Pengembangan Multimedia Interaktif Mobile Learning Berbasis Anrdroid Aksara Jawa Kelas X SMK Negeri 5 Malang

Tommy Rahardjo, I Nyoman Sudana Degeng, Yerry Soepriyanto

Abstract


Dalam penggunan teknologi terhadap dunia pendidikan secara maksimal dibutuhkan media pembelajaran berupa aplikasi Mobile Learning berbasis Android. Aplikasi tersebut berisikan mengenai pengertian dari materi Aksara Jawa ialah aksara murda, aksara swara, dan aksara rekan. Tujuan pengembang untuk membuat aplikasi Mobile Learning berbasis Android ini adalah agar dapat membantu siswa dalam pembelajaran serta memanfaatkan smartphone sebagai sarana pendidikan. Pengembang menggunakan jenis Multimedia Interaktif Tutorial dan model pengembangan dari Lee & Owens. Dalam menguijkan validasi Ahli Media dan Ahli Materi dengan nilai rata-rata Ahli Media 96.3% dan Ahli Materi 95% dan telah ditanyakan valid dan layak untuk digunakan. Subjek penelitian dalam melakukan validasi mengambil sampel dari kelas multimedia kelas X yang berjumlah 33 siswa. Hasil yang telah diuji cobakan menunjukkan bahwa siswa yang telah menggunakan aplikasi sebanyak 25 siswa yang mencapai KKM sehingga aplikasi cukup efektif saat digunakan dalam pembelajaran.

 

Abstract

In the maximum use of technology in the world of education, a learning media is needed in the form of an Android-based Mobile Learning application. The application contains the understanding of the material Javanese type is murda type, swara type, and rekan type. The goal of the developer to create this Android-based Mobile Learning application is to be able to assist students in learning and utilize smartphones as an educational tool. Developers use the Interactive Multimedia Tutorial type and the development model from Lee & Owens. In evaluating the validation of Media Expert and Material Expert with an average value of Media Expert 96.3% and Material Expert 95% and has been asked to be valid and appropriate to use. The research subjects in conducting validation took samples from the multimedia class X class of 33 students. The results that have been tested show that students who have used the application as many as 25 students who reach KKM so that the application is quite effective when used in learning.

Keywords


Multimedia Interaktif; Mobile Learning; Tutorial; Aksara Jawa

Full Text:

PDF

References


Alessi S. M. , Trollip S. R. (2001). Multimedia for Learning: Methods and Development. Massachusetts: A Pearson Education.

Ally, M., & Prieto-Blázquez, J. (2014). What is the future of mobile learning in education?. International Journal of Educational Technology in Higher Education, 11(1), 142-151. Retrieved from https://link.springer.com/article/10.7238/rusc.v11i1.2033

Arikunto, S. 2009. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik (Edisi Revisi Kedua). Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Darmawan, D. (2011). Teknologi Pembelajaran. PT Remaja Rosdakarya.

Hamalik, Oemar. (2003). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Hardiati, Endang Sri. 2002. Pameran Perkembangan Aksara di Indonesia. Jakarta: Museum Nasional.

Haryoko, T., & Purnama, B. E. (2013). Pembuatan Media Pembelajaran Aksara Jawa Pada Sekolah Dasar Negeri 2 Gunan Wonogiri Kelas Vi. Publikasi Nasional. 1(1), 59-65. Retrieved from http://bep.ejurnal.net/index.php/nas/article/view/88

Keengwe, J., & Bhargava, M. (2014). Mobile learning and integration of mobile technologies in education. Education and Information Technologies, 19(4), 737-746. Retrieved from https://link.springer.com/article/10.1007/s10639-013-9250-3

Kusuma, E. A. (2015). Pengembangan Media Sinau Maca Aksara Jawa (Si Marja) dalam Mata Pelajaran Bahasa Jawa Kelas IV SD N Keputran A Yogyakarta. BASIC EDUCATION, 4(9), 1-8. Retrieved from http://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pgsd/article/view/531

Lee, W. W., & Owens, D. L. (2004). Multimedia -Based Instructional Design. San Fransisco: Pfeiffer.

Maulana, L. M. L. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Mobile Learning dengan Platform Android Materi Keselamatan Kesehatan Kerja dan Lingkungan Hidup (K3LH) Pada Program Studi Ketenagalistrikan untuk Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Pendidikan Teknik Mekatronika, 7(2). Retrieved from http://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/mekatronika/article/view/6870

Poedjosoedarmo, S. (2017). Language Propriety in Javanese. Journal of Language and Literature, 17(1), 1-9. Retrieved from http://e-journal.usd.ac.id/index.php/JOLL/article/view/579

Saddhono, K., & Rohmadi, M. (2014). A Sociolinguistics Study on the Use of the Javanese Language in the Learning Process in Primary Schools in Surakarta, Central Java, Indonesia. International Education Studies, 7(6), 25-30. Retrieved from https://eric.ed.gov/?id=EJ1070067

Sukendro, D. P., & Susanti, T. W. (2013). Wiyata Basa kanggo SMA/SMK/MA kelas X. Surabaya: Duta.

Supriyono, H., Nur Saputra, A., Sudarmilah, E., & Darsono, R. (2014). Rancang bangun aplikasi pembelajaran hadis untuk perangkat mobile berbasis Android. Jurnal Informatika (JIFO), 8(2), 907-920. Retrieved from http://eprints.binadarma.ac.id/2273/

Supriyono, H., Sudarmilah, E., Fadlilah, U., Rahayu, E. T., & Purwohartono, A. (2015). Rancang bangun media pembelajaran bahasa dan huruf jawa berbasis adobe flash cs6. 1-9. Retrieved from https://publikasiilmiah.ums.ac.id/handle/11617/6851

Supriyono, H., Rahmadzani, R. F., Adhantoro, M., & Susilo, A. K. (2016). Rancang bangun media pembelajaran dan game edukatif pengenalan aksara jawa “pandawa”, 1-12. Retrieved from https://publikasiilmiah.ums.ac.id/xmlui/handle/11617/7726

Surahman, E., & Surjono, H. D. (2017). Pengembangan adaptive mobile learning pada mata pelajaran biologi SMA sebagai upaya mendukung proses blended learning. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 4(1), 26-37. Retrieved from https://journal.uny.ac.id/index.php/jitp/article/view/9723

Surahman, E. (2019). Integrated mobile learning system (imoles) sebagai upaya mewujudkan masyarakat pebelajar unggul era digital. Jinotep (Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran) Kajian dan Riset dalam Teknologi Pembelajaran, 5(2), 50-56. Retrieved from http://journal2.um.ac.id/index.php/jinotep/article/view/6905




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um038v2i32019p195

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Tommy Rahardjo, I Nyoman Sudana Degeng, Yerry Soepriyanto

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan published by Department of Educational Technology, Faculty of Education, State University of Malang in Collaboration with Asosiasi Program Studi Teknologi Pendidikan Indonesia (APS TPI).

Publisher Address:
Lab. Teknologi Pendidikan, Gd.E2, Lt.1
Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang
Jl. Semarang 5, Kota Malang Email: jktp.fip@um.ac.id

 

========================================================================================================

INDEXED BYTOOLSPLAGIARISM CHECKARTICLE TEMPLATE

 

 

 

 

Creative Commons License
JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JKTP Statistics (Since July 13th, 2020)

View My Stats