Pengembangan Animasi Pembelajaran Berdiferensiasi Bagi Siswa Berkebutuhan Khusus Di Taman Kanak-Kanak

Anastasia Putri Cahyo Prabawati, Susilaningsih Susilaningsih, Deka Dyah Utami

Abstract


This research is motivated by efforts to improve the quality of the inclusive learning process. From the results of interviews with teachers, it was found that the majority of students in the class were students with special needs. Apart from that, it was found that the learning process of typical students with students with special needs was still combined into one class by implementing a conventional learning system. The aim of this research is to produce differentiated learning animation that have high validity. This type of research is development research or Research and Development with the development model used, namely the ADDIE development model. After going through validation and testing procedures, it was concluded that the differentiated learning animation media developed had high validity, meaning the media was feasible and interesting to be implemented in the inclusive learning process.

Abstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya upaya untuk meningkatkan kualitas proses pembelajaran inklusi. Dari hasil wawancara dengan guru ditemukan bahwa mayoritas siswa yang berada di dalam kelas adalah siswa berkebutuhan khusus. Selain itu, ditemukan bahwa proses pembelajaran siswa tipikal dengan siswa berkebutuhan khusus masih digabungkan menjadi satu kelas dengan menerapkan sistem pembelajaran konvensional. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan animasi pembelajaran berdiferensiasi yang memiliki validitas tinggi. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan atau Research and Development dengan model pengembangan yang digunakan yaitu model pengembangan ADDIE. Setelah melalui prosedur validasi dan uji coba disimpulkan bahwa media animasi pembelajaran berdiferensiasi yang dikembangkan memiliki validitas tinggi yang bermakna media tersebut layak dan menarik untuk diimplementasikan dalam proses pembelajaran inklusi.

Keywords


Pembelajaran Berdiferensiasi; Animasi; Taman Kanak-Kanak

Full Text:

PDF

References


Anderson, Ronald H. (1987). Pemilihan dan Pengembangan Media untuk Pembelajaran. Jakarta:Universitas Terbuka bekerja sama dengan CV. Rajawali.

Andriyani, Z. D. (2023). Elaborasi pembelajaran berdiferensiasi melalui project based learning terhadap keterampilan kolaborasi siswa (Doctoral dissertation, Universitas Islam Sultan Agung).

Batubara, H. H. (2023). Media Pembelajaran Komprehensif. Graha Edu.

Biassari, I., Putri, K. E., & Kholifah, S. (2021). Peningkatan hasil belajar matematika pada materi kecepatan menggunakan media video pembelajaran interaktif di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2322-2329.

Bobby Deporter, Mike Hernacki, Quantum Learning., Terj. Alwiyah Abdurrahman (Bandung: Kaifa, 2002), 110

Cahya, M. D., Pamungkas, Y., & Faiqoh, E. N. (2023). Analisis Karakteristik Siswa sebagai Dasar Pembelajaran Berdiferensiasi terhadap Peningkatan Kolaborasi Siswa. BIOMA: Jurnal Biologi dan Pembelajaran Biologi, 8(1).

Daryanto. (2011). Media Pembelajaran. Bandung: Satu Nusa.

Enjela, B. O., Miranda, D., & Amalia, A. (2024). Pengaruh Media Video Animasi Terhadap Kemampuan Berhitung Permulaan Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Edukasi, 2(2), 47-57.

Fadillah, A. (2018). Pengembangan media belajar komik terhadap motivasi belajar siswa. JTAM (Jurnal Teori dan Aplikasi Matematika), 2(1), 36-42.

Febrianto, G., Sulton, S., & Praherdiono, H. (2020). Pengembangan media video pembelajaran untuk pelatihan instalasi tenaga listrik. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 3(2), 149-157.

Fitriani, A. A., Ulfa, S., & Adi, E. P. (2020). Pengembangan Video Pembelajaran Animasi Sistem Pernapasan Manusia Sebagai Upaya Mendukung Kebijakan Belajar Di Rumah. JKTP Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 3(3), 303-316.

Haking, D. D., & Soepriyanto, Y. (2019). Pengembangan media video pembelajaran renang pada mata pelajaran PJOK untuk siswa kelas V SD. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 2(4), 320-328.

Hall, T., Strangman, N., & Meyer, A. (2003). Differentiated instruction and implications for UDL implementation. In M. M. Cruise, C. A. Evans, & K. L. Knight (Eds.), Universal Design for Learning: Teaching and Teacher Education in the New Decade (pp. 115–134). Council for Exceptional Children.

Handiyani, M., & Muhtar, T. (2022). Mengembangkan Motivasi Belajar Siswa melalui Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi: Sebuah Kajian Pembelajaran dalam Perspektif Pedagogik Filosofis. Jurnal Basicedu, 6(4), 5817-5826.

Herwina, W. (2021). Optimalisasi kebutuhan murid dan hasil belajar dengan pembelajaran berdiferensiasi. Perspektif Ilmu Pendidikan, 35(2), 175-182.

Herwina, W. (2021). Optimalisasi kebutuhan murid dan hasil belajar dengan pembelajaran berdiferensiasi. Perspektif Ilmu Pendidikan, 35(2), 175-182.

Hodiyanto, H., Darma, Y., & Putra, S. R. S. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Macromedia Flash Bermuatan Problem Posing Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 323- 334.

Husni, T. (2013). Memerdekakan peserta didik belajar melalui pembelajaran berdeferensiasi (-). LPMP Aceh. kemdikbud. go. id.

Iskandar, D. (2021). Peningkatan hasil belajar siswa pada materi report text melalui pembelajaran berdiferensiasi di kelas IX. A SMP Negeri 1 Sape Tahun Pelajaran 2020/2021. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 1(2), 123-140.

Jhon, L., & Alfiandra, A. (2024). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Pembelajaran PPkn di SMP Negeri 33 Palembang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(1), 1713-1720.

Kamalia, P. U. (2023). Analisis Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi terhadap Hasil Belajar Peserta Didik: Systematic Literature Review. Asatiza: Jurnal Pendidikan, 4(3), 178-192.

Khasanah, I., & Alfiandra, A. (2023). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Kelas IX di SMPN 33 Palembang. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 5(1), 5324-5327.

Limbong, M., Fahmi, F., & Khairiah, R. (2022). Sumber Belajar Berbasis Media Pembelajaran Interaktif di Sekolah: Learning Resources Based on Interactive Learning Media in School. Decode:Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 2(1), 27-35.

Mamo, M., & Oka, G. P. A. (2022). Pemanfaatan videoscribe aspek fisik motorik dalam seting belajar dari rumah (bdr) usia 5-6 tahun di tkk st. Paulus waepana. Jurnal IMEDTECH (Instructional Media, Design and Technology), 6(1), 42-55.

Miranti, W., Febriyanti, F., Dewi, K., & Murtopo, A. (2023). Pengaruh Video Animasi Hamid Kid’s Terhadap Kemampuan Mengenal Angka pada Anak Usia 5-6 Tahun di TK Bima Al-Kirana Sekayu. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(6), 7403-7415.

Nini Subini, Rahasia Gaya Belajar Orang Besar (Jogjakarta: Javalitera, 2011), 12

Norma, N., Puji, P., Putriyani, S., & Nurdin, N. (2024). Literature Review: Penggunaan Media Powtoon dalam Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Mata Pelajaran Matematika. Kognitif: Jurnal Riset HOTS Pendidikan Matematika, 4(2).

Nurdini, D. H. (2021). Pembelajaran Berdiferensiasi pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Asaatidzah, 1(2), 124-138.

Oka, G. P. A., & Oje, M. F. (2022). Pemanfaatan videoscribe pemecahan masalah sehari-hari dan berperilaku kreatif dalam setting bdr anak usia 5-6 tahun di tkk fatima soa. Jurnal IMEDTECH (Instructional Media, Design and Technology), 6(1), 62-80.

Pitaloka, H., & Arsanti, M. (2022, December). Pembelajaran diferensiasi dalam kurikulum merdeka. In Seminar Nasional Pendidikan Sultan Agung IV (Vol. 4, No. 1).

Prastowo, Andi. (2012). Panduan Kreatif Mambuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.

Purba Mariati Dkk. (2021). “Naskah Akademik Prinsip Pengembangan Pembelajaran Berdiferensiasi (Differentiated Instruction) Pada Kurikulum Fleksibel Sebagai Wujud Merdeka Belajar”. Pusat Kurikulum dan Pembelajaran, Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Republik Indonesia.

Purnawanto, A. T. (2023). Pembelajaran berdiferensiasi. Jurnal Pedagogy, 16(1), 34-54.

Putri, A. S., Naba, H., & Fitri, R. (2024). Penggunaan media video animasi kartun dalam meningkatkan motorik halus anak usia 5-6 tahun di TK pabatta ummi. INDOPEDIA (Jurnal Inovasi Pembelajaran dan Pendidikan), 2(2), 687-697.

Putri, A. I. V., Kuswandi, D., & Susilaningsih, S. (2020). Pengembangan video edukasi kartun animasi materi siklus air untuk memfasilitasi siswa sekolah dasar. JKTP:Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 3(4), 377-387.

Safitri, S. (2023). Pengembangan Video Pembelajaran Menggunakan Sparkol Videoscribe Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Pada Materi Peluang Kelas VIII SMPN 10 Sungai Kakap (Doctoral dissertation, IKIP PGRI PONTIANAK).

Santoso, G., Supiati, A., & Jamil, M. R. (2023). Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas Vc Dengan Menggunakan Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Tema 5 di SDN Periuk 1. Jurnal Pendidikan Transformatif, 2(4), 183-189.

Sari, A. P. K., & Mawardi, M. (2023). Implementasi model pembelajaran berdiferensiasi dalam meningkatkan keterampilan kolaborasi siswa sekolah dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 4681-4704.

Simanjuntak, A., & Handayani, S. (2023). Pengembangan media video animasi untuk menstimulasi kemampuan membaca permulaan anak usia 4-5 tahun di TK budi murni 2 Medan. Indonesian Journal of Language, Literature, and Education Language, Literature, 1(2), 346-353.

Suryani, D. P., Sulthoni, S., & Susilaningsih, S. (2018). Persepsi Anak Usia Sekolah Dasar terhadap Serial Animasi dalam Mempengaruhi Perkembangan Karakter. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 1(3), 237-242.

Tomlinson, C. A. (2017). How to Differentiate Instruction in Academically Diverse Classrooms. ASCD.

Tomlinson, C. A., & Allan, S. D. (2000). Leadership for Differentiating Schools & Classrooms. ASCD

Tomlinson, C. A., & Imbeau, M. B. (2010). Leading and managing a differentiated classroom. ASCD.

Triana, J., Sismulyasih, N., Putri, A. K., & Ayuningsih, M. T. (2023). Inovasi Media Raih Sukses Mengajar. Cahya Ghani Recovery.

Wardani, R. K., & Syofyan, H. (2018). Pengembangan Video Interaktif pada Pembelajaran IPA Tematik Integratif Materi Peredaran Darah Manusia. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(4), 371381. DOI :https://doi.org/10.23887/jisd.v2i4.16154

Wea, M. M., & Oka, G. P. A. (2022). Pemanfaatan videoscribe berpikir simbolik mengenal benda-benda di di TKK satu atap rutosoro. Jurnal IMEDTECH (Instructional Media, Design and Technology), 6(1), 13-31.

Wormeli, R. (2006). Fair Isn't Always Equal: Assessing & Grading in the Differentiated Classroom. Stenhouse Publishers

Wulandari, A. S. (2022). Literature Review: Pendekatan Berdiferensiasi Solusi Pembelajaran dalam Keberagaman. Jurnal Pendidikan MIPA, 12(3), 682-689.

Yuanta, F. (2020). Pengembangan media video pembelajaran ilmu pengetahuan sosial pada siswa sekolah dasar. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(02), 91-100.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um038v7i32024p161

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Anastasia Putri Cahyo Prabawati, Susilaningsih Susilaningsih, Deka Dyah Utami

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan published by Department of Educational Technology, Faculty of Education, State University of Malang in Collaboration with Asosiasi Program Studi Teknologi Pendidikan Indonesia (APS TPI).

Publisher Address:
Lab. Teknologi Pendidikan, Gd.E2, Lt.1
Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang
Jl. Semarang 5, Kota Malang Email: jktp.fip@um.ac.id

 

========================================================================================================

INDEXED BYTOOLSPLAGIARISM CHECKARTICLE TEMPLATE

 

 

 

 

Creative Commons License
JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JKTP Statistics (Since July 13th, 2020)

View My Stats