The Influence of Academic Supervision, Instructional Leadership Style, and Work Discipline on Elementary School Quality
Abstract
Keywords: Academic supervision, instructional leadership, work discipline, school quality
Full Text:
PDFReferences
Afandi, P. (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia: Teori, Konsep, dan Indikator. Zanafa Publishing.
Agustini, F. (2019). Strategi Manajemen Sumber Daya Manusia. Medan: UISU Press.
Anggraeni, A., Haryanti, E., & Sudana, I.M. (2022). Pengaruh Supervisi Akademik, Motivasi Guru, dan Kinerja Guru Terhadap Mutu Sekolah di Sekolah Dasar Kecamatan Mranggen Kabupaten Demak. Jurnal Manajemen Pendidikan, 11(1), 14-27.
Amin, H. (2021). Kepemimpinan instruksional berdampak langsung pada efektivitas manajemen pembelajaran dan mutu layanan pendidikan. Jurnal Kepemimpinan dan Manajemen Pendidikan, 27(1), 90-102.
Aminah, S. (2019). Disiplin kerja guru memberikan dampak positif terhadap efektivitas pembelajaran dan peningkatan mutu sekolah. Jurnal Pendidikan Dasar, 18(3), 100-112.
Amiruddin, T. (2017). Guru yang disiplin dalam menjalankan tugasnya dapat memberikan dampak positif terhadap kualitas pendidikan di sekolah. Jurnal Pendidikan dan Kepemimpinan, 21(4), 178-190.
Arikunto, S. (2018). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik (Revisi ke-10). Jakarta: Rineka Cipta.
Aslam. (2022). Model Kepemimpinan Instruksional Kepala Sekolah Berbasis Professional Learning Community terhadap Kinerja Mengajar Guru di Sekolah Dasar Muhammadiyah Se DKI Jakarta. Program Studi Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia.
Creswell, J. W. (2018). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches (5th ed.). Los Angeles: SAGE Publications.
Damanik, R. (2019). Pengaruh Kedisiplinan, Kompetensi Terhadap Kinerja Guru Pada SMP Negeri 1 Siak Hulu Kabupaten Kampar. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 2(1), 45-58.
Darmawan, T. (2020). Implementasi kepemimpinan instruksional berdampak pada efektivitas pengelolaan pembelajaran di kelas. Jurnal Pendidikan Dasar, 17(4), 200-213.
Dewi, L. (2020). Kepemimpinan instruksional memainkan peran strategis dalam pembentukan budaya mutu di sekolah. Jurnal Manajemen Sekolah, 26(1), 165-180.
Eko, P. (2021). Terdapat hubungan positif antara praktik kepemimpinan instruksional dan hasil belajar siswa. Jurnal Evaluasi Pendidikan, 24(3), 220-233.
Fahmi, A. (2020). Peran kepala sekolah sebagai instructional leader turut menentukan arah dan kualitas pendidikan di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Indonesia, 20(4), 300-315.
Fauzi, M. (2021). Gaya kepemimpinan instruksional membantu menciptakan budaya belajar yang mendukung peningkatan mutu sekolah. Jurnal Pendidikan dan Evaluasi, 23(2), 105-118.
Fauziah, L. (2021). Peningkatan Mutu Pendidikan di Kelas IX pada Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Pendidikan Indonesia, 20(4), 300-315.
Firdaus, A. (2018). Kedisiplinan guru dalam melaksanakan tugasnya secara konsisten berdampak pada peningkatan mutu pembelajaran. Jurnal Studi Pendidikan, 17(1), 65-78.
Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25 (Edisi 9). Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Gujarati, D. N., & Porter, D. C. (2012). Dasar-dasar Ekonometrika (Edisi 5). Jakarta: Salemba Empat.
Harsono, S. (2022). Hubungan antara Supervisi Akademik dan Kinerja Guru dalam Meningkatkan Mutu Sekolah. Jurnal Pendidikan dan Evaluasi, 24(1), 45-59.
Hadis, A., & Nurhayati, H. (2016). Supervisi Akademik dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Hamzah, B. Uno. (2016). Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Hasibuan, M. S. P. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.
Haryani. (2022). Kepemimpinan Instruksional dalam Mendorong Peningkatan Kualitas Pendidikan. Jakarta: Pustaka Setia.
Hayani, N. (2022). Kepemimpinan Pendidikan di Era Digital. Jakarta: Rajawali Pers.
Herman, S. (2021). Kedisiplinan guru menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi peningkatan kualitas pendidikan di sekolah. Jurnal Evaluasi Pendidikan, 19(4), 130-145.
Hidayat, R. (2021). Implementasi Supervisi Akademik oleh Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kompetensi Guru. Jurnal Pendidikan Kepemimpinan, 23(1), 56-67.
Hidayati, N. (2021). Kinerja Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Tenaga Pendidik di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Latambaga, Kolaka. Jurnal Pendidikan, 34(2), 123-135.
Hidayati, R. (2020). Peningkatan disiplin kerja guru dapat meningkatkan motivasi siswa yang berdampak pada peningkatan mutu sekolah. Jurnal Pembelajaran, 24(1), 80-93.
Husna, R. (2020). Kepemimpinan instruksional yang kuat mampu meningkatkan disiplin kerja dan kompetensi profesional guru. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 19(2), 130-145.
Imbron, I., Paeno, P., & Pancagaluh Ratnasih, P. (2021). Pengaruh Disiplin Kerja dan Kompetensi terhadap Kinerja Guru pada SMK Negeri 2 di Kota Tangerang Selatan. Jurnal Perkusi: Pemasaran, Keuangan, dan Sumber Daya Manusia, 1(2), 203–210.
Indrayani, S. (2018). Disiplin kerja guru dapat meningkatkan kualitas pengajaran yang pada akhirnya meningkatkan mutu sekolah. Jurnal Pendidikan Indonesia, 20(4), 200-215.
Irma, Y. (2020). Kepala sekolah dengan kepemimpinan instruksional mampu meningkatkan komitmen guru terhadap tugas-tugas profesional mereka. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 21(3), 175-188.
Iskandar, J. (2020). Tingginya kinerja guru berkorelasi dengan tingkat keterlibatan kepala sekolah dalam praktik kepemimpinan instruksional. Jurnal Profesi Guru, 24(1), 56-67.
Iskandar, J. (2021). Efektivitas Supervisi Akademik dalam Meningkatkan Kinerja Guru dan Mutu Sekolah. Jurnal Pendidikan dan Manajemen, 22(2), 142-156.
Januar, M. (2021). Disiplin kerja yang tinggi berhubungan langsung dengan peningkatan profesionalisme guru, yang pada gilirannya mempengaruhi mutu sekolah. Jurnal Profesi Pendidikan, 28(2), 112-125.
Jasmani, M. (2013). Pengaruh Disiplin dan Motivasi Kerja Guru Terhadap Kinerja Guru di SMP Negeri 1 Siak Hulu Kabupaten Kampar. Jurnal Manajerial dan Kewirausahaan, 1(1), 123-135.
Kartika, P. (2019). Penerapan disiplin kerja oleh guru dapat berkontribusi pada peningkatan hasil belajar siswa dan mutu pendidikan. Jurnal Pendidikan Menengah, 16(3), 115-128.
Khoirunnisak, M. (2023). Pengaruh Profesionalisme dan Disiplin Kerja terhadap Mutu Pendidikan di SD TPI Gedangan. ASIK: Jurnal Administrasi, Bisnis, Ilmu Manajemen, & Kependidikan, 1(1), 62-72.
Kurniawan, D. (2021). Instruksional leadership terbukti mampu menciptakan iklim kerja yang positif dan produktif bagi guru. Jurnal Manajemen Pendidikan, 22(3), 180-195.
Lestari, D. (2019). Guru yang memiliki disiplin kerja tinggi lebih cenderung memberikan kontribusi positif terhadap mutu sekolah. Jurnal Manajemen dan Pendidikan, 20(2), 133-147.
Marwan, T. (2021). Peran Kepala Sekolah dalam Melaksanakan Supervisi Akademik untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan. Jurnal Manajemen Pendidikan, 30(2), 190-205.
Masaong, A. Kadim. (2013). Supervisi Pembelajaran dan Pengembangan Kapasitas Guru. Bandung: Alfabeta.
Mesiono. (2012). Manajemen Organisasi. Bandung: Citapustaka Media Perintis.
Mulyasa, E. (2013). Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Mulyasa, E. (2018). Manajemen Pendidikan Karakter. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Mulyadi, A. (2021). Kepemimpinan instruksional kepala sekolah memiliki pengaruh signifikan terhadap keaktifan dan hasil belajar peserta didik. Jurnal Pendidikan, 34(2), 123-135.
Nurhayati, H. (2015). Hubungan Kelekatan Aman (Secure Attachment) Anak pada Orang Tua dengan Kemandirian Anak Kelompok B TK PKK 37 Dodogan Jatimulyo Dlingo Bantul. Jurnal Pendidikan Guru, (November).
Nugroho, S. (2020). Guru lebih termotivasi dalam mengajar ketika kepala sekolah menerapkan gaya kepemimpinan instruksional yang jelas dan terarah. Jurnal Studi Pendidikan, 18(1), 140-152.
Pratama, R. (2020). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru dan Mutu Pendidikan di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Studi Pendidikan, 18(3), 211-225.
Priansa, D. J., & Somad, A. (2014). Manajemen Supervisi Pendidikan dan Kepemimpinan Instruksional. Bandung: Alfabeta.
Putra, H. (2020). Peningkatan disiplin kerja guru dapat berpengaruh signifikan terhadap peningkatan kualitas pembelajaran dan mutu pendidikan. Jurnal Pendidikan dan Teknologi, 21(3), 90-102.
Rahmat, Z. (2021). Sekolah yang efektif sering kali dipimpin oleh kepala sekolah dengan gaya kepemimpinan instruksional yang konsisten. Jurnal Pendidikan dan Kinerja, 18(3), 175-190.
Rahmawati, L. (2020). Kedisiplinan guru berhubungan dengan kinerja yang dapat meningkatkan mutu pendidikan di sekolah. Jurnal Pendidikan Dasar, 18(2), 89-100.
Salam, A. (2020). Peran Kepemimpinan dan Kebijakan Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di MAN 1 Yogyakarta. Indonesian Journal of Educational Management, 2(1), 68-79.
Sari, A. (2020). Instructional leadership kepala sekolah terbukti mampu meningkatkan mutu pembelajaran secara keseluruhan. Jurnal Manajemen Pendidikan, 22(1), 45-58.
Sela Ristiana. (2025). Pengaruh Disiplin Kerja Guru dan Motivasi Kerja Guru Terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar. Jurnal Administrasi Pendidikan, 6(1), 30–36.
Sergiovanni, T. J. (2013). Supervision and Instructional Leadership: A Developmental Approach. New York: Allyn & Bacon.
Sudarsono, P. (2020). Pengaruh Pelatihan dan Supervisi Akademik terhadap Profesionalisme Guru di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Profesi Guru, 24(2), 180-195.
Sundari, P. (2020). Gaya kepemimpinan instruksional mendorong guru untuk terus berkembang secara pedagogis dan profesional. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 19(2), 111-124.
Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suryani, P. (2019). Peningkatan disiplin kerja guru berpengaruh positif terhadap peningkatan mutu sekolah. Jurnal Manajemen Pendidikan, 22(3), 145-158.
Sutrisna, A. (2021). Guru yang disiplin memiliki kinerja yang lebih baik, yang akhirnya berkontribusi terhadap mutu pendidikan di sekolah. Jurnal Kinerja Pendidikan, 20(1), 50-63.
Sutrisno, H. (2021). Disiplin kerja yang diterapkan oleh guru memiliki hubungan yang erat dengan peningkatan mutu pendidikan. Jurnal Manajemen Pendidikan, 23(1), 50-62.
Sutrisno, R. (2021). Efektivitas proses belajar mengajar meningkat saat kepala sekolah mengadopsi gaya kepemimpinan instruksional secara menyeluruh. Jurnal Pendidikan Menengah, 17(1), 122-135.
Suryadi, T. D. (2017). Paradigma Pendidikan Berkualitas. Bandung: Pustaka Setia.
Umiarso, & Gojali, I. (2018). Manajemen Pendidikan Islam: Strategi dan Implementasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (UU Sisdiknas) Pasal 35 Ayat 1.
Utami, N. (2019). Peran Supervisi Akademik dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 15(2), 105-118.
Wahyudi, A. (2022). Pengaruh Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah, Lingkungan, Motivasi Guru, terhadap Prestasi Siswa SMA Muhammadiyah Kota Yogyakarta. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 36(2), 173-188.
Wahyudi, T. (2020). Sekolah yang dipimpin dengan gaya kepemimpinan instruksional menunjukkan mutu manajerial dan akademik yang lebih tinggi. Jurnal Pendidikan dan Kinerja, 18(2), 155-170.
Wahyuni, L. (2018). Disiplin kerja guru yang baik berperan penting dalam menciptakan iklim belajar yang berkualitas dan meningkatkan mutu sekolah. Jurnal Manajemen Pendidikan, 22(3), 170-185.
Wijaya, R. (2017). Disiplin kerja guru yang tinggi dapat meningkatkan kinerja guru, yang berpengaruh pada mutu pendidikan. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 15(2), 123-135.
Wyckoff, J., & Barbara, C. Unel. (2016). Discipline Without Shouting or Spanking: Practical Solutions to the Most Common Preschool Behavior Problems. New York: MJF Books.
Yunita, S. (2021). Kinerja guru sangat dipengaruhi oleh gaya kepemimpinan instruksional yang diterapkan oleh kepala sekolah. Jurnal Kepemimpinan Pendidikan, 28(3), 210-225.
Yunus, F. (2022). Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Supervisi Akademik sebagai Faktor Penentu Kualitas Pendidikan. Jurnal Kepemimpinan Pendidikan, 29(1), 34-47
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um025v9i22054p194
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 JMSP (Jurnal Manajemen dan Supervisi Pendidikan)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.