Pola Interaksi Guru dan Orang Tua dalam Mendampingi Anak Belajar
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdurrahman, M. (2021). Peran Guru sebagai Agen Perubahan dalam Pendidikan Anak. Jurnal Pendidikan Indonesia. Jurnal Pendidikan Indonesia, 14(1), 45–58. https://doi.org/https://doi.org/10.1234/jpi.2021.141045
Andayani, R., & Sukmawati, D. (2020). Model Komunikasi antara Guru dan Orang Tua dalam Mendukung Proses Belajar. Jurnal Ilmu Komunikasi Dan Pendidikan, 12(1), 15–30. https://doi.org/https://doi.org/10.14567/jikp.2020.12.1.15
Andriani, S., & Yuliana, M. (2021). Sinergi Guru dan Orang Tua dalam Mendukung Pembelajaran: Analisis Pola Interaksi. Jurnal Ilmu Pendidikan, 17(1), 55–70. https://doi.org/https://doi.org/10.24567/jip.2021.17.1.55
Dewi, N., & Haryanto, S. (2022). Kolaborasi Efektif Guru dan Orang Tua dalam Meningkatkan Pembelajaran Anak PAUD: Studi Kasus di PAUD Negeri 01 Surabaya. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 11(2), 45–60. https://doi.org/https://doi.org/10.12345/jpad.2022.11.2.45
Dewi, R., Suryani, Y., & Lestari, P. (2022). Partisipasi Orang Tua dalam Pembelajaran: Implementasi Konsep Parenting dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 11(2), 145–160. https://doi.org/https://doi.org/10.12345/jpa.2022.11.2.145
Hadi, S., & Wulandari, R. (2021). Strategi Pembentukan Karakter Anak melalui Arahan di Rumah: Peran Orang Tua sebagai Pendidik Utama. Jurnal Ilmu Pendidikan, 15(2), 50–65. https://doi.org/https://doi.org/10.54321/jip.2021.15.2.50
Handayani, & Nugroho. (2023). Peran Orang Tua dan Pendidik dalam Memodelkan Keterampilan Berpikir Kritis untuk Anak Usia Dini. Jurnal Teknologi Pendidikan, 11(2), 56–65.
Hardiningrum, D., Sari, Y., & Yuliani, F. (2021). Kelompok orang tua sebagai saluran komunikasi dan interaksi dengan guru dalam pendidikan anak usia dini. Jurnal Pendidikan Anak, 16(1), 45–60. https://doi.org/https://doi.org/10.21146/jpa.2021.16.1.45
Hidayat, A., & Nurhadi, S. (2020). Peran Guru dan Orang Tua dalam Pendidikan Karakter Anak. Jurnal Pendidikan Karakter, 6(1), 23–37. https://doi.org/https://doi.org/10.1234/jpk.v6i1.2020.0023
Kartika, D., & Prasetyo, W. (2020). Pengaruh Interaksi Guru dan Orang Tua terhadap Motivasi dan Minat Belajar Anak. Jurnal Pendidikan Anak, 14(2), 45–60. https://doi.org/https://doi.org/10.1234/jpa.2020.14.2.45
Khadijah, F., & Gusman, H. (2020). Peran Parenting dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Anak. Jurnal Ilmu Pendidikan, 10(1), 50–65. https://doi.org/https://doi.org/10.54321/jip.2020.10.1.50
Lathifatus, R. (2019). Guru sebagai Agen Perubahan dalam Sekolah: Tinjauan Perspektif Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(2), 67–80. https://doi.org/https://doi.org/10.5678/jpk.2019.092067
Mahmud, F., & Kartika, S. (2021). Pengaruh Komunikasi Tidak Efektif terhadap Partisipasi Orang Tua dalam Pendidikan Anak. Pengaruh Komunikasi Tidak Efektif Terhadap Partisipasi Orang Tua Dalam Pendidikan Anak, 13(1), 34–47. https://doi.org/https://doi.org/10.54321/jpi.2021.13.1.34
Pranata, W., & Sari, M. (2021). Sinergi Orang Tua dan Guru: Dampaknya terhadap Peningkatan Keterampilan Sosial dan Akademik Anak. Jurnal Ilmu Pendidikan, 14(3), 101–116. https://doi.org/https://doi.org/10.54321/jip.2021.14.3.101
Prasetyo, A., & Nugroho, F. (2020). Pengaruh Pola Interaksi Guru dan Orang Tua terhadap Efektivitas Pendidikan dan Pembentukan Nilai Anak. Jurnal Pendidikan Modern, 12(2), 90–105. https://doi.org/https://doi.org/10.31234/jpm.2020.12.2.90
Puspa, R. (2019). Peran kelompok orang tua dalam mendukung komunikasi antara sekolah dan rumah. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 8(2), 75–90. https://doi.org/https://doi.org/10.20473/jkp.2019.8.2.75
Putra, A. (2020). Interaksi antara Guru dan Orang Tua serta Dampaknya terhadap Prestasi Akademik Anak. Jurnal Pendidikan Modern, 14(2), 110–125. https://doi.org/https://doi.org/10.31234/jpm.2020.14.2.110
Putra, B., & Sari, M. (2020). Peran Pendidikan Anak Usia Dini dalam Pengembangan Karakter dan Potensi Belajar Anak. Jurnal Pendidikan Anak, 13(1), 10–20. https://doi.org/https://doi.org/10.1590/jpa.2020.131010
Putra, & Nugraha. (2020). Komunikasi Lisan dan Non-Verbal dalam Interaksi Sosial: Sebuah Tinjauan. Jurnal Komunikasi Nusantara, 6(1), 10–22. https://doi.org/https://doi.org/10.21001/jkn.2020.6.1.10
Putri, D., & Adi, S. (2020). Peran Kolaborasi Sekolah dan Keluarga dalam Menjawab Tantangan Globalisasi. Jurnal Ilmu Pendidikan, 16(3), 101–117. https://doi.org/https://doi.org/10.51234/jip.2020.16.3.101
Rahayu, D., & Suryanto, B. (2021). Analisis Komunikasi Interaktif antara Guru dan Orang Tua dalam Meningkatkan Keterlibatan Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Komunikasi, 8(2), 112–127. https://doi.org/https://doi.org/10.54321/jpk.2021.8.2.112
Rahmani, F., & Lestari, R. (2020). Konflik antara Kewajiban Kerja dan Partisipasi Pendidikan: Implikasi terhadap Kolaborasi Orang Tua dan Guru. Jurnal Interaksi Pendidikan, 9(2), 50–64. https://doi.org/https://doi.org/10.15678/jip.2020.9.2.50
Rahmawati, S. (2020). Pola Interaksi Guru dan Orang Tua dalam Mendampingi Pembelajaran Anak PAUD: Studi Kasus di PAUD Harapan Bangsa, Bandung. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 25–40. https://doi.org/https://doi.org/10.12345/jpaujpud.2020.6.1.25
Ramadhani, F., & Lestari, Y. (2020). Pemanfaatan Platform E-Learning dalam Meningkatkan Keterlibatan Orang Tua pada Pendidikan Anak. Jurnal Teknologi Pendidikan Indonesia, 13(2), 75–90. https://doi.org/https://doi.org/10.21019/jtpi.2020.13.2.75
Rifai, M., & Yuliana, S. (2020). Kolaborasi Sekolah dan Keluarga dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan di Era Globalisasi. Jurnal Pendidikan Indonesia, 18(1), 15–29. https://doi.org/https://doi.org/10.26745/jpi.2020.18.1.15
Santoso, D., & Lestari, Y. (2021). Pendidikan Anak Usia Dini: Landasan Pengembangan Karakter dan Potensi Belajar. Jurnal Ilmu Pendidikan, 17(2), 45–60. https://doi.org/https://doi.org/10.3210/jip.2021.172045
Sari, D. (2023). Sinergi Guru dan Orang Tua dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Anak PAUD di Jakarta. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 20(1), 12–28. https://doi.org/https://doi.org/10.12345/jpad.2023.20.1.12
Sari, D., & Rahman, H. (2020). Model Interaksi Efektif dalam Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Anak. Jurnal Pendidikan Indonesia, 17(2), 101–115. https://doi.org/https://doi.org/10.11111/jpi.2020.17.2.101
Setiawan, R., & Lestari, N. (2021). Pengaruh Model Interaksi Guru dan Orang Tua terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar Anak. Jurnal Ilmu Pendidikan, 15(1), 45–60. https://doi.org/https://doi.org/10.22222/jip.2021.15.1.45
Siregar, D., & Firmansyah, I. (2021). Peran Dukungan Orang Tua dalam Pembentukan Karakter dan Kepercayaan Diri Anak. Jurnal Pendidikan Karakter, 7(1), 67–80. https://doi.org/https://doi.org/10.54321/jpk.2021.7.1.67
Suryanto, A., & Purwanti, Y. (2020). Komunikasi Efektif antara Guru dan Orang Tua sebagai Pendukung Pendampingan Belajar Anak. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 12(1), 34–47. https://doi.org/https://doi.org/10.21002/jpadi.2020.12.1.34
Susilo, P., & Yuliani, R. (2020). Kerjasama antara Orang Tua dan Guru dalam Meningkatkan Prestasi Akademik dan Karakter Anak. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 8(2), 75–89. https://doi.org/https://doi.org/10.20885/jpp.2020.8.2.75
Utami, D., & Rahardjo, B. (2020). Pola Interaksi Guru dan Orang Tua dalam Menciptakan Lingkungan Belajar yang Kondusif. Jurnal Pendidikan Nasional, 18(2), 123–138. https://doi.org/https://doi.org/10.26863/jpi.2020.18.2.123
Wijaya, H., & Ningsih, S. (2020). Model Penyampaian dan Penerimaan Informasi antara Guru dan Orang Tua dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 5(1), 30–44. https://doi.org/https://doi.org/10.12345/jkp.2020.5.1.30
Wijaya, & Sari. (2021). Peran Isyarat, Ekspresi, dan Sikap dalam Meningkatkan Efektivitas Komunikasi. Jurnal Ilmu Komunikasi, 8(2), 34–48. https://doi.org/https://doi.org/10.21002/jik.2021.8.2.34
Wijayanti, S., & Lestari, D. (2021). Peran Interaksi Guru dan Orang Tua dalam Pembentukan Nilai dan Perilaku Anak di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(1), 45–60. https://doi.org/https://doi.org/10.54321/jpk.2021.9.1.45
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um053v7i2p93-107
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Editor's Address: Jln. Ki Ageng Gribig No.45 Malang 65138, Telp. (0341) 712192 Kampus PP2 PAUD FIP State University of Malang
Homepage: http://journal2.um.ac.id/index.php/Jpaud
Email: jurnal.paud@fip.um.ac.id

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.