PENGEMBANGAN MULTIMEDIA TUTORIAL MATA PELAJARAN IPA POKOK BAHASAN SISTEM TATA SURYA KELAS VII MTS RAUDLATUL ULUM KARANGPLOSO

Shinta Kusuma Wardani, Punaji Setyosari, Arafah Husna

Abstract


Media interaktif model tutorial sangat dibutuhkan untuk meningkatkan efektifitas pembelajaran materi sistem tata surya. Multimedia tutorial adalah media pembelajaran yang  peserta didik nya dapat berinteraksi dengan komputer hal tersebut memungkinkan peserta didik untuk berlajar secara mandiri, dengan adanya kemandirian belajar tersebut peserta didik akan mendapati proses belajar yang lebih bermakna dibandingkan dengan pembelajaran di kelas yang selama ini berlangsung secara konveksional.Tujuan dari penelitian ini untuk mengembangakan media pembelajaran yang valid dan dapat membantu guru dalam pembelajaran di kelas. Selain itu, multimedia tutorial ini memiliki keistimewaan yang dapat digunakan untuk belajar mandiri  sehingga peserta didk megalami belajar secara langsung dalam proses belajar mengajar di kelas. Metode penelitian ini menggunakan Multimedia-Based Instructional Design, model pengembangan dari Lee Owens. Setelah melakukan validasi terhadap Ahli Materi didapatkan hasil 90,3% dan hasil dari Ahli Media 90,4% media tutorial tersebut layak untuk digunakan dalam pembelajaran. Uji coba dilakukan dalam uji kelompok kecil dan uji kelompok besar yang hasilnya dikatakan valid dan layak digunakan. Multimedia tutorial yang di kembangkan diharapkan mampu mengatasi pembelajaran di kelas yang selama ini terkesan konvensional yang hanya terpaku pada guru, keterbatasan media tutorial yaitu berformat .exe yang hanya bisa digunakan di komputer


Full Text:

PDF

References


Baddeley, A. 2010. Working Memory. Current Biology, (Online), 20 (4): 136-140 (http://www.sciencedirect.com/science/article/piiS0960982209021332)

Gunawan. 2014. Penggunaan Multimedia Interaktif dalam Pembelajaran Fisika dan Implikasinya pada Penguasaan Konsep Mahasiswa. Jurnal Pijar MIPA, Vol. IX No.1, hal: 15 - 19.

Hamadin. 2015. Pengembangan Media Interaktif Berbasis TIK dengan Pendekatan Saintifik. Jurnal Pembelajaran Fisika Vol. 3 No. 2.

Harianingtias, Dita. 2013. Pengembangan Multimedia Interaktif Tutorial Menggunakan Pendekatan Kontekstual. Jurnal Pembelajaran Fisika Vol. 1 No. 6.

Jumasa, Muhammad Ahmad & Surjono, Herman Dwi. (2016). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Bahasa Inggris untuk Pembelajaran Teks Recount di MTsN II Yogyakarta. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan Vol 3 (1). 25-39.

Mawarni, Sella & Muhtadi, Ali. (2017). Pengembangan Digital Book Interaktif Mata Kuliah Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Untuk Mahasiswa Teknologi Pendidikan. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan Vol 4 (1). 84-96

Nandi. (2006) Penggunaan Multimedia Interaktif Dalam Pembelajaran Geografi Di Persekolahan. Jurnal “GEA” Jurusan Pendidikan Geografi Vol 6(1), April 2006

Rosyida, S. (2017, Februari). Multimedia Interaktif sebagai Media Pembelajaran tentang Pengenalan Vitamin yang Terkandung di Dalam Buah. Jurnal Teknik Informatika STMIK Antar Bangsa, 3, 17-23.

Setyosari Punaji.2017. Metode Penelitian dan Pendidikan. Jakarta: Kencana

Sularno. 2012. Pengembangan Multimedia Interaktif pada Materi Fluida Statis SMA. Skripsi. Bandar Lampung: Unila

Paivon, A. 2006. Dual coding theory and education. Michigan: The University of Michigan School of Education.

Prayoga, G. S., Sudarma, I. K., & Tegeh, I. M. (2016). Pengembangan Multimedia Interaktif Model Tutorial Pada Mata Pelajaran PKN Kelas VIII Semester Genap Di SMP Negeri 6 SingaRaja Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal Teknologi Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha, 5(2).

Lee, William W. & Owens, Diana L. 2004. Multimedia-Based Instructional Design. San Francisco: Pfeiffer.

Viana, D., S. 2013. Pengembangan Multimedia Interektif Model Tutorial. Jurnal Pembelajaran Fisika Vol. 1 No. 2

Delianti, V., I. 2018. Perancangan Dan Implementasi Multimedia Interaktif Dengan Metode Exploratory Tutorial Mata Pelajaran Teknologi Informasi Dan Komunikasi. Jurnal Teknologi Informasi & Pendidikan. Vol. 11 No. 1

Warnadi. 2010. Penerapan media pembelajaran Tutorial Adobe Capteivate dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI Pada Pokok Bahasan Sel di SMA Negeri 5 Kota Cirebon (Skripsi). Cirebon: IAIN Syekh Nurjati




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um038v2i12019p023

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Shinta Kusuma Wardani, punaji setyosari punaji setyosari, arafah husna arafah husna

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan published by Department of Educational Technology, Faculty of Education, State University of Malang in Collaboration with Asosiasi Program Studi Teknologi Pendidikan Indonesia (APS TPI).

Publisher Address:
Lab. Teknologi Pendidikan, Gd.E2, Lt.1
Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang
Jl. Semarang 5, Kota Malang Email: jktp.fip@um.ac.id

 

========================================================================================================

INDEXED BYTOOLSPLAGIARISM CHECKARTICLE TEMPLATE

 

 

 

 

Creative Commons License
JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JKTP Statistics (Since July 13th, 2020)

View My Stats