PENGEMBANGAN BUKU PINTAR BERBASIS QR CODE MATERI BIODIVERSITAS BRYOPHYTE UNTUK SISWA KELAS X SMA N 1 BOJA

Fadla Orsida, Lianah Lianah, Rita Ariyana Nur Khasanah

Abstract


Abstrak. Literasi sains di bidang pendidikan Indonesia minim akan inovasi yang dikembangkan oleh pengajar. Umumnya pengajar hanya menggunakan metode ceramah dalam menyampaikan materi kepada siswa sehingga siswa merasa kesulitan menangkap materi yang diterima. Untuk memudahkan siswa dalam memahami materi, inovasi buku pintar berbasis QR Code menjadi salah satu bentuk inovasi media pembelajaran. Hal tersebut dikarenakan generasi Z lebih tanggap dan cepat mengusai teknologi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendesain dan mengembangkan buku pintar berbasis QR Code pada materi Bryophyte untuk siswa SMA N 1 Boja. Metodologi penelitian yaitu RnD dengan model pengembangan ADDIE dengan tahapan (1) penelitian eksplorasi, (2) analisis, (3) desain buku, (4) uji kelayakan, (5) revisi (7) pelaksanakan, dan (6) evaluasi. Analisis data digunakan rumus persentase (Arikunto) dan tabel kelayakan Likert. Hasil penelitian menunjukan karakteristik buku pintar berbasis QR Code yaitu menggunakan kode qr untuk menampilkan foto dan video, terdapat integrasi Nilai Islam, macam lumut diambil dari penelitian eksplorasi. Kelayakan buku pintar yaitu ahli media 80,95% (layak), ahli materi 91,67% (sangat layak), ahli integrasi 90% (sangat layak). Buku pintar ini memiliki potensi untuk melatih kemampuan literasi siswa dengan persentase 88%.

Abstract. Scientific literacy in Indonesian education lacks innovations developed by teachers. Generally, teachers only use the lecture method in delivering material to students so that students find it difficult to catch the material received. To make it easier for students to understand the material, QR Code-based smart book innovation is a form of learning media innovation. This is because Generation Z is more responsive and faster at mastering technology. The research objective is to design and develop a QR Code-based smart book on Bryophyte material for students of SMA N 1 Boja. The research methodology is RnD with the ADDIE development model with stages (1) exploration research, (2) analysis, (3) book design, (4) feasibility test, (5) revision (7) implementation, and (6) evaluation. Data analysis used percentage formula (Arikunto) and Likert feasibility table. The results of the study show the characteristics of the QR Code-Based Smart Book, namely using a QR Code to display photos and videos, there is an integration of Islamic values, types of mosses taken from exploratory research. The eligibility of Smart Books are media experts 80.95% (adequate), material experts 91.67% (very feasible), integration experts 90% (very feasible). This smart book has the potential to train students' literacy skills with a percentage of 88%.

Keywords


Buku pintar; abad 21; literasi sains; biodiversitas; Bryophyte

Full Text:

PDF

References


Ariana, Desi, Situmorang, Risya Pramana & Krave, Agna Sulis. 2020. Pengembangan Modul Berbasis Discovery Learning pada Materi Jaringan Tumbuhan untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains Siswa Kelas XI IPA SMA. Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA. 11(1):34-46.

Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Berlian, Mery; Mujtahid, Iqbal Miftakhul; Vebrianto, Rian; & Thahir, Musa. 2021. Profil Literasi Sains dalam Pembelajaran IPA di Era Covid-19: Studi Kasus di Universitas Terbuka. Journal of Natural Sciences and Integration. 4(1): 77-84.

Branch, R. M. 2009. Intructional Desaign: The ADDIE Approuch. New York: Springger Sciences And Bussines Media.

Fadilah, Solikhah Isti; Titis Wida Dewi Amarta; Chandra Adi Prabowo. 2020. SMA pada Pembelajaran Biologi. Jurnal Program Studi Pendidikan Biologi . 10(1):27–34.

Firman, Rahman, Sari R. 2020. Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19. Indonesian Journal of Educational Sciences. 2(2): 81-89.

Fitria, Naja. 2017. “Keanekaragaman Tumbuhan Lumut (Bryophyta) di Kawasan Tahura Pocut Meurah Intan Kabupaten Aceh Besar sebagai Sub Materi Pendukung Pembelajaran Bryophyta di Sman 1 Lembah Seulawah.” Journal of Chemical Information and Modeling 53(9):21–25.

Group, Metiri. 2003. Engauge 21st Century Skills: Literacy in the Digital AgeEngauge 21st Century Skills: Literacy in the Digital Age. Los Angeles: NCREL and Metiri Group.

Guswika, Hajmia. 2017. Pengembangan buku pintar tumbuhan obat berbasis potensi lokal bermuatan karakter sebagai bahan penyuluhan bagi masyarakat Desa Ngadas Kecamatan Poncokusumo Kabupaten Malang. Masters thesis. Universitas Negeri Malang.

ITIS. 2021. “ITIS Report.” Retrieved (http;//theplantlist.org/1).

Janah, Siti Riyadhotul; Suyitno, Hardi; & Rosyida, Isnaini. 2019. Pentingnya Literasi Matematika dan Berpikir Kritis Matematis dalam Menghadapi Abad ke-21. PRISMA. No. 2: 905-910.

Kharizmi, Muhammad. 2015. Kesulitan Siswa Sekolah Dasar dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi. Jurnal Pendidikan Almuslim VII(2):94–102.

Kurniawan, Hari, Muhamad Arifin, M. Kom, M. Jauharul Fuady, Buku Pintar, Metode Pembelajaran Kooperatif, Augmented Reality, Menurut Kamus, and Besar Bahasa. 2014. Pengembangan Buku Pintar Metode Pembelajaran Kooperatif Berbantuan Augmented Reality pada Smartphone Studi Kasus. Seminar Nasional Teknologi Informasi Dan Komunikasi 2014 (2089–9813):76–82.

Lianah; Kusumarini, Niken; Rochmah, Fitriana; Orsida, Fadla; Mukhlisi; Ahmad, Milya Ulfa; and Nadhifah; Ainun. 2021. Bryophyte Diversity in Mount Prau, Blumah Village, Central Java. Jurnal Biodjati 6(1):23–35. doi: 10.15575/biodjati.v6i1.11693.

Mahlianurrahman. 2018. Media Pembelajaran IPA terhadap Kemampuan Literasi Sains Siswa Sekolah Dasar. Journal of Chemical Information and Modeling. 53(9):1689–99.

Mutiarani, Yuni Prastiwi. 2017. Analisis Koherensi Teks dan Gambar Buku Biologi Kelas XII: Studi Kasus Topik Pertumbuhan dan Perkembangan. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi dan Biologi. 73-80.

Narut, Yosef Firman, and Kansius Supradi. 2019. Literasi Sains Peserta Didik dalam Pembelajaran IPA di Indonesia. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar. 3(1):61–69.

Nurul Afifah. 2013. Problematika Pendidikan di Indonesia (Telaah Aspek Budaya). Jurnal Pendidikan

(2):64–74.

Prastiwi, Nova Hartina; Lukitasari, Marheny; & Sri Utami. 2020. Pengembangan Biorivista (Majalah Biologi) Berbasis Mind Mapping untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains Siswa SMA/MA pada Materi Sistem Eksresi. Prosiding Seminar Nasional SIMBIOSIS V. 284-292.

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suryaningsih, Yeni. 2018. Ekowisata sebagai Sumber Belajar Biologi dan Strategi untuk Meningkatkan Kepedulian Siswa terhadap Lingkungan. Jurnal Bio Educatio. 3(2): 59-72.

Susanto; Heri, Roekhan; and Priyatni, Endah Tri. 2016. Pengembangan Buku Pintar Elektronik Teks Eksposisi Bagi Siswa SMP Kelas VII. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan 1(6):1017–27.

Wahono, Romi Satria. 2006. Aspek Dan Kriteria Penilaian Media. RomiSatriaWahono.Net. Retrieved February 2, 2021 (https://romisatriawahono.net/2006/06/21/aspek-dan-kriteria-penilaian- media-pembelajaran).

Wati, Acna Clara Aida, Tri Wiharti, and Anwari Adi Nugroho. 2019. Pengembangan Modul Bryophyta Berbasis Hasil Penelitian Di Tahura Ngargoyoso Karanganyar Untuk Siswa Kelas X SMA. Florea : Jurnal Biologi Dan Pembelajarannya 6(2):54. doi: 10.25273/florea.v6i2.5083.

Winata, Anggun, Sri Cacik, and Ifa Seftia R. W. 2018. Kemampuan Awal Literasi Sains Peserta Didik Kelas V SD N Sidoarjo 1 Tuban pada Materi Daur Air. JTIEE. 2(1):58–64.

Yusmiari, N. N., A. A. G. Agung, and 2017. Pengembangan Buku Pintar Elektronik (BPE) Berbasis Pendekatan Ilmiah pada Mata Pelajaran IPA Semester Genap. Jurnal Edutech. 72–83.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um052v14i1p25-38

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Biology Department, Faculty of Mathematics and Natural Sciences, Universitas Negeri Malang,Building O-5 Jl. Cakrawala No.2 Malang 65145 Tel / Fax. (0341) 588077 (direct), (0341) 551312 line 262

E-mail: jpb.journal@um.ac.id

Web: s.id/JPB

 

View My Stats