PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR PKN SISWA

Agustin Husnul Khotimah, Dedi Kuswandi, Sulthoni Sulthoni

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar PKn. Model pembelajaran ini diterapkan pada siswa SMP kelas 8 pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan materi Komitmen Kebangsaan di SMP Islam Karangploso. Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen. Desain eksperimen yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain eksperimen sederhana (Posttest Only Control Group Design) Penelitian kuantitatif adalah suatu penelitian yang pada dasarnya menggunakan pendekatan deduktif-induktif. Dengan pengumpulan data dilakukan dengan membagi kelas 2 kelompok yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen. Dari masing masing kelas diberikan test berupa posttest yakni tes yang diberikan setelah mendapatkan perlakuan. Dua kelas tersebut diberikan perlakuan yang berbeda untuk model pembelajarannya. Kelas ekperimen diberi perlakuan menggunakan model Problem Based Learning, sedangkan kelas kontrol tidak. Berdasarkan hasil pengolahan data, dapat disimpulkan menggunakan model Problem based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari hasil perhitungan post test, masing masing kelas eksperimen 80,00 sedangkan kelas kontrol 69,39.


Full Text:

PDF

References


Ahyar. 2017. Implementasi mdel pembelajaran Problem Based Learning pada mata pelajaran pendidikan pancasila dan kewarganegaraan (PPKN). Jurnal Inovasi Teknologi Pembelajaran. 74-80

Budimansyah, D dan Sapriya. 2012. Dimensi-Dimensi Praktik Pendidikan Karakter.Bandung: Program Studi Pendidikan Kewarganegaraan SPS UPI Bandung.

Dharma, Siregar, Surya dan Rosnah. 2015. Membangun Pengalaman Belajar Kewarganegaraan melalui Model Pembelajaran Project citizen pada Siswa. Jurnal Pendidikan Ilmu Ilmu Sosial.

Dianti, Puspa. 2014. Integrasi Pendidikan Karakter dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan untuk mengembangkan karakter siswa. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial.

Farenta, Arvi Sekar. 2016. Pengembangan E-Module Berbasis Problem Based Learning Mata Pelajaran Kimia untuk Siswa Kelas X SMA Negeri 8 Malang..Jurnal Pendidikan: teori, penelitian, dan pengembangan. 1159-1168.

Hardiyanti. 2017. Keefektifan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Ketrampilan proses Sains Siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia. 1862-1671.

Kartikasari, ika, M. Rusdi, dan Rayandra Asyhar. 2016. Konstruksi dan Validasi Model Desain Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Mengembangkan Kreativitas Siswa. Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam.

Lerstari, Sri. 2012. Pengaruh model pembeajaran berbasis masalah (Problem Based Learning ) dan Motivasi belajar terhadap prestasi belajar fisikabagi siswa kelas VII SMP. Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia.

Mariani, S.W. 2014 The Effectiveness of Learning by Problem Based Learning Assisted Mathematics Pop Up Book Againts The Spatial Ability in Grade VIII on Geometry Subject Matter. International Journal of Education and Research.Vol. 2. No. 8. Hal. 531-532.

Redhana, I.W . 2013. Model pembelajaran berbasis masalah untuk peningkatan keterampilan pemecahan masalah dan berpikir kritis. Jurnal pendidikan dan pengajaran.

Rusman. 2011. Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakara: Raja Grafindo Permai.

Setiawati, H.D. 2018. Pengaruh Kahoot Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI di SMAN 1 Blitar. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan

Setyosari, Punaji.2015. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan Edisi ke Empat.Jakarta: Prenadamedia Group.

Sudjana, Nana. 2004. Penilaian hasil proses belajar mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sumartini, T.S. 2016. Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Pendidikan Matematika

Yohan, Antonious. 2019. The influence the Problem Based Learning and Attitudes Towards Learning Outcomes for Mathematics. Journal of Edcomtech . Vol.4. No.1. Hal 1, 1-7

Wijayanti, Restu. 2017. Peningkatan Prestasi Belajar PKn Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning . BasicEeducation. 3227-3236

Winataputra, U.S dan Dasim Budimansyah. 2007.Civic Education: Konteks, Landasan, Bahan Ajar dan Kultur Kelas. Bandung: Prodi PKn SPS UPI




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um038v2i22019p158

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Agustin Husnul Khotimah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan published by Department of Educational Technology, Faculty of Education, State University of Malang in Collaboration with Asosiasi Program Studi Teknologi Pendidikan Indonesia (APS TPI).

Publisher Address:
Lab. Teknologi Pendidikan, Gd.E2, Lt.1
Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang
Jl. Semarang 5, Kota Malang Email: jktp.fip@um.ac.id

 

========================================================================================================

INDEXED BYTOOLSPLAGIARISM CHECKARTICLE TEMPLATE

 

 

 

 

Creative Commons License
JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JKTP Statistics (Since July 13th, 2020)

View My Stats