EFEKTIFITAS PERMAINAN SIRKUIT MAHKOTA UNTUK MENSTIMULUS KEMAMPUAN MOTORIK KASAR ANAK TK A DI TK DHARMA WANITA 06 KEDUNGKANDANG
Abstract
Permainan sirkuit mahkota merupakan permainan yang terdiri beberapa komponen permainan dengan mengembangkan kemampuan motorik kasar anak TK A. Terdapat 4 aspek perkembangan motorik kasar. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui seberapa efektif permainan sirkuit mahkota terhadap perkembangan motorik kasar anak TK A di TK Dharma Wanita 06 Kedungkandang. Penelitian dengan menggunakan jenis kuantitaif dengan metode pra-eksperimen menunjukkan bahwa permainan sirkuit mahkota efektif untuk menstimulus kemampuan motorik kasar anak TK A di TK Dharma Wanita 06 Kedungkandang. Jumlah sampel pada penelitian ini yaitu 20 anak TK A di TK Dharma Wanita 06 Kedungkadang. Hasil kemampuan awal motorik kasar anak TK A pada pra-tes menunjukkan hasil secara keseluruhan sebesar 259 dengan rata-rata sebesar 12,59. Hasil kemampuan motorik kasar anak TK A pada pasca-tes setelah diberikan perlakuan dengan permainan Sirkuit Mahkota menunjukkan hasil keseluruhan sebesar 340 dengan rata-rata 16,69. Hasil analisis data menggunakan uji-t amatan ulang dengan df= 19 menunjukkan t tabel sebesar 3,883, dan nilai uji t hiitung sebesar 19,28. Menunjukkan bahwa t hitung>t tabel sehingga sirkuit mahkota efektif untuk menstimulus motorik kasar anak TK A.
Full Text:
PDFReferences
Astuti, R. D. Pengembangan Permainan Sirkuit Mahkota untuk Mengembangkan Kemampuan Fisik Motorik Kasar Anak TK A di Kelurahan Polehan Kecamatan Blimbing. Skripsi: Tidak Diterbitkan.
Depdiknas. 2004. Peraturan Menteri Pendidikan No. 58 Tentang Standar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini
Fajar, Y. W., dkk. 2015. Efektivitas Permanian Sirkuit Pintar Melatih Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal PG-PAUD Tunojoyo, 2, 76 - 149.
Hurlock, E. B. 1978. Perkembangan Anak Jilid 1. (Terjemahan Meitasari dan Muslichah). 1988. Jakarta: Erlangga.
Permendikbud. 2014. Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Menteri Pendidikan dan Budaya.
Rahyubi, H. 2012. Teori-Teori Belajar dan Aplikasi Pembelajaran Motorik. Bandung: Nusa Media.
Sadiman, A. S. 1993. Media Pendidikan: Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: RajaGrafindo Persada.
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um053v1i2p124-131
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Editor's Address: Jln. Ki Ageng Gribig No.45 Malang 65138, Telp. (0341) 712192 Kampus PP2 PAUD FIP State University of Malang
Homepage: http://journal2.um.ac.id/index.php/Jpaud
Email: jurnal.paud@fip.um.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.