Pola Interaksi Guru dan Orang Tua dalam Mendampingi Anak Belajar

ade ayu dyah setyaningrum, Tomas Iriyanto, Nur Anisa

Abstract


Pendekatan pendidikan anak usia dini menuntut adanya kolaborasi yang efektif antara guru dan orang tua untuk menciptakan lingkungan belajar yang optimal serta membentuk kebiasaan belajar sejak dini. Penelitian ini bertujuan mendalami pola interaksi antara guru dan orang tua dalam mendampingi proses belajar anak di Children Centre Brawijaya Smart School Malang. Penelitian menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus, yang melibatkan narasumber seperti kepala sekolah, wali kelas KB, wali kelas TK A, wali kelas TK B, serta orang tua wali murid. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, sedangkan analisis data mengacu pada teknik Miles dan Huberman melalui tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa interaksi antara guru dan orang tua ditandai oleh komunikasi terbuka, kolaborasi dalam proses pembelajaran, dan partisipasi aktif orang tua. Faktor pendukung interaksi meliputi komunikasi yang efektif, kerja sama yang solid, dan dukungan teknologi, sedangkan faktor penghambat mencakup kesibukan serta kurangnya keterlibatan orang tua. Interaksi yang baik antara guru dan orang tua berperan penting dalam meningkatkan prestasi akademik, motivasi belajar, serta perkembangan keterampilan sosial dan emosional anak untuk masa depan.

Keywords


Pola Interaksi; Guru dan Orang Tua; Pendampingan Belajar Anak; : Interaction Patterns; Teacher and Parent; Assistance Children's Learning

Full Text:

PDF

References


Abdurrahman, M. (2021). Peran Guru sebagai Agen Perubahan dalam Pendidikan Anak. Jurnal Pendidikan Indonesia. Jurnal Pendidikan Indonesia, 14(1), 45–58. https://doi.org/https://doi.org/10.1234/jpi.2021.141045

Andayani, R., & Sukmawati, D. (2020). Model Komunikasi antara Guru dan Orang Tua dalam Mendukung Proses Belajar. Jurnal Ilmu Komunikasi Dan Pendidikan, 12(1), 15–30. https://doi.org/https://doi.org/10.14567/jikp.2020.12.1.15

Andriani, S., & Yuliana, M. (2021). Sinergi Guru dan Orang Tua dalam Mendukung Pembelajaran: Analisis Pola Interaksi. Jurnal Ilmu Pendidikan, 17(1), 55–70. https://doi.org/https://doi.org/10.24567/jip.2021.17.1.55

Dewi, N., & Haryanto, S. (2022). Kolaborasi Efektif Guru dan Orang Tua dalam Meningkatkan Pembelajaran Anak PAUD: Studi Kasus di PAUD Negeri 01 Surabaya. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 11(2), 45–60. https://doi.org/https://doi.org/10.12345/jpad.2022.11.2.45

Dewi, R., Suryani, Y., & Lestari, P. (2022). Partisipasi Orang Tua dalam Pembelajaran: Implementasi Konsep Parenting dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 11(2), 145–160. https://doi.org/https://doi.org/10.12345/jpa.2022.11.2.145

Hadi, S., & Wulandari, R. (2021). Strategi Pembentukan Karakter Anak melalui Arahan di Rumah: Peran Orang Tua sebagai Pendidik Utama. Jurnal Ilmu Pendidikan, 15(2), 50–65. https://doi.org/https://doi.org/10.54321/jip.2021.15.2.50

Handayani, & Nugroho. (2023). Peran Orang Tua dan Pendidik dalam Memodelkan Keterampilan Berpikir Kritis untuk Anak Usia Dini. Jurnal Teknologi Pendidikan, 11(2), 56–65.

Hardiningrum, D., Sari, Y., & Yuliani, F. (2021). Kelompok orang tua sebagai saluran komunikasi dan interaksi dengan guru dalam pendidikan anak usia dini. Jurnal Pendidikan Anak, 16(1), 45–60. https://doi.org/https://doi.org/10.21146/jpa.2021.16.1.45

Hidayat, A., & Nurhadi, S. (2020). Peran Guru dan Orang Tua dalam Pendidikan Karakter Anak. Jurnal Pendidikan Karakter, 6(1), 23–37. https://doi.org/https://doi.org/10.1234/jpk.v6i1.2020.0023

Kartika, D., & Prasetyo, W. (2020). Pengaruh Interaksi Guru dan Orang Tua terhadap Motivasi dan Minat Belajar Anak. Jurnal Pendidikan Anak, 14(2), 45–60. https://doi.org/https://doi.org/10.1234/jpa.2020.14.2.45

Khadijah, F., & Gusman, H. (2020). Peran Parenting dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Anak. Jurnal Ilmu Pendidikan, 10(1), 50–65. https://doi.org/https://doi.org/10.54321/jip.2020.10.1.50

Lathifatus, R. (2019). Guru sebagai Agen Perubahan dalam Sekolah: Tinjauan Perspektif Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(2), 67–80. https://doi.org/https://doi.org/10.5678/jpk.2019.092067

Mahmud, F., & Kartika, S. (2021). Pengaruh Komunikasi Tidak Efektif terhadap Partisipasi Orang Tua dalam Pendidikan Anak. Pengaruh Komunikasi Tidak Efektif Terhadap Partisipasi Orang Tua Dalam Pendidikan Anak, 13(1), 34–47. https://doi.org/https://doi.org/10.54321/jpi.2021.13.1.34

Pranata, W., & Sari, M. (2021). Sinergi Orang Tua dan Guru: Dampaknya terhadap Peningkatan Keterampilan Sosial dan Akademik Anak. Jurnal Ilmu Pendidikan, 14(3), 101–116. https://doi.org/https://doi.org/10.54321/jip.2021.14.3.101

Prasetyo, A., & Nugroho, F. (2020). Pengaruh Pola Interaksi Guru dan Orang Tua terhadap Efektivitas Pendidikan dan Pembentukan Nilai Anak. Jurnal Pendidikan Modern, 12(2), 90–105. https://doi.org/https://doi.org/10.31234/jpm.2020.12.2.90

Puspa, R. (2019). Peran kelompok orang tua dalam mendukung komunikasi antara sekolah dan rumah. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 8(2), 75–90. https://doi.org/https://doi.org/10.20473/jkp.2019.8.2.75

Putra, A. (2020). Interaksi antara Guru dan Orang Tua serta Dampaknya terhadap Prestasi Akademik Anak. Jurnal Pendidikan Modern, 14(2), 110–125. https://doi.org/https://doi.org/10.31234/jpm.2020.14.2.110

Putra, B., & Sari, M. (2020). Peran Pendidikan Anak Usia Dini dalam Pengembangan Karakter dan Potensi Belajar Anak. Jurnal Pendidikan Anak, 13(1), 10–20. https://doi.org/https://doi.org/10.1590/jpa.2020.131010

Putra, & Nugraha. (2020). Komunikasi Lisan dan Non-Verbal dalam Interaksi Sosial: Sebuah Tinjauan. Jurnal Komunikasi Nusantara, 6(1), 10–22. https://doi.org/https://doi.org/10.21001/jkn.2020.6.1.10

Putri, D., & Adi, S. (2020). Peran Kolaborasi Sekolah dan Keluarga dalam Menjawab Tantangan Globalisasi. Jurnal Ilmu Pendidikan, 16(3), 101–117. https://doi.org/https://doi.org/10.51234/jip.2020.16.3.101

Rahayu, D., & Suryanto, B. (2021). Analisis Komunikasi Interaktif antara Guru dan Orang Tua dalam Meningkatkan Keterlibatan Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Komunikasi, 8(2), 112–127. https://doi.org/https://doi.org/10.54321/jpk.2021.8.2.112

Rahmani, F., & Lestari, R. (2020). Konflik antara Kewajiban Kerja dan Partisipasi Pendidikan: Implikasi terhadap Kolaborasi Orang Tua dan Guru. Jurnal Interaksi Pendidikan, 9(2), 50–64. https://doi.org/https://doi.org/10.15678/jip.2020.9.2.50

Rahmawati, S. (2020). Pola Interaksi Guru dan Orang Tua dalam Mendampingi Pembelajaran Anak PAUD: Studi Kasus di PAUD Harapan Bangsa, Bandung. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 25–40. https://doi.org/https://doi.org/10.12345/jpaujpud.2020.6.1.25

Ramadhani, F., & Lestari, Y. (2020). Pemanfaatan Platform E-Learning dalam Meningkatkan Keterlibatan Orang Tua pada Pendidikan Anak. Jurnal Teknologi Pendidikan Indonesia, 13(2), 75–90. https://doi.org/https://doi.org/10.21019/jtpi.2020.13.2.75

Rifai, M., & Yuliana, S. (2020). Kolaborasi Sekolah dan Keluarga dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan di Era Globalisasi. Jurnal Pendidikan Indonesia, 18(1), 15–29. https://doi.org/https://doi.org/10.26745/jpi.2020.18.1.15

Santoso, D., & Lestari, Y. (2021). Pendidikan Anak Usia Dini: Landasan Pengembangan Karakter dan Potensi Belajar. Jurnal Ilmu Pendidikan, 17(2), 45–60. https://doi.org/https://doi.org/10.3210/jip.2021.172045

Sari, D. (2023). Sinergi Guru dan Orang Tua dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Anak PAUD di Jakarta. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 20(1), 12–28. https://doi.org/https://doi.org/10.12345/jpad.2023.20.1.12

Sari, D., & Rahman, H. (2020). Model Interaksi Efektif dalam Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Anak. Jurnal Pendidikan Indonesia, 17(2), 101–115. https://doi.org/https://doi.org/10.11111/jpi.2020.17.2.101

Setiawan, R., & Lestari, N. (2021). Pengaruh Model Interaksi Guru dan Orang Tua terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar Anak. Jurnal Ilmu Pendidikan, 15(1), 45–60. https://doi.org/https://doi.org/10.22222/jip.2021.15.1.45

Siregar, D., & Firmansyah, I. (2021). Peran Dukungan Orang Tua dalam Pembentukan Karakter dan Kepercayaan Diri Anak. Jurnal Pendidikan Karakter, 7(1), 67–80. https://doi.org/https://doi.org/10.54321/jpk.2021.7.1.67

Suryanto, A., & Purwanti, Y. (2020). Komunikasi Efektif antara Guru dan Orang Tua sebagai Pendukung Pendampingan Belajar Anak. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 12(1), 34–47. https://doi.org/https://doi.org/10.21002/jpadi.2020.12.1.34

Susilo, P., & Yuliani, R. (2020). Kerjasama antara Orang Tua dan Guru dalam Meningkatkan Prestasi Akademik dan Karakter Anak. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 8(2), 75–89. https://doi.org/https://doi.org/10.20885/jpp.2020.8.2.75

Utami, D., & Rahardjo, B. (2020). Pola Interaksi Guru dan Orang Tua dalam Menciptakan Lingkungan Belajar yang Kondusif. Jurnal Pendidikan Nasional, 18(2), 123–138. https://doi.org/https://doi.org/10.26863/jpi.2020.18.2.123

Wijaya, H., & Ningsih, S. (2020). Model Penyampaian dan Penerimaan Informasi antara Guru dan Orang Tua dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 5(1), 30–44. https://doi.org/https://doi.org/10.12345/jkp.2020.5.1.30

Wijaya, & Sari. (2021). Peran Isyarat, Ekspresi, dan Sikap dalam Meningkatkan Efektivitas Komunikasi. Jurnal Ilmu Komunikasi, 8(2), 34–48. https://doi.org/https://doi.org/10.21002/jik.2021.8.2.34

Wijayanti, S., & Lestari, D. (2021). Peran Interaksi Guru dan Orang Tua dalam Pembentukan Nilai dan Perilaku Anak di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(1), 45–60. https://doi.org/https://doi.org/10.54321/jpk.2021.9.1.45




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um053v7i2p93-107

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editor's Address: Jln. Ki Ageng Gribig No.45 Malang 65138, Telp. (0341) 712192 Kampus PP2 PAUD FIP State University of Malang

Homepage: http://journal2.um.ac.id/index.php/Jpaud
Email
: jurnal.paud@fip.um.ac.id

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.