2018). Daya tarik pembelajaran di era 21 dengan blended learning. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 1(1).

Widyasari, L. A., & Rafsanjani, M. A. (2021). Apakah Penerapan Blended learning Dapat Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Jarak Jauh? Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3), 854–864.

Zorluoğlu, S. L., & Güven, Ç. (2020). Analysis of 5th Grade Science Learning Outcomes and Exam Questions According to Revised Bloom Taxonomy. Journal of Educational Issues, 6(1), 58. https://doi.org/10.5296/jei.v6i1.16197




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um038v6i32023p143

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Donatus Djagom, Dedi Kuswandi, Henry Praherdhiono

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan published by Department of Educational Technology, Faculty of Education, State University of Malang in Collaboration with Asosiasi Program Studi Teknologi Pendidikan Indonesia (APS TPI).

Publisher Address:
Lab. Teknologi Pendidikan, Gd.E2, Lt.1
Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang
Jl. Semarang 5, Kota Malang Email: jktp.fip@um.ac.id

 

========================================================================================================

INDEXED BYTOOLSPLAGIARISM CHECKARTICLE TEMPLATE

 

 

 

 

Creative Commons License
JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JKTP Statistics (Since July 13th, 2020)

View My Stats