Pengembangan Media Film Dokumenter Yang Diangkat Dari Hasil Penelitian Pertumbuhan Anak Di Desa Jungkat

Khofifah Azmi Bilqis, Wolly Candramila, Asriah Nurdini Mardiyyaningsih

Abstract


The learning media that lacks support can hinder communication between teachers and students. Engaging and innovative learning media can enliven the atmosphere during the learning process. Documentary film based on the malnutrition case in Jungkat Village is expected not only to enliven the atmosphere in the learning process but also provide information about important issues in society such as the Stunting case, which is currently a national topic. This study to develop and test the validity of a documentary film media addressing the topic of Stunting. The development of the documentary film media "Jungkat Grows Against Stunting" follows the ADDIE model limited tthree stages: analysis, design, and development. The assessment of the documentary film by five validators on aspects of format, content, language, and effectiveness with seventeen indicators using the CVR and CVI formulas. The validation results indicate documentary film media is valid in terms of content, and the development process can proceed the implementation stage with both limited and extensive trials. The results developing documentary film media are expected provide input tteachers regarding types, concepts, and steps of making documentary films according to the desired learning targets as well as the enrichment of information addressing important cases in society.

Abstrak

Media pembelajaran yang kurang mendukung bisa saja menggagalkan komunikasi antara guru dan peserta didik. Media pembelajaran yang menarik dan inovatif dapat menghidupkan suasana selama proses pembelajaran. Film dokumenter yang diangkat dari kasus malnutrisi di Desa Jungkat diharapkan tidak hanya mampu menghidupkan suasana dalam proses pembelajaran namun juga bisa memberikan informasi mengenai permasalahan penting dalam masyarakat seperti kasus Stunting yang sedang menjadi topik nasional saat ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menguji validitas media film dokumenter yang mengangkat topik Stunting. Pengembangan media film dokumenter “Jungkat Bertumbuh Melawan Stunting” mengikuti model ADDIE yang dibatasi pada tiga tahapan yaitu analysis, design, dan develop. Penilaian media film dokumenter oleh lima orang validator pada aspek format, isi, bahasa, dan keefektifan dengan tujuh belas indikator menggunakan rumus CVR dan CVI. Hasil validasi menunjukkan bahwa media film dokumenter ini dinyatakan valid secara isi dan proses pengembangan dapat dilanjutkan ke tahap implementasi dengan uji coba baik terbatas maupun luas. Hasil pengembangan media film dokumenter ini diharapkan dapat memberikan masukan kepada guru terkait jenis, konsep, dan langkah-langkah pembuatan film dokumenter sesuai dengan target pembelajaran yang diharapkan serta pengayaan informasi yang mengangkat kasus-kasus penting di masyarakat.


Keywords


ADDIE; Content Validity; Documentary Film; Audiovisual Media; Stunting

Full Text:

PDF

References


Ariska, R., Handayani, E., Widyarni, A. (2021). Faktor-faktor yang Berhubungan dengan Kejadian Stunting pada Balita di Wilayah Kerja UPT Puskesmas Dadahup Kabupaten Kapuas Tahun 2021, ePrints UNISKA, 18(44), 1-13.

Azhar, S. (2018). Urgensi inovasi dalam sistem pendidikan, Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(2), 257-273.

Branch, R. M. (2009). Instructional Design: The ADDIE Approach. London: Springerb Science Business Media.

Damayanti, A., Suradika, A., Asmas, T. B. (2020). Strategi mengurangi kejenuhan anak dalam pembelajaran jarak jauh (PJJ) melalui aplikasi ICANDO pada siswa kelas I SDN pondok pinang 08 pagi, Jurnal UMJ, 1(1), 1-10.

Darojat, M. A., Ulfa, S., Wedi, A. (2022). Pengembangan virtual reality sebagai media pembelajaran sistem tata surya, JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 5(1), 91-100.

Fitriani, A. A., Ulfa, S., Adi, E. P. (2020). Pengembangan video pembelajaran animasi sistem pernapasan manusia sebagai upaya mendukung kebijakan belajar di rumah, JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 3(3), 303-316.

Haking, D. D., & Soepriyanto, Y. (2019). Pengembangan media video pembelajaran renang pada mata pelajaran PJOK untuk siswa kelas V SD. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 2(4), 320-328.

Hasnawati. (2006). Pendekatan contextual teaching learning hubungannya dengan evaluasi pembelajaran, Jurnal Ekonomi dan Pendidikan, 3(1), 53-62

Hermansyah, K. D. (2016). Kesalahan pemikiran tentang riset dalam pembuatan film dokumenter, Institut Kesenian Jakarta, 10(2), 93-102.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2016). Pusat Data dan Informasi Kementerian Kesehatan RI Situasi Balita Pendek. Jakarta: Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Kementerian Kesehatan RI. (2020). Arah Kebijakan Dan Rencana Aksi Program Kesehatan Masyarakat Tahun 2020 – 2024. Jakarta: Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Kusuma, A. A., Ismayati, E., Basuki, I., Munoto. (2020). Media pembelajaran elektronik berbasis edmodo untuk meningkatkan hasil belajar siswa, JPTE, 9(3), 723-728

Lawshe, C. H. (1975). A Quantitative Approach to Content Validity, Personnel Psychology, 28(4), 563-575.

Magdalena, Candramila, W., Marlina, R. (2019). Kelayakan media film dokumenter perilaku makan dalam submateri zat makanan kelas XI SMA, JPPK, 8(11), 1-8.

Magriyanti, A. A. & Rasminto, H. (2020). Film Dokumenter sebagai Media Informasi Kompetensi Keahlian SMK Negeri 11 Semarang, Jurnal Ilmiah Komputer Grafis, 13(2), 123-132.

Munadi. (2013). Media Pembelajaran. Sebuah Pendekatan Baru. Jakarta: GP Press Group.

Nenoliu, T. T. M., Dawud., Priyatni, E. T. (2020). Penggunaan media film dokumenter dalam pengembangan bahan ajar menulis cerita pendek untuk siswa kelas XI, Jurnal Pendidikan, 5(9), 1308-1313.

Nieveen, N. (2010). An introduction to educational design research. SLO: Netherlands institute for curriculum development

Nurrita, T. (2018). Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa, MISYKAT: Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran, Hadist, Syariah, dan Tarbiyah, 3(1), 171-187.

Nurseto, T. (2012). Membuat media pembelajaran yang menarik. Jurnal Ekonomi dan Pendidikan, 8(1), 19–35.

Pratiwi, I. T. M & Meilani, R. I. (2018). Peran media pembelajaran dalam meningkatkan prestasi belajas siswa, Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 3(2), 173-181.

Putri, S. N. R., Prasetya, A. E., Rusmawan. (2023). Pengembangan Video Pembelajaran untuk melatihkan kreativitas dan inovasi pada materi kegiatan ekonomi dan Jenis pekerjaan kelas IV SD. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 6(1), 014-025.

Rahmawati, I. S., Roekhan, Nurchasanah. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Menulis Teks Fabel dengan Macromedia Flash bagi Siswa SMP, Jurnal Pendidikan, 1(7), 1323-1329.

Rikarno, R. (2015). Film dokumenter sebagai sumber belajar siswa, Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Karya Seni, 17(1), 129-149.

Sadiman, A., Raharjo, Haryano. (2014). Media pendidikan, pemahaman, pengembangan dan pemanfaatan. Jakarta: Rajawali Pers.

Sari, K., Nurchayo, R. J., Kartini (2019). Analisis kesahalan berbahasa pada majalah toga edisi III bulan desember tahun 2018, Jurnal IMAJERI, 2(1), 11-23

Sarjono, H. D. (2017). Multimedia Pembelajaran Interaktif Konsep dan Pengembangan. Yogyakarta: UNY Press

Supriyono. (2018). Pentingnya media pembelajaran untuk meningkatkan minat belajar siswa SD, Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 43-48

Wati, E. R. 2016. Ragam Media Pembelajaran. Yogyakarta: Kata Pena.

Wicaksono, L. (2016). Bahasa Dalam Komunikasi Pembelajaran, Jurnal Pembelajaran Prospektif, 1(2), 9-19.

Yi, Y. J., Rahim, M. H. A., & Sannusi, S. N. (2016). Techniques application on cultural and artistic documentary production: A study of simon schama’s power of the art. Jurnal Komunikasi: Malaysian Journal of Communication, 32(2), 489-524.

Yusnidah & Taruna. (2021). Pengaruh media pembelajaran visual dan audiovisual serta gaya kognitif terhadap hasil belajar siswa, JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 4(4), 417-426.

Zaki, A. & Yusri, D. (2020). Penggunaan media pembelajaran untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada pelajaran PKN di SMA swasta darussa’adah kec. pangkalan susu, Al-Ikhtibar: Jurnal Ilmu Pendidikan, 7(2), 809-820.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um038v7i12024p001

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Khofifah Azmi Bilqis, Wolly Candramila, Asriah Nurdini Mardiyyaningsih

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan published by Department of Educational Technology, Faculty of Education, State University of Malang in Collaboration with Asosiasi Program Studi Teknologi Pendidikan Indonesia (APS TPI).

Publisher Address:
Lab. Teknologi Pendidikan, Gd.E2, Lt.1
Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang
Jl. Semarang 5, Kota Malang Email: jktp.fip@um.ac.id

 

========================================================================================================

INDEXED BYTOOLSPLAGIARISM CHECKARTICLE TEMPLATE

 

 

 

 

Creative Commons License
JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JKTP Statistics (Since July 13th, 2020)

View My Stats