Pengembangan Media Video Pengoperasian Kamera DSLR Sebagai Suplemen Mata Pelajaran Di Jurusan Multimedia

Aldian Boby Mulyono, Zainul Abidin, Arafah Husna

Abstract


Media Video  merupakan salah satu bagian dari jenis-jenis media pembelajaran. Media video ini memiliki kelebihan dalam penyampaian isi konten/materi pembelajaran. Dalam penyampaian materi, media video membuat pembelajaran tersebut menjadi lebih menraik dan menjadikan hasil belajar lebih baik. Tujuan penelitian ini menghasilkan Menghasilkan media pembelajaran berupa media video pada pelajaran desain grafis percetakan tentang pengoperasian bagian-bagian kamera DSLR pada kelas XI jurusan Multimedia SMK Negeri 1 Lamongan. Saat menggunakan media video pada pelajaran desain grafis percetakan tentang pengoperasian bagian-bagian kamera DSLR untuk kelas XI Multimedia SMK Negeri 1 Lamongan menjadi lebih baik ). Berdasarkan hasil validasi, media video dapat dikatakan valid dalam penggunaannya sebagai media pembelajaran. Pada  uji coba yang dilakukan media ini dikatakan cocok atau tepat untuk digunakan dalam pembelajaran. Media video dapat digunakan sebagai media pembelajaran untuk kurikulum 2013 selain itu media video juga mampu meningkatkan ketertarikan siswa terhadap pelajaran dan mampu meningkatkan hasil belajar. Dengan demikian media video ini dirasa dapat digunakan dan membuat sebuah lingkungan belajar menjadi menarik dalam pembelajaran

Keywords


Media Video Pembelajaran; Suplemen pembelajaran

Full Text:

PDF

References


Arief, S. (2009). Media Pendidikan, Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.

Hadi, S. (2017). Efektifitas Penggunaan Media Videoebagai Media Pembelajaran Untuk Siswa Sekolah Dasar. Prosiding TEP & PDs Transformasi Pendidikan Abad 21, 96–102.

Hamidi, E. A. Z., Ismail, N., & Jalaludin, R. (2018). Prototipe Layanan Video on Demand (VoD) Pada Jaringan OpenFlow. Teknika, 7(1), 21–27.

Hartanti, E., Djatmika, E. T., & Setyosari, P. (2017). Pemanfaatan Video Klip Sebagai Media Pembelajaran Materi Keberagaman Budaya Bangsa. Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Kerjasama Direktorat Jenderal Guru Dan Tenaga Kependidikan Kemendikbud 2016.

Haryani, D. D. (2018). Pembelajaran Menulis Cerpen Dengan Pemanfaatan Media Video Lukisan Pasir Melalui Teknik Transformasi. Stilistika: Kajian Bahasa, Sastra, Dan Pembelajarannya, 4(1).

Jatmiko, P. D., Wijayantin, A., & Susilaningsih, S. (2017). Pengaruh Pemanfaatan Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas IV Sekolah DasaR. Edcomtech Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 1(2), 153–156.

Kurniawan, D. C., Kuswandi, D., & Husna, A. (2018). Pengembangan Media Video Pembelajaran Pada Mata Pelajaran IPA Tentang Sifat dan Perubahan Wujud Benda Kelas IV SDN Merjosari 5 Malang. JURNAL INOVASI DAN TEKNOLOGI PEMBELAJARAN, 4(2).

Luhulima, D. A., Degeng, N. S., & Ulfa, S. (2018). Pengembangan Video Pembelajaran Karakter Mengampuni Berbasis Animasi Untuk Anak Sekolah Minggu. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran) Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 3(2), 110–120.

Melinda, V. A., Degeng, N. S., & Kuswandi, D. (2018). Pengembangan Media Video Pembelajaran Ips Berbasis Virtual Field Trip (Vft) Pada Kelas V Sdnu Kratonkencong. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran) Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 3(2), 158–164.

Nashrullah, N., Sulton, S., & Soepriyanto, Y. (2019). Pengembangan Video Pembelajaran Adaptasi Dan Cara Berkembang Biak Makhluk Hidup Untuk Siswa Kelas Vi Sekolah Dasar. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 1(4), 327–332.

Nasution, S. (2018). Perang Melawan Korupsi: Media Pendidikan Sebagai Senjata Ampuh Melawan Korupsi.

Nugroho, T. A. T. (2015). Pengaruh Penggunaan Media Video Pembelajaran terhadap Keterampilan Proses IPA dan Hasil Belajar IPA pada Siswa Kelas V SD Negeri Rejowinangun 1 Yogyakarta Tahun Ajaran 2014/2015. Skripsi, Universitas Negeri Yogyakarta, PGSD, Yogyakarta.

Pramudito, A. (2013). Pengembangan media pembelajaran video tutorial pada mata pelajaran kompetensi kejuruan standar kompetensi melakukan pekerjaan dengan mesin bubut di SMK Muhammadiyah 1 Playen. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, 1(1), 1–12.

Rahayu, E. T., Hadiarti, D., & Kurniati, T. (2018). Pengembangan Video Pembelajaran Pada Materi Ekstraksi Dan Isolasi Senyawa Metabolit Sekunder Daun Buas-Buas (Premna Serratifolia Linn) Di Program Studi Pendidikan Kimia Universitas Muhammadiyah Pontianak. AR-RAZI Jurnal Ilmiah, 6(1).

Sadiman, A. (2010). Media pendidikan. Rajawali Pers.

Saprudin, S., Haerullah, A. H., Abdullah, I. H., Saraha, A. R., & Hamid, F. (2018). Pengembangan Media Video Tutorial Model Discovery Learning Materi Tekanan Hidrostatis. In Prosiding Seminar Kontribusi Fisika 2017, Pp. 300-304.

Siang, J. L., Hasan, B., & Tamhir, L. (2019). Video Development as Supporting Learning Media for Teachers at SMP Negeri 5 Tidore Islands [Pengembangan Video Sebagai Penunjang Media Pembelajaran Bagi Guru di SMP Negeri 5 Tidore Kepulauan]. Proceeding of Community Development, 2, 111–118.

Sihkabuden, S. P. (2005). Media Pembelajaran. Malang: Elang Press.

Sumiati, S. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Pkn Melalui Pendekatan Inkuiri Menggunakan Media Video Pada Siswa Kelas Iv Sdn Jatiadi I Kecamatan Gending Kabupaten Probolinggo. Pedagogy, 6(1), 5–8.

Surahman, E. (2019). Integrated Mobile Learning System (Imoles) Sebagai Upaya Mewujudkan Masyarakat Pebelajar Unggul Era Digital. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran) Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 5(2), 50–56.

Surahman, E., & Alfindasari, D. (2017). Developing Adaptive Mobile Learning with the Principle of Coherence Mayer on Biology Subjects of High School to Support the Open and Distance Education. 3rd International Conference on Education and Training (ICET 2017). Atlantis Press.

Surahman, E., Wedi, A., Soepriyanto, Y., & Setyosari, P. (2018). Design of Peer Collaborative Authentic Assessment Model Based on Group Project Based Learning to Train Higher Order Thinking Skills of Students. International Conference on Education and Technology (ICET 2018). Atlantis Press.

Susilana, R., Si, M., & Riyana, C. (2008). Media pembelajaran: hakikat, pengembangan, pemanfaatan, dan penilaian. CV. Wacana Prima.

Ulyana, A., Abidin, Z., & Husna, A. (2019). Pengembangan Video Pembelajaran Kalor Untuk Siswa Kelas Vii. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran) Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 5(2), 81–86.

Woottipong, K. (2014). Effect of Using Video Materials in the Teaching of Listening Skills for University Students. International Journal of Linguistics, 6(4). https://doi.org/10.5296/ijl.v6i4.5870




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um038v2i42019p290

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Aldian Boby Mulono, Zainul Abidin, Arafah Husna

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan published by Department of Educational Technology, Faculty of Education, State University of Malang in Collaboration with Asosiasi Program Studi Teknologi Pendidikan Indonesia (APS TPI).

Publisher Address:
Lab. Teknologi Pendidikan, Gd.E2, Lt.1
Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang
Jl. Semarang 5, Kota Malang Email: jktp.fip@um.ac.id

 

========================================================================================================

INDEXED BYTOOLSPLAGIARISM CHECKARTICLE TEMPLATE

 

 

 

 

Creative Commons License
JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JKTP Statistics (Since July 13th, 2020)

View My Stats