MEDIA DOMINASI (DOMINO SISTEM KOORDINASI) UNTUK SISWA KELAS XI SMA/MA
Abstract
Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media domino sebagai media pembelajaran Biologi pada materi sistem koordinasi untuk siswa kelas XI SMA/MA. Data penelitian berupa data kelayakan media yang diambil dari hasil validasi ahli media, materi, bahasa, respon guru dan respon siswa. Pengambilan data pada penelitian ini menggunakan instrumen berupa angket validasi ahli media, materi, bahasa, respon guru serta respon siswa. Analisis data dilakukan secara deskriptif. Hasil validasi menunjukkan penilaian ahli materi memperoleh persentase sebesar 75 persen dengan kriteria layak, ahli bahasa sebesar 82,2 persen dengan kriteria sangat layak, ahli media sebesar 78 persen dengan kriteria layak, respon guru biologi 76,4 persen dengan kriteria layak, dan respon siswa sebesar 83,5 persen dengan kriteria sangat layak. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa media dominasi layak digunakan sebagai media pembelajaran biologi khususnya materi sistem koordinasi untuk kelas XI SMA/MA.
Abstract.
This study aims to develop domino media as a learning media for biology in the coordination system material for class XI SMA / MA students. The research data is in the form of media feasibility data taken from the validation results of media experts, material, language, teacher responses and student responses. Retrieval of data in this study using instruments in the form of validation questionnaires for media experts, materials, language, teacher responses and student responses. Data analysis was carried out descriptively. The validation results showed that the material expert's assessment obtained a percentage of 75 percent with proper criteria, 82.2 percent of language experts with very feasible criteria, 78 percent of media experts with proper criteria, 76.4 percent of biology teacher responses with proper criteria, and student responses amounted to 83.5 percent with very feasible criteria. The results obtained indicate that the media of dominance is suitable for use as a media for learning biology, especially the material for the coordination system for class XI SMA / MA.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abqori, F. T., Irawan, E.B., Sa’dijah, C. 2018. Media Permainan Kartu Domino untuk Meningkatkan Keterampilan Berhitung Konversi Pecahan Desimal Siswa Kelas IV. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan. Vol 3 (9): 1190-1199. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/ article/view/11550/5460
Aqib, Z. 2013. Model-model, Media, dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif), Bandung: Yrama Widya.
Balbuena and Buayan. 2014. Mnemonics and Gaming, Scaffolding Learning of Integers. Asia Pacific Journal of Education, Arts and Sciences. Vol. 2, Ed.1.
Hanafiah dan Suhana. 2010, Konsep Strategi Pembelajaran, Bandung, PT: Refika Aditama.
Hapsari, P.A. 2016. Validitas Kartu Permainan Domino Intevebrata Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA. Jurnal Mahasiswa UNESA. Vol 5 (3): 151-159.
Mailili. W. H. 2018. Penerapan Media Pembelajaran Berbentuk Kartu Domino untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIIA MTs Alkhairaat Kalukubula pada Materi Perkalian dan Pembagian Bilangan Bulat. Journal of Pedagogy. Vol 1 (1): 84-91. https://media.neliti.com/media/ publications/322096-penerapan-media-pembelajaran-berbentuk-k-a39ff86a.pdf.
Mawaddah. 2016. Pengembangan Media Kartu Domino Pada Materi Koloid Untuk Kelas XI MIA 2, Skripsi Pada Program Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Banda Aceh, Universitas Syiah Kuala.
Melina, V. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Domino Nusantara (Donat) Konservasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Ranah Kognitif Studi Kasus: Siswa Kelas IV SDN Purwoyoso 01 Semarang. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Semarang. http://lib.unnes.ac.id/31242/1/1401413061.pdf.
Nugraha, D.S. 2016. Penggunaan Media Edukatif Permainan Domino Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XE SMA Taruna Nusa Harapan Mojokerto Pada Materi Plantae, Skripsi Pada Program Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Yogyakarta, Universitas Sanata Dharma.
Purwono, J., Yutmini, S., dan Anitah, S. 2014. Penggunaan Media Audio-Visual Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Di Sekolah Menengah Pertama Negeri1 Pacitan. Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran, Vol.2, No.2: 127
Rakhma. A. 2010. Penggunaan Media Kartu Permainan Domino Untuk Meningkatkan Keterampilan Belajar Pecahan Dalam Pembelajaran Matematika Pada Siswa Kelas III SD Negeri Menuran 02 Baki Sukoharjo, Skripsi Pada Program Pendidikan Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Surakarta, Universitas Sebelas Maret.
Sanaky, H. A.H. 2013. Media Pembelajaran Interaktif-Inovatif, Yogyakarta: Kaukaba Dipantara.
Steffi, A. dan Syastra, M. T. 2015. Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Bagi Siswa Kelas X SMA Ananda Batam. CBIS Journal, 3(2): 78-90.
Sumini. 2019. Penggunaan Media edukatif Kartu Domino untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII MTS Negeri Dumai. Jurnal PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran). Vol 3 (1): 182-188. https://www.researchgate.net/ publication/331068877_PENGGUNAAN_MEDIA_ EDUKATIF_KARTU_DOMINO_UNTUK_MENINGKATKAN_HASIL_BELAJAR_MATEMATIKA_SISWA_KELAS_VII9_MTS_NEGERI_DUMAI_TAHUN_PELAJARAN_20172018.
Sugiyono. 2013. Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Tafonao, T. 2018. Peranan Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. 2018. Jurnal Komunikasi Pendidikan. Vol 2 (2): 103-114.
Wahyuningsi, T. 2017. Pengembangan Media Kartu Domino Modifikasi pada Pembelajaran IPA Materi Indra Pendengar dan Peraba untuk Siswa Kelas IV SD Kanisius Kenteng. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma. https://repository.usd.ac.id/10088/2/131134159 _full.pdf.
Wardani, D.D. 2017. Pengembangan Media Kartu Domino Modifikasi Pada Pembelajaran IPA Materi Struktur Akar Dan Batang Tumbuhan Untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar, Skripsi Pada Program Pendidikan Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Yogyakarta, Universitas Sanata Dharma.
Zhughoiriyah, B., Made, N. S., & Ayu, L. T. 2015. Penerapan Teams Games Tournament Berbantuan Media Kartu Domino Angka untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan.Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 3(1), 1—10. Diperoleh dari https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPAUD/ article/view/5885/4239.
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um052v12i2p99-107
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Biology Department, Faculty of Mathematics and Natural Sciences, Universitas Negeri Malang,Building O-5 Jl. Cakrawala No.2 Malang 65145 Tel / Fax. (0341) 588077 (direct), (0341) 551312 line 262
E-mail: jpb.journal@um.ac.id
Web: s.id/JPB