PENGARUH MULTIMEDIA TUTORIAL TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA

Rizka Ditta Anggraeni, Sulton Sulton, Sulthoni Sulthoni

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh multimedia tutorial terhadap hasil belajar siswa. Peneliti membandingkan hasil belajar dari dua kelompok yang berbeda. Populasi penelitian ini adalah siswa SMKN 4 Malang kelas X. Sedangkan kelompok yang dibandingkan adalah kelompok eksperimen  (kelas X Mekatronika) dan kelompok kontrol (kelas X TKJ). Penelitian ini bersifat kuantitatif eksperimental. Data tersebut lalu dianalisis menggunakan SPSS 20.0. Hasil analisis uji independent sample test nilai menunjukkan Persis sig. (2-tailed) 0,000 <0,05. Hal ini membuktikan rata-rata peringkat kelompok eksperimen secara signifikan melebihi peringkat rata-rata kelompok kontrol  mata pelajaran Bahasa Indonesia. Sehingga dapat dikatakan, hasil belajar Bahasa Indonesia siswa yang menggunakan multimedia tutorial lebih baik daripada hasil belajar Bahasa Indonesia siswa yang tidak menggunakan multimedia tutorial. Simpulan hasil penelitian yaitu: 1) Nilai rata-rata kelompok eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan nilai rata-rata kelompok kontrol, 2) Terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara siswa yang menggunakan multimedia tutorial dengan siswa yang tidak menggunakan multimedia tutorial. 

Full Text:

PDF

References


Alwi, S. (2017). Problematika Guru Dalam Pengembangan. Itqan, 146-147.

Asyari, M. H. (2018). Pengaruh Minat dan Kebiasaan Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa SMA Se-Kota Stabat. Jurnal Biolokus, 109.

Azwar, S. (2012). Reliabilitas dan Validitas. Yogyakarta: Putaka Pelajar.

Gunawan. (2014). Penggunaan Multimedia Interaktif Dalam Pembelajaran Fisika Dan Implikasinya Pada Penguasaan Konsep Mahasiswa. Jurnal Pijar, 15 - 19.

Jamaludin. (2015). Pembelajaran Perpsektif Islam. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Ofset.

Khoerunisa, M. (2014). Pembelajaran Bioteknologi Berbasis Multimedia Tutorial Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas Ix Di Smpn 8 Kota Cirebon. Jurnal Pendidikan Sains.

Kurnia, U. (2015). Pengaruh Fasilitas Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Pemasaran Siswa Smk Negeri 1 Pontianak. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 2.

Mayer, R. E. (2009). Multimedia Learning Prinsip-prinsip Dan Aplikasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Nanang. (2017). Pengaruh Pembelajaran Tutorial Berbasis Multimedia Interaktif Terhadap Peningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Statistika. Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran, 190-191.

Novalinda, E. (2017). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Akuntansi Siswa Kelas X Jurusan Akuntansi Semester Ganjil Smk Pgri 5 Jembertahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 115.

Priana, R. Y. (2017). Pemanfaatan Vlog Sebagai Media Pembelajaran. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 1-2.

Rasyanda, A. (2012). Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Gaung persada pers.

Rudiawan, D. (2015). Pengaruh Multimedia Model Tutorial Terhadap Hasil Belajar Gambar 3 Dimensi Siswa Smk. Jurnal Pendidikan.

Rusmiyati, I. (2014). Penggunaan Multimedia Dalam Pembelajaran Bahasa Sastra. Jurnal Pendididkan dan Teknologi Pembelajaran, 171 – 184.

Suprijono, A. (2009). Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Wicaksono, D. S. (2013). Media Pembelajaran Fisika Interaktiv Bahasan Kapasitor Berbasis Flash Dan Xml. Journal Speed – Sentra Penelitian Engineering dan Edukasi, 47-48.

Yuliana. (2015). pengaruh pembelajaran berbasis komputer. JURNAL PROFIT, 53-54.

Zuhriyah, S. (2016). Pemanfaatan Media Dalam Peningkatan Kualitas Pembelajaran. Prosiding Temu Ilmiah Nasional Guru, 522.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um038v2i22019p096

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Rizka Ditta Anggraeni, Sulton Sulton, Sulthoni Sulthoni

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan published by Department of Educational Technology, Faculty of Education, State University of Malang in Collaboration with Asosiasi Program Studi Teknologi Pendidikan Indonesia (APS TPI).

Publisher Address:
Lab. Teknologi Pendidikan, Gd.E2, Lt.1
Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang
Jl. Semarang 5, Kota Malang Email: jktp.fip@um.ac.id

 

========================================================================================================

INDEXED BYTOOLSPLAGIARISM CHECKARTICLE TEMPLATE

 

 

 

 

Creative Commons License
JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JKTP Statistics (Since July 13th, 2020)

View My Stats