Analisis Kesalahan Siswa SMP Dalam Menyelesaikan Soal Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar

Mazlan Mazlan, Yenita Roza, Maimunah Maimunah

Abstract


Abstract: The low ability of students to solve problems about surface area and volume of flat side spaces is still a concern and needs improvement. Conducting analysis of student errors is one of the improvement efforts. This study aims to describe the types of errors made by junior high school students in solving surface area problems and the volume of flat side space. This type of research is a qualitative description. Data collection was carried out by means of written tests and interviews. Written tests are used to look at students 'mistakes, while interviews are used to find out more about students' understanding of the questions given. The results of this study indicate that the errors made by students in completing the problem of surface area and volume of flat side space are: 1) conceptual errors, 2) operating errors and 3) procedural errors. The percentage of conceptual errors, which is 41.11 percent. The percentage of operating errors was 6.11 percent, and the percentage of procedural errors was 21.67 percent. Given the large percentage of conceptual errors made by students, it is expected to be able to change the teacher's strategy in teaching the material surface area and volume of flat side spaces to better enhance students' conceptual understanding.

 

Abstrak: Rendahnya kemampuan siswa untuk memecahkan masalah tentang luas permukaan dan volume ruang sisi datar masih menjadi perhatian dan perlu perbaikan. Melakukan analisis kesalahan siswa adalah salah satu upaya peningkatan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis kesalahan yang dibuat oleh siswa sekolah menengah pertama dalam memecahkan masalah luas permukaan dan volume ruang sisi datar. Jenis penelitian ini adalah deskripsi kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan tes tertulis dan wawancara. Tes tertulis digunakan untuk melihat kesalahan siswa, sedangkan wawancara digunakan untuk mencari tahu lebih banyak tentang pemahaman siswa tentang pertanyaan yang diberikan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kesalahan yang dilakukan oleh siswa dalam menyelesaikan masalah luas permukaan dan volume ruang sisi datar adalah: 1) kesalahan konseptual, 2) kesalahan teknikal dan 3) kesalahan prosedural. Persentase kesalahan konseptual, yaitu 41,11 persen. Persentase kesalahan teknikal adalah 6,11 persen, dan persentase kesalahan prosedural adalah 21,67 persen. Mengingat persentase besar kesalahan konseptual yang dibuat oleh siswa, diharapkan dapat mengubah strategi guru dalam mengajar area permukaan material dan volume ruang sisi datar untuk lebih meningkatkan pemahaman konseptual siswa.


Keywords


analysis; errors; build space; analisis; kesalahan; bangun ruang

Full Text:

PDF

References


Nurjanatin, I., Sugondo, G., Manurung. (2017). Analisis Kesalahan Peserta Didik dalam menyelesaikan Soal Cerita Pada Materi Luas Permukaan Balok di Kelas VIII-F Semester II SMP Negeri 2 Jayapura. Jurnal Ilmiah Matematika dan Pembelajaran, 2(1), 22-31. Retrieved from http://ejournal.uncen.ac.id/index.php/JIMP/article/view/252.

Lutfia, L dan Zanthy, L.,S. (2019). Kesalahan Menurut Tahapan Kastolan dan Pemberian Scaffolding dalam Menyelesaikan Soal Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Journal On Education, 1(3), 396-404. Retrieved from http://jonedu.org/index.php/joe/article/view/179.

Khanifah, N.M., dan Nusantara, T. (2012). Analisis Kesalahan Penyelesaian Soal Prosedural Bentuk Pangkat Bulat dan Scaffoldingnya. Jurnal Universitas Muhammadiyah, Retrieved from http://jurnal-online.um.ac.id.

Afdila, F., Roza, Y., & Maimunah. (2018). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Kontekstual Materi Bangun Ruang Sisi Datar Berdasarkan Tahapan Kastolan. Jurnal LEMMA, 5(1), 65-72. Retrieved from http://ejournal.stkip-pgri-sumbar.ac.id.

Nasrudin, R.T., Sutarni, S. (2017). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Kubus dan Balok Kelas VIII MTs Negeri Sukoharjo Tahun 2016/2017. (Unpublished master’s thesis) Universitas Muhammadiyah Surakarta, Surakarta, Indonesia.

Pratiwi, I. (2019). Efek Program Pisa Terhadap Kurikulum di Indonesia. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 4(1). Retrieved from http://journal.unnes.ac.id/.

Derniati,R., Roza,Y., Maimunah. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa MTsN 3 Kuantan Singingi. EKSAKTA : Jurnal Penelitian dan Pembelajaran MIPA, 5(1), 1-12. Retrieved from http://jurnal.um-tapsel.ac.id.

Satoto, S. (2012). Analisis Kesalahan Hasil Belajar Siswa dalam Menyelesaikan Soal dengan Prosedur Newman. Unnes Journal of Mathematics Education, 1(2). Retrieved from http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujme.

Schleicher, Andreas.(2019). PISA 2018, Insights and Interpretations. OECD

Slameto. (2010). Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Solfitri, Titi dan Roza, Y., 2015. Analisis Kesalahan dalam Menyelesaikan Soal-Soal Geometri Siswa Kelas IX SMPN Se-Kecamatan Tampan Pekanbaru. Prosiding Semirata bidang MIPA BKS-PTN Barat. Universitas Tanjungpura Pontianak. Retrieved from http://jurnal.untan.ac.id/index.php/semirata2015/article/view/14089.

Sumadiasa, I. Gede. (2014). Analisis Kesalahan Siswa Kelas VIII SMP Negeri 5 Dolo dalam Menyelesaikan Soal Luas Permukaan dan Volume Limas. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako. 1(2), 198-208. Retrieved from http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/AKSIOMA/article/view/7991.

Sulistyaningsih, A.,& Rakhmawati, E. (2017). Analisis Kesalahan Siswa Menurut Kastolan dalam Pemecahan Masalah Matematika Seminar Matematika dan Pendidikan Matematika UNY , ISBN. 978-602-73403-2-9. (Cetak)978-602-73403-3-6, Retrieved from http://seminar.uny.ac.id/semnasmatematika/sites/seminar.uny.ac.id.

Yadrika,. G. Amelia, S., Roza, Y.,& Maimunah. (2019). Analisis Kesalahan Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Pada Materi Teorema Pythagoras dan Lingkaran. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika. 12(2), 195-212. Retrieved from http://www.jurnal.untirta.ac.id/index.php/JPPM/article/view/6157




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um027v5i12020p011

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Mazlan



 

Ilmu Pendidikan: Jurnal Kajian Teori dan Praktik Kependidikan is indexed by:

       

 


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics Made Easy - StatCounter IP Stats