Analisis Keterlibatan Mahasiswa Dalam Pembelajaran Berbasis Proyek
Abstract
Abstrak
Keterlibatan mahasiswa dalam proses pembelajaran merupakan suatu hal penting yang dapat berdampak besar untuk keberhasilan dan keefektifan pembelajaran. Model yang pembelajaran yang dapat digunakan adalah pembelajaran berbasis proyek yang dapat dilakukan secara kolaboratif dengan membuat proyek yang sesuai dengan tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat keterlibatan mahasiswa dalam pembelajaran berbasis proyek berdasarkan 3 aspek dengan masing-masing indikator. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif. Data penelitian diperoleh dari kuesioner angket yang disebar kepada mahasiswa S1 Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Malang angkatan 2022 dan 2023. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat keterlibatan mahasiswa sebagian besar mahasiswa berada dalam kategori sedang pada ketiga aspek keterlibatan (aspek kognitif, aspek perilaku, dan aspek emosional). Pada aspek kognitif mahasiswa memberikan usahanya untuk memahami materi dan penguasaan keterampilan, pada aspek perilaku mahasiswa menunjukkan perilaku positif seperti memperhatikan dan berdiskusi, pada aspek emosional mahasiswa menunjukkan perasaan minat, senang, sedih, dan cemas saat pembelajaran maupun proses pengerjaan proyek.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alisha, W. P., Sofya, R., Sudjatmoko, A., & Ritonga, M. (2022). Analysis of Student Learning Engagement in Project-Based Learning. Eighth Padang International Conference On Economics Education, Economics, Business and Management, Accounting and Entrepreneurship (PICEEBA-8 2021), 629–636.
Anggarani, F., & Hidayat, B. (2022). Pengaruh penggunaan model project based learning (pbl) terhadap keterampilan metakognitif dalam pembelajaran sejarah siswa kelas x farmasi. SwarnaDwipa, 3(3), 128-143.
Appleton, J. J., Christenson, S. L., & Furlong, M. J. (2008). Student engagement with school: Critical conceptual and methodological issues of the construct. Psychology in the Schools, 45(5), 369–386.
Ariyanti, I., Fikrie, F., & Hariyono, D. S. (2022). Students’ Engagement dalam Proses Pembelajaran Daring Melalui Lesson Study pada Mata Kuliah Kalkulus Integral. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 824-836.
Artha, D. J., Febriyana, M., & Sitompul, D. N. (2023). Eksperimentasi Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Keterampilan Menulis Teks Berita Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Inggris. Pionir: Jurnal Pendidikan, 11(3).
Asri, D. N., Setyosari, P., Hitipeuw, I., & Chusniyah, T. (2017). The influence of project-based learning strategy and self-regulated learning on academic procrastination of junior high school students’ mathematics learning. American Journal of Educational Research, 5(1), 88-96.
Azman, M., Soepriyanto, Y., & Degeng, M. (2023). Pengembangan Pembelajaran Gamifikasi Berbasis Proyek Software Multimedia Interaktif. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 6(4), 198-209. doi:http://dx.doi.org/10.17977/um038v6i42023p198
Azwar, S. (2015). Penyusunan Skala Psikologi Edisi Revisi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Fredricks, J. A., Blumenfeld, P. C., & Paris, A. H. (2004). School engagement: Potential of the concept, state of the evidence. Review of Educational Research, 74(1), 59–109.
Fredricks, J. A., Reschly, A. L., & Christenson, S. L. (2019). Interventions for student engagement: Overview and state of the field. Handbook of Student Engagement Interventions, 1–11.
Ginanjar, H., Septiana, T., Ginanjar, D., & Agustin, S. (2021). Keberhasilan Implementasi Pembelajaran Berbasis Proyek: Faktor-faktor Kunci dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2).
Guthrie, J. T., & Davis, M. H. (2003). Motivating struggling readers in middle school through an engagement model of classroom practice. Reading & writing quarterly, 19(1), 59-85.
Johnson, C. S., & Delawsky, S. (2013). Project-based learning and student engagement. Academic Research International, 4(4), 560.
Kuh, G. D. (2009). What student affairs professionals need to know about student engagement. Journal of College Student Development, 50(6), 683–706.
Khuluq, K., Kuswandi, D., & Soepriyanto, Y. (2023). Project-Based Learning dengan Pendekatan Gamifikasi: Untuk Pembelajaran yang Menarik dan Efektif. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 6(2), 072-083. doi:http://dx.doi.org/10.17977/um038v6i22023p072
Kuswandi, D., Surahman, E., Thaariq, Z. Z. A., & Muthmainnah, M. (2018). K-Means clustering of student perceptions on project-based learning model application. 2018 4th International Conference on Education and Technology (ICET), 9–12.
Kuswandi, D., Kurniawan, C,. Aulia. F., Wedi, A., Hutkemri, Z, M. Zidni. (2021) Development curriculum e-learning: Student engagement and student readiness perspective. Proceding 7th International Conference on Education and Technology (ICET). IEEE
Maroco, J., Maroco, A. L., Campos, J. A. D. B., & Fredricks, J. A. (2016). University student’s engagement: development of the University Student Engagement Inventory (USEI). Psicologia: Reflexão e Crítica, 29.
Masruroh, S., Tahmir, S., & Djaman, N. Effectiveness Of Cooperative Model Of Learning Togheter Type By Giving Project Assignment In Mathematics Learning To Grade VIII Students At SMPN 2 MAPPEDECENG.
Prianto, A. (2023, October). Keterlibatan mahasiswa dalam pembelajaran berbasis MBKM dalam memperkuat kecakapan kerja utama. In Prosiding Conference on Research and Community Services (Vol. 5, No. 1, pp. 1-18).
Rahayu, A., Auzar, .., & Elmustian, .. (2024). Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran Menulis Teks Prosedur Berbasis Proyek Bermuatan Budaya Melayu Riau. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 7(2), 088-097. doi:http://dx.doi.org/10.17977/um038v7i22024p088
Setiawan, L., Wardani, N. S., & Permana, T. I. (2021). Peningkatan kreativitas siswa pada pembelajaran tematik menggunakan pendekatan project based learning. Jurnal Basicedu, 5(4), 1879-1887.
Sugiyono, D. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D.
Sukandari, B. (2013). Assessment in Project Based Learning.
Sukmawati, F., Setyosari, P., Sulton, S., & Purnomo, P. (2019). The effect of project-based collaborative learning and social skills on learning outcomes in biology learning. Journal for the Education of Gifted Young Scientists, 7(4), 1325-1344.
Surahman, E., Kuswandi, D., & Wedi, A. (2019). Students’ Perception of Project-Based Learning Model in Blended Learning Mode Using Sipejar. International Conference on Education Technology (ICoET 2019), 183–188.
Suryadin, T. (2022). Motivasi Belajar Siswa Dan Keterlibatan Siswa Dalam Pembelajaran Daring Pendidikan Jasmani. JOURNAL RESPECS (Research Physical Education and Sports), 4(1), 33-39.
Trowler, V. (2010). Student engagement literature review. The Higher Education Academy, 11(1), 1–15.
Yunus, M., Setyosari, P., Utaya, S., & Kuswandi, D. (2021). The Influence of Online Project Collaborative Learning and Achievement Motivation on Problem-Solving Ability. European Journal of Educational Research, 10(2), 813-823.
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um038v7i32024p172
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Mustika Khurotul Farida, Punaji Setyosari, Fikri Aulia
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan published by Department of Educational Technology, Faculty of Education, State University of Malang in Collaboration with Asosiasi Program Studi Teknologi Pendidikan Indonesia (APS TPI).
Publisher Address:
Lab. Teknologi Pendidikan, Gd.E2, Lt.1
Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang
Jl. Semarang 5, Kota Malang Email: jktp.fip@um.ac.id
========================================================================================================
INDEXED BY | TOOLS | PLAGIARISM CHECK | ARTICLE TEMPLATE |
|
JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
JKTP Statistics (Since July 13th, 2020)