Analisis Deskriptif Daya Saing Perguruan Tinggi

Arwildayanto Arwildayanto, Arifin Arifin, Arifin Suking

Abstract


Abstract: The purpose of this study is to describe the competitiveness of the Gorontalo State University colleges in taking policies and strategic steps to improve competitiveness. This research is planned to take place in the next year. For 2020, the method used is a survey to gather information from 174 UNG lecturers about the competitiveness of their place of work, which is taken randomly from 10 existing faculties. From the instrument that was carried out a descriptive descriptive analysis using the Weighted Means Score (WMS) formula, it was found that the competitiveness of UNG was in a fairly good position. This is in line with the ranking carried out by the Ministry of Education and Culture in 2020 UNG is in the order of 86 cluster III. The competitiveness position of UNG provides information on the need for improvement, the hard work of all parties to improve the competitiveness of UNG in accordance with the vision of being superior and competitive.

 

Abstrak: Tujuan penelitian ini mendeskripsikan daya saing perguruan tinggi Universitas Negeri Gorontalo guna mengambil kebijakan dan langkah strategis untuk meningkatkan daya saing ke depannya. Penelitian ini direncanakan berlangsung beberapa tahun ke depan. Untuk tahun 2020 ini metode yang digunakan adalah survey guna menjaring informasi dari 174 orang dosen UNG tentang daya saing tempatnya bekerja yang diambil secara acak dari 10 fakultas yang ada. Dari instrument yang didistribusikan dilakukan analisis deskriptif menggunakan formula Weighted Means Score (WMS), didapatkan data daya saing UNG berada pada posisi cukup baik. Hal ini sejalan dengan pemeringkatan yang dilakukan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tahun 2020 UNG berada pada urutan 86 klaster III. Posisi daya saing UNG memberikan informasi perlu peningkatan, kerja keras semua pihak untuk menaikan daya saing UNG sesuai dengan visi unggul dan berdaya saing.


Keywords


competitiveness; clustering; rangking; daya saing; klasterisasi; pemeringkatan

Full Text:

PDF

References


Ariyasti, Y. (2013). Analisis Strategi Diferensiasi terhadap Keunggulan Bersaing pada Hotel Grand Elite Pekanbaru. Pekanbaru: Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Pekanbaru.

Carneiro, A. (2000). How Does Knowledge Management Influence Innovation and Competitiveness? Journal of Knowledge Management, 4(2), 87-98.

Chotimah, C. (2019). Blue Ocean Strategy Humas dalam Pengembangan Lembaga Perguruan Tinggi Keagamaan Islam, IAIN Tulungagung, (Online), (http://repo.iain-tulungagung.ac.id/13701/), diakses 10 Maret 2020.

Chou, C., & Chang, P. (2004). Core Competence and Competitive Strategy of the Taiwan Shipbuilding Industry: A Resource-Based Approach. Maritim Policy Management, 31(2), 125–137.

Constantine. (2005). The Intellectual Capital of Universities. Bucharest: Academy of Economic Studies.

David, F. R. (2004). Manajemen Strategis: Konsep-konsep. Jakarta: Indeks Kelompok Gramedia.

Dipojono, H. K. (2006). Universitas Kelas Dunia dan Pemeringkatan Universitas Dunia. Bandung; Fakultas Teknik Institut Teknologi Bandung.

Ditjen Sumber Daya Iptek Dikti. (2018). Formula 4C untuk Bertahan pada Era Revolusi Industri 4.0. Jakarta: Ditjen Sumber Daya Iptek Dikti.

Hamid, E. S. (2008). Membangun Daya Saing Institusi Pendidikan Berbasis Kompetensi Dasar Organisasi. Unisia, 31(67), 1-10.

Harundja, B. (2020). UNG Menggelar Kegiatan PKKMB Tahun 2020 Secara Virtual, (Online), (https://medgo.id/ung-menggelar-kegiatan-pkkmb-tahun-2020-secara-virtual/), diakses 10 Maret 2020.

Hidayat, R. (2013). Pengaruh Manajemen Strategik dan Biaya Pendidikan terhadap Daya Saing Sekolah di Sekolah Dasar Negeri se-Kecamatan Mangkubumi Kota Tasikmalaya. Administrasi Pendidikan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pascasarjana, 1(2), 187-192.

Hubeis, M., & Najib, M. (2009). Manajemen Strategik dalam Pengembangan Daya Saing Organisasi. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Imawan, R. (2002). Peningkatan Daya Saing: Pendekatan Paradigmatik-Politis. Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, 6(1), 79-104.

Indrajit, R. E., & Djokopranoto, R. (2006), Manajemen Perguruan Tinggi Modern. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Kemdikbud. (2020). Klasterisasi Perguruan Tinggi Tahun 2020. Jakarta: Dirjen Dikti Kemdikbud.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2020). Merdeka Belajar: Kampus Merdeka. Jakarta: Kemdikbud RI.

Labas, I., Darabos, E., & Nagy, T. O. (2016). Competitiveness-Higher Education. Studia Universitatis “Vasile Goldis” Arad–Economics Series, 26(1), 11-25.

Marasabessy, M. J. (2016). Manajemen Peningkatan Mutu Akademik menuju World Class University: Studi Multikasus di Universitas Islam Negeri Malang dan Universitas Brawijaya. Doctoral dissertation. Malang: Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

Mashhadi, M. M., & Mohajeri, K. (2008). A Quality Oriented Approach toward Strategic Positioning in Higher Education Institutions. New York: World Academy of Science, Engineering and Technology.

Mufidah, N. (2019). Strategi Meningkatkan Daya Saing SMK Negeri 3 Batu Jurusan Broadcasting. Doctoral dissertation. Malang: Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

Muhson, A., Wahyuni, D., Supriyanto, S., & Mulyani, E. (2012), Analisis Relevansi Lulusan Perguruan Tinggi dengan Dunia Kerja. Jurnal Economia, 8(1), 42-52.

Musfiqon, H. M., & Ismanto, H. (2015). Kepemimpinan Sekolah Unggul. Jakarta: Nizamia Learning Center.

Narimawati, U. (2007). Riset Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Agung Media.

Narimawati, U. (2008). Analisis Mulfariat untuk Penelitian Ekonomi. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Nasir, M. (2018). Pendidikan Tinggi Berkualitas; Mendorong Kemajuan IPTEK, Inovasi, dan Daya Saing Bangsa di Era Revolusi Industri 4.0. Bandung: Universitas Katolik Parahyangan.

Orr, D., Jaeger, M., & Schwarzenberger, A. (2007). Performance‐Based Funding as an Instrument of Competition in German Higher Education. Journal of Higher Education Policy and Management, 29(1), 3-23.

Parinduri, L. (2018). Penilaian Daya Saing Inovasi. Buletin Utama Teknik, 13(2), 150-154.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 41 Tahun 2007 tentang Standar Proses untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Badan Standar Nasional Pendidikan.

Permatasari, R. G. I. (2011). Tiga Indikator Meningkatkan Daya Saing, (Online), (https://economy.okezone.com/read/2011/02/13/320/424272/3-indikator-meningkatkan-daya-saing), diakses 12 Juli 2019.

Rahayuningtyas, A., Prihatni, D., & Triana, E. (2017). Modal Intelektual dan Daya Saing Perguruan Tinggi di Indonesia. Jurnal Akuntansi dan Investasi, 18(2), 153-162.

Rangkuti, F. (2003). Business Plan. Jakarta: Gramedia.

Raud, A. W. (2017). Tim BLU Unsrat Berguru Penerapan Sistem BLU ke UNG, (Online), (http://www.ung.ac.id/home/berita/tim-blu-unsrat-berguru-penerapan-sistem-blu-ke-ung), diakses 10 Maret 2020.

Ristekdikti. (2020). Daya Saing Inovasi Rendah Indonesia Peringkat ke 87 dari 13, (Online), (http://risbang.ristekdikti.go.id/publikasi/berita-media/daya-saing-inovasi-rendah-indonesia-peringkat-ke-87-dari-137/), diakses 3 Maret 2020.

Seftiawan, D. (2018). Sumber Pikiran Rakyat, (Online), (http://www.pikiran-rakyat.com), diakses 10 Maret 2020.

Setiawati, L. (2012). Efektivitas Pengembangan Manajemen Pendidikan Tinggi (Studi pada Perguruan Tinggi Negeri di Jawa Barat Menuju World Class University). Penelitian Pendidikan, 12, 1-15.

Soendari, T. (2012). Metode Penelitian Deskriptif. Bandung: UPI.

Sudjana, N. (2005). Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.

Suharto, H. B. (2015). Marketing Pendidikan: Menata Ulang PTKI Menghadapi Pasar Bebas Asean. Yogyakarta: LKIS Pelangi Aksara.

Sumihardjo, T. (2008). Penyelenggaraan Pemerintah Daerah melalui Pengembangan Daya Saing Berbasis Potensi Daerah. Bandung: Fokus Media.

Suriasumantri, J. S. (1989). Berpikir Sistem: Konsep, Penerapan Teknologi dan Strategi Implementasi. Jakarta: FPS IKIP Jakarta.

Suryana. (2013). Kewirausahaan Kiat dan Proses Menuju Sukses. Jakarta: Salemba Empat.

Sutarjo. (2016). Mencari Kebijakan untuk Daya Saing. Jakarta: Media Indonesia.

Taufik, T. A. (2009). Pengembangan Sistem Inovasi Daerah: Perspektif Kebijakan. Ciputat Tangerang: Universitas Terbuka.

Tim Pemantau Rangking Universitas. (2020). Laporan Kerja Tim Pemantau Rangking UNG. Gorontalo: UNG Press.

Tim Task Force. (2017). Borang Akreditasi Institusi Perguruan Tinggi (AIPT) Universitas Negeri Gorontalo. Gorontalo: UNG Press.

Ulrich, D., & Lake, D. (1991). Organizational Capability: Creating Competitive Advantage. Academy of Management Executive, 5(1), 77–92.

Wolok, E. (2020). Pidato Rektor dalam kegiatan Dies Natalis UNG ke-57. Gorontalo: UNG Press.

Yunus, E. (2016). Manajemen Strategis. Yogyakarta: Penerbit Andi.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um027v5i12020p025

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Arwildayanto



 

Ilmu Pendidikan: Jurnal Kajian Teori dan Praktik Kependidikan is indexed by:

       

 


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics Made Easy - StatCounter IP Stats