EFEKTIFITAS PERMAINAN SIRKUIT MAHKOTA UNTUK MENSTIMULUS KEMAMPUAN MOTORIK KASAR ANAK TK A DI TK DHARMA WANITA 06 KEDUNGKANDANG

Septy Eka Nugraheni, Retno Tri Wulandari, Nur Anisa

Abstract


Permainan sirkuit mahkota merupakan permainan yang terdiri beberapa komponen permainan dengan mengembangkan kemampuan motorik kasar anak TK A. Terdapat 4 aspek perkembangan motorik kasar. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui seberapa efektif permainan sirkuit mahkota terhadap perkembangan motorik kasar anak TK A di TK Dharma Wanita 06 Kedungkandang. Penelitian dengan menggunakan jenis kuantitaif dengan metode pra-eksperimen menunjukkan bahwa permainan sirkuit mahkota efektif untuk menstimulus kemampuan motorik kasar anak TK A di TK Dharma Wanita 06 Kedungkandang. Jumlah sampel pada penelitian ini yaitu 20 anak TK A di TK Dharma Wanita 06 Kedungkadang. Hasil kemampuan awal motorik kasar anak TK A pada pra-tes menunjukkan hasil secara keseluruhan sebesar 259 dengan rata-rata sebesar 12,59. Hasil kemampuan motorik kasar anak TK A pada pasca-tes setelah diberikan perlakuan dengan permainan Sirkuit Mahkota menunjukkan hasil keseluruhan sebesar 340 dengan rata-rata 16,69. Hasil analisis data menggunakan uji-t amatan ulang dengan df= 19 menunjukkan t tabel sebesar 3,883, dan nilai uji t hiitung sebesar 19,28. Menunjukkan bahwa t hitung>t tabel sehingga sirkuit mahkota efektif untuk menstimulus motorik kasar anak TK A.


Full Text:

PDF

References


Astuti, R. D. Pengembangan Permainan Sirkuit Mahkota untuk Mengembangkan Kemampuan Fisik Motorik Kasar Anak TK A di Kelurahan Polehan Kecamatan Blimbing. Skripsi: Tidak Diterbitkan.

Depdiknas. 2004. Peraturan Menteri Pendidikan No. 58 Tentang Standar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini

Fajar, Y. W., dkk. 2015. Efektivitas Permanian Sirkuit Pintar Melatih Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal PG-PAUD Tunojoyo, 2, 76 - 149.

Hurlock, E. B. 1978. Perkembangan Anak Jilid 1. (Terjemahan Meitasari dan Muslichah). 1988. Jakarta: Erlangga.

Permendikbud. 2014. Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Menteri Pendidikan dan Budaya.

Rahyubi, H. 2012. Teori-Teori Belajar dan Aplikasi Pembelajaran Motorik. Bandung: Nusa Media.

Sadiman, A. S. 1993. Media Pendidikan: Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: RajaGrafindo Persada.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um053v1i2p124-131

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editor's Address: Jln. Ki Ageng Gribig No.45 Malang 65138, Telp. (0341) 712192 Kampus PP2 PAUD FIP State University of Malang

Homepage: http://journal2.um.ac.id/index.php/Jpaud
Email
: jurnal.paud@fip.um.ac.id

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.