Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Pada Tema 9 Subtema 1 di MI YPSM Al Manaar

Ledy Ahrisya, Henry Praherdhiono, Eka Pramono Adi

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan nilai rata-rata siswa sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL), dan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa antara yang menggunakan model pembelajaran CTL dengan yang tidak menggunakan model pembelajaran CTL. Penelitian ini menggunakan quasy experimental design dengan model nonequivalent control group. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V MI YPSM Al Manaar. Instrumen yang digunakan adalah soal tes dan lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai pretest kelas eksperimen sebesar 71,44 dan kelas kontrol sebesar 75,79. Setelah diberi perlakuan, rata-rata nilai kelas eksperimen sebesar 83,22 dan kelas kontrol sebesar 82,42. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa ada perbedaan nilai rata-rata siswa sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran CTL.

 

Abstract

 

This study aims to determine differences in the average value of students before and after using the Contextual Teaching and Learning (CTL) model, and to find out the differences in student learning outcomes between those who use the CTL model and those who do not use the CTL model. This research uses quasy experimental design with a nonequivalent control group model. The subjects of this study were all fifth grade MI YPSM Al Manaar students. The instruments used were test questions and observation sheets. The results showed that the average pretest value of the experimental class was 71.44 and the control class was 75.79. After being given treatment, the average value of the experimental class was 83.22 and the control class was 82.42. The results of the study concluded that there were differences in the average scores of students before and after using the CTL model.


Keywords


Model Pembelajaran; Contextual Teaching and Learning (CTL); Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Alfindasari, D., & Surahman, E. (2014). Sumber Daya Manusia dan Pendidikan di Era Global: Sebuah Tinjauan Terhadap Penelitian Teknologi Pendidikan di LPTK. Proceeding Seminar Nasional Teknologi Pembelajaran. Yogyakarta: UNY.

Cobern, W. W. (2012). Contextual constructivism: The impact of culture on the learning and teaching of science. In The practice of constructivism in science education (pp. 67–86). Routledge.

Forneris, S. G., & Peden-McAlpine, C. J. (2006). Contextual learning: A reflective learning intervention for nursing education. International Journal of Nursing Education Scholarship, 3(1).

Jamilah, M. G. (2017). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa melalui Penerapan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) pada Mata Pelajaran IPS di Kelas VI SD Negeri Tatakan 2 Kecamatan Tapin Selatan. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 7(1), 24–32.

Jatmiko, P. D., Wijayantin, A., & Susilaningsih, S. (2017). Pengaruh Pemanfaatan Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Ipa Kelas Iv Sekolah Dasar. Edcomtech Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 1(2), 153–156.

Jauhar, M. (2011). Implementasi PAIKEM dari Behavioristik sampai konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Kasmawati, K., Latuconsina, N. K., & Abrar, A. I. P. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (Ctl) Terhadap Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan Fisika, 5(2), 70–75.

Kuswandi, D., Surahman, E., Thaariq, Z. Z. A., & Muthmainnah, M. (2018). K-Means Clustering of Student Perceptions on Project-Based Learning Model Application. 2018 4th International Conference on Education and Technology (ICET), 9–12. IEEE.

Majid, A. (2011). Perencanaan Pembelajaran Mengembangkan Standar. Kompetensi Guru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Majid, A. (2014). Pembelajaran tematik terpadu. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Menrisal, M., & Defida, J. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) Terhadap Hasil Belajar TIK. Pendidikan Teknologi Informasi UPI-YPTK, 4(2).

Nurhidayah, N., Yani, A., & Nurlina, N. (2016). Penerapan Model Contextual Teaching Learning (CTL) terhadap Hasil Belajar Fisika pada Siswa Kelas XI SMA Handayani Sungguminasa Kabupaten Gowa. Jurnal Pendidikan Fisika, 4(2), 161–174.

Oktaviansa, W. A., & Yunus, Y. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Ctl (Contextual Teaching And Learning) Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Smkn 1 Sidoarjo. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, 2(01), 34–43.

Praherdhiono, H., Setyosari, P., Degeng, I. N. S., Slamet, T. I., Surahman, E., Adi, E. P., … Abidin, Z. (2019). Teori Dan Implementasi Teknologi Pendidikan: Era Belajar Abad 21 dan Revolusi Industri 4.0. Seribu Bintang.

Sari, E. W., Enawaty, E., & Melati, H. A. (n.d.). PENGARUH MODEL CTL TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NONELEKTROLIT. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(12).

Sarwono, J. (2012). Metode Riset Skripsi Pendekatan Kuantitatif (Menggunakan Prosedur SPSS): Tuntunan Praktis dalam Menyusun Skripsi.

Shoimin, A. (2011). Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-ruzz media.

Siregar, S. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif dilengkapi dengan Perbandingan Perhitungan Manual & SPSS, Cetakan Kedua. Kencana Premedya Group. Jakarta.

Surahman, E. (2019). Integrated Mobile Learning System (Imoles) Sebagai Upaya Mewujudkan Masyarakat Pebelajar Unggul Era Digital. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran) Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 5(2), 50–56.

Surahman, E., Wedi, A., Soepriyanto, Y., & Setyosari, P. (2018). Design of Peer Collaborative Authentic Assessment Model Based on Group Project Based Learning to Train Higher Order Thinking Skills of Students. International Conference on Education and Technology (ICET 2018). Atlantis Press.

Wiyono, B. H., & Budhi, W. (2018). Pengaruh metode pembelajaran CTL terhadap hasil belajar IPA siswa kelas VIII ditinjau dari kemampuan berkomunikasi. Natural: Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA, 5(1), 11–18.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um038v2i42019p306

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Ledy Ahrisya

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan published by Department of Educational Technology, Faculty of Education, State University of Malang in Collaboration with Asosiasi Program Studi Teknologi Pendidikan Indonesia (APS TPI).

Publisher Address:
Lab. Teknologi Pendidikan, Gd.E2, Lt.1
Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang
Jl. Semarang 5, Kota Malang Email: jktp.fip@um.ac.id

 

========================================================================================================

INDEXED BYTOOLSPLAGIARISM CHECKARTICLE TEMPLATE

 

 

 

 

Creative Commons License
JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JKTP Statistics (Since July 13th, 2020)

View My Stats