SUPERVISI PEMBELAJARAN KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN

Yumnan Abadi, Akhyak Akhyak, Imam Fuadi

Abstract


Abstract: This study aims to gain an in-depth study of the supervision carried out by the headmaster. This study uses a qualitative approach, and the data collection techniques used are participant observation, in-depth interviews and documentation studies. This research was conducted in MAN 1 Trenggalek and MAN 2 Trenggalek, East Java. The results of this study that the head of the madrasa in carrying out supervision of learning adjusts to the plans outlined in the supervision program, uses instruments and observation sheets, uses the principles of supervision, uses techniques and approaches that are varied and carried out in a pleasant atmosphere. The head of the madrasa in order to carry out strategic steps as an embryo of success in implementing learning supervision in the madrasah.

 

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran mendalam  mengenai supervisi pembelajaran yang dilakukan oleh kepala madrasah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi partisipan, wawancara mendalam dan studi dokumentasi. Penelitian dilakukan di MAN 1 Trenggalek dan MAN 2 Trenggalek Jawa Timur. Hasil penelitian adalah kepala madrasah dalam melaksanakan supervisi pembelajaran menyesuaikan dengan rencana yang dituangkan dalam program supervisi, menggunakan instrumen dan lembar observasi, menggunakan prinsip-prinsip supervisi, menggunakan teknik dan pendekatan yang bervariasi dan dilaksanakan dengan suasana yang menyenangkan. Kepala madrasah agar melakukan langkah-langkah strategis sebagai embrio keberhasilan dalam pelaksanaan supervisi pembelajaran di madrasah.

Keywords


Learning Supervision; Madrasah Headmaster; Learning Quality; Supervisi Pembelajaran; Kepala Madrasah; Mutu Pembelajaran

Full Text:

PDF

References


Sofyan, A. dkk. 2005. Peningkatan Supervisi dan Evaluasi pada Madrasah ibtidaiyah. Jakarta : Departemen Agama RI Dirjen Kelembagaan Agama Islam.

Tanzeh, A. 2011. Metodologi Penelitian Praktis. Yogyakarta: Teras.

Hidayat, A & Machali, I. 2012. Pengelolaan Pendidikan. Yogyakarta: Kaukaba.

Maunah, B. 2009. Supervisi Pendidikan Islam Teori dan Praktik. Yogyakarta: Teras.

Bogdan & Biklen, 1982. Qualitative Research for Education: An Introduction to Theory and Methods. London: Allyn and Bacon, In.

Burhanudin, 2007. Supervisi dalam Rangka Pembinaan Profesional. Malang : FIP UM.

Suhardan, D. 2010. Supervisi Profesional : Layanan dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran di Era Otonomi Daerah. Bandung: Alfabeta.

Daryanto & Rachmawati, R. 2015. Supervisi Pembelajaran Inspeksi meliputi: Controlling, Correcting, Judging, Directing, Demonstration. Yogyakarta: Gava Media.

Terry, G.R. 2003. Prinsip-prinsip Manajemen. Bandung: Bumi Aksara.

Makawimbang. 2011. Supervisi dan Peningkatan Mutu Pendidikan. Bandung : Alfabeta.

Purwanto, N. 2014. Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 58 Tahun 2017 tentang Kompetensi Kepala Madrasah.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 13 Tahun 2007 tentang Standar kepala Sekolah/Madrasah.

Sahertian, P.A. 2008. Konsep Dasar & Teknik Supervisi Pendidikan Dalam Rangka Pengembagan Sumber Daya Manusia. Jakarta: Rineka Cipta.

Zulkarnain, W. 2018. Manajemen Layanan Khusus di Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um025v3i22019p036

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 yumnan abadi

Hasil gambar untuk logo zotero ukuran kecil

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats