Internalisasi Nilai-Nilai Religius dalam Penjaminan Mutu Sekolah Dasar Islam Terpadu

Bagus Rachmad Saputra, Achmad Supriyanto, Agus Timan

Abstract


Abstract: The research question is how Islamic-based schools internalize Islamic religious values into the school quality assurance system that is characteristic of the community to put interest and trust in Islamic-based schools. This study was conducted with a field study with a qualitative approach to obtain descriptive data from informants who felt that they had a lot of information about the focus being studied. The researcher conducted interviews with the principal, direct observation to the school, and conducted documentation studies at the SDIT Baitul Izzah in Nganjuk Regency as the research location. Data analysis is done by reducing data on data obtained during data collection in the field. The results of the study showed that the internalization process was carried out by designing a school curriculum with a blend of national curriculum with religious education.

 

Abstrak: Pertanyaan penelitian ini adalah bagaimana sekolah berbasis agama Islam menginternalisasi nilai-nilai agama Islam ke dalam sistem penjaminan mutu sekolah yang menjadi ciri khas kepada masyarakat untuk menaruh minat dan kepercayaan pada sekolah berbasis agama Islam. Kajian ini dilakukan dengan studi lapangan dengan pendekatan kualitatif untuk memperoleh data secara deskriptif dari informan yang dinggap banyak memiliki informasi tentang fokus yang diteliti. Peneliti melakukan kegiatan wawancara dengan kepala sekolah, observasi langsung ke sekolah, dan melakukan studi dokumentasi di SDIT Baitul Izzah Kabupaten Nganjuk sebagai lokasi penelitian. Analisis data dilakukan dengan melakukan reduksi data terhadap data yang diperoleh selama pengumpulan data di lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses internalisasi dilakukan dengan cara merancang kurikulum sekolah dengan perpaduan antara kurikulum nasional dengan pendidikan agama.


Keywords


internalization; Islamic religious values; quality assurance; internalisasi; nilai-nilai agama Islam; penjaminan mutu

Full Text:

PDF

References


Bush, T., & Coleman, M. (2012). Manajemen Mutu dan Kepemimpinan Pendidikan. Yogyakarta: Diva Press.

Chaplin, J. (1993). Kamus Lengkap Psikologi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Choiriyah, S., Kumaidi, & Kartowagiran, B. (2018). Developing Delta Internal Quality Assurance to Evaluate the Quality of Indonesian Islamic Universities. Journal of Social Studies Education Research, 9(3), 177-197.

Darmawan, I. P. A., Rukayah., & Susilowati. (2014). Manajemen Mutu Terpadu di Sekolah Dasar Solafide School. Jurnal Simpson, 1(2), 193-204.

Hairiyah. (2015). Konsep Manajemen Mutu Terpadu dalam Pendidikan. Literasi Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(1), 99-110.

Hajar, R. (2017). Implementasi Penjaminan Mutu Pendidikan dalam Meningkatkan Kinerja Madrasah: Studi di MTs Assurur dan MTS Arrohmah Kota Tasikmalaya. Indonesian Journal of Education Management and Administration Review, 1(1), 89-98.

Menteri Pendidikan Nasional. (2009). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 63 Tahun 2009 tentang Penjaminan Mutu. Bandung: Citra Umbara.

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1994). Qualitative Data Analysis: A Sourcebook of New Methods. Terjemahan oleh Rohidi. Jakarta: UI Press.

Moleong, L. J. (2002). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Radar Malang. 2 Februari 2018. Minat Orang Tua Sekolahkan Anak Berbasis Islam Tinggi. (online), (https://radarmalang.jawapos.com/minat-orang-tua-sekolahkan-anak-berbasis-islam-tinggi/) diakses 12 Februari 2019.

Ridho, A. (2017). MENINGKATKAN MUTU MANAJEMEN MADRASAH (Kajian Minat Masyarakat dan Prinsip Dasar Manajemen Lembaga Pendidikan Islam). FIKROTUNA: Jurnal Pendidikan dan Manajemen Pendidikan, 6(2), 655-677.

Sallis, E. (2012). Total Quality Manajemen In Education. Yogyakarta: Diva Press.

Sonhadji, A. (2018). Manusia, Teknologi, dan Pendidikan Menuju Peradaban Baru. Malang: UM Press

Uchtiawati, S., & Zawawi, I. (2014). Penerapan Penjaminan Mutu Pendidikan Pada Sekolah Atas Berstandar Internasional. Jurnal Kebijakan dan Pengembangan Pendidikan, 2(1), 52-56.

Wardoyo. (2014). Manajemen Mutu Terpadu (MMT) SD Negeri Peterongan Semarang. Tesis. Salatiga: Universitas Kristen Satya Wacana.

Yusuf, S. (2008). Psikologi Belajar Agama. Bandung: Maestro.

Zulkarnain. (2008). Transformasi Nilai-nilai Pendidikan Islam Manajemen Berorientasi Link and Match. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Bagus Rachmad Saputra, Achmad Supriyanto, Agus Timan



 

Ilmu Pendidikan: Jurnal Kajian Teori dan Praktik Kependidikan is indexed by:

       

 


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics Made Easy - StatCounter IP Stats