KONSEP PEMBELAJARAN TRINGO PADA MATA KULIAH MODEL PENGEMBANGAN KURIKULUM
Abstract
Penelitian ini mengkaji tentang hubungan yang signifikan antara kemampuan berpikir tingkat tinggi dengan konsep pembelajaran TRINGO (Ngerti, Ngerasa, Ngelakoni) yang diimplementasikan pada mata kuliah model pengembangan kurikulum. Masalah yang dikaji adalah kemampuan berpikir tingkat tinggi seharusnya dimiliki oleh mahasiswa sehingga peran mahaiswa dapat dilakukan secara maksimal dan bermanfaat untuk lingkungan. Penelitian ini menggunakan penelitian expost facto. Variabel bebas pada penelitian ini adalah kemampuan berpikir tingkat tinggi sedangkan variabel terikat pada penelitian ini adalah Konsep pembelajaran TRINGO. Sasaran dari penelitian ini adalah mahasiswa jurusan Teknoogi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang angkatan 2016 yang mengikuti mata kuliah model pengembangan kurikulum atau mahasiswa yang mengambil peminatan konsentrasi kurikulum. Hasil penelitian ini adalah terdapat hubungan yang kuat antara variabel bebas dan variabel terikat.Hal ini terbukti dengan hasil pengolahan data yang menunjukkan nilai 0,076. Nilai tersebutditafsirkan terhadap koefisien korelasikuat. Hubungan yang dimaksud adalah pada proses pembelajaran, pemberian tugas dan hasil yang dicapai dalam proses perkuliahan. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi rujukan dan dapat dikembangkan oleh peneliti lain yang berkaitan dengan Konsep pembelajaran TRINGO.
Full Text:
PDFReferences
Amalia, Yuli. 2015. Penerapan-Model-Elicivities-untuk-Meningkatkan-Kemampuan-Berpikir-Kreatif-dan-Self-Confidience-Siswa-Sekolah-Menengah-Atas. Jurnal Didaktik Matematika, 2 (2): 1-11
Anderson, L. W. 2001. A taxonomy for learning, teaching, and assessing: A revition of Bloom’s taxonomy of educational objectives, bridged edition. White Plains. NY: Longman
Budiman, Agus&Jailani. 2014. Pengembangan-Instrumen-Asesmen-Higher-Order-Thinking-Skills-pada-Mata-Pelajaran-Matematia-Sekolah-Menengah-Pertama. 1(2): 1-13
Chinedu, Kamin,Y. 2015. Strategies-for-Improving-Higher-Order-Thinking-Skills-in-Teaching and-Learning-of-Design-and-Technology-Education. Journal of Technical Education and Training, 7 (2). 35-43
Ekasari, R., Gunawan, Sahidu,H. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Langsung Berbantuan Media Laboratorium Terhadp Kreatifitas Fisika Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi 2(3), 106-110
Erfan, Muhammad,Tursina Ratu. 2018. Pencapaian HOTS Mahasiswa Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Samawa. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknolgi 4 (2): 209
Estiyono,edi., Mardapi, djemari., Suparno. 2014.Pengembangan Tes Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Fisika. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan 18(1): 1-12
Fakhriyah, F. 2014. Penerapan-Problem-Based-Learning-Dalam-Upaya-Mengembangkan- Kemampuan-Berpikir-Kritis-Mahasiswa. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia
Istiyono, Edi. 2014. Pengembangan-Tes-Kemampuan-Berpikir-Tingkat-Tinggi-Fisika-Sekolah-Menengah-Atas. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan. 14(1): 1-14
Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas). 2018. Jumlah Penduduk Indonesia 2019 Mencapai 267 Juta Jiwa.diposting 4 Januari 2019: Katadata.co.id
Kuswandi, Dedi. 2018. Pengembangan Adaptive Learning Analytics Management System(Alams) Berbasis Synchronous Dan Asynchronous Learning Dan Berlandaskan Konsep Belajar Tringo (Ngerti, Ngrasa, Ngelakoni) Dari Ki Hadjar Dewantara Untuk Membangun Smart Online Learning Environment (Sole) Di Jurusan Teknologi Pendidikan. Malang:Inobel
Lewis,A, Smith,D. 1993. Defining-Higher-Order-Thinking: Theory-into-Pratice. Journal of Colloge of Education, 131-137
Manfaat, Budi, Siti Nurhairiyah. 2013. Pengembangan-Instrumen-Tes-Untuk-Mengukur- Kemampuan-Penalaran Statistik Mahasiswa Matematika. Jurnal Jurusan Pendidikan Matematika. 2(2): 1-19
Musanna, Al. 2017. Indegenisasi-Pendidikan:Resionalisasi-Revitalisasi-Praksis-Pendidikan Ki-Hadjar-Dewantara.Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan 2(1): 117-133
Nofiana, Mufida. 2014. Pengembangan-Instrumen-Evaluasi Two-Tier Multiple Choice Question-Mengukur-Kemampuan-Berpikir-Tingkat-Tinggi. Jurnal Inkuiri, 3(2): 1-15
Nugroho, R. Arifin. 2018. HOTS (Higher Order Thinking Skills). Jakarta:PT Gramedia Widiasarana Indonesia
Nursalam. 2016. Diagnostik-Kesulitan-Belajar-Matematika-Sasaran-Siswa-SD-di-Makassar. Jurnal Lentera Pendidikan vol 19 (1): 1-15
Ramos, Jennifer. 2013. Higher-Order-Thinking-Skills-and-Academic-Performance-in-Physics -of-College-Students. International Journal of Interdisciplinary, 1 (4), 48-60
Rofiah, Emi. 3013. Penyusunan-Instrumen-Tes-Kemampuan-Berpikir-Tingkat-Tinggi Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika. 1(2):1-6
Saido, Gulistan. 2015. Higher-Order-Thinking-Skills-Among-Secondary-School-in-Science Learting. Journal of Education Science, 3(3): 13-20
Shukla, Divya. 2016. Student’s-Perceived-Level-and-Teaching-Strategies-of-Higher-Order-Thinking-Skills: A -Study on-Higher-Education-Institutions-in-Thailand. Journal of Education and Practice, 7(2): 211-2019
Sugiyono .2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R&D. Bandung: Alfabeta
Sudarman. 2007.Problem-Based-Learning: Model-Pembelajaran-untuk-Mengembangkan-dan Meningkatkan-Kemampuan-Memecahkan-Masalah. Jurnal Pendidikan Inovatif 2 (2): 68-73
Wahyudi. 2015. Analisis Hasil Belajar Mahasiswa Pada Pokok Bahasan Hukum Ohn dan Kirchoff dalam Matakuliah Elektronika DasarI. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 1 (2), 129-135
Walker, Andrew & Heather Leary. 2009. A Problem Based Learning Meta Analysis: Differences Across Problem Types, Implementation Types, Disciplines, and Assessment Levels. The Inter¬disciplinary Journal of Problem-based Learning. 3 (1). 12-43
Widarto. 2013. Penelitian Ex Post Facto. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um038v2i22019p090
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Risma Chulashotud Diana

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan published by Department of Educational Technology, Faculty of Education, State University of Malang in Collaboration with Asosiasi Program Studi Teknologi Pendidikan Indonesia (APS TPI).
Publisher Address:
Lab. Teknologi Pendidikan, Gd.E2, Lt.1
Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang
Jl. Semarang 5, Kota Malang Email: jktp.fip@um.ac.id
========================================================================================================
INDEXED BY | TOOLS | PLAGIARISM CHECK | ARTICLE TEMPLATE |
|
JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
JKTP Statistics (Since July 13th, 2020)