PROFIL INTEGRASI ASPEK SAINTIFIK PADA RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MATA KULIAH MICROTEACHING TA 2020/2021

Yesi Chotimah, Putri Agustina

Abstract


Abstrak. Pembelajaran biologi seharusnya dilakukan sesuai hakikat biologi sebagai sains. Salah satu pendekatan yang sesuai dengan karakteristik biologi sebagai sains adalah pendekatan saintifik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil integrasi aspek saintifik pada RPP mata kuliah microteaching semester genap T.A 2020/2021. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling dengan menggunakan rumus Slovin sebagai metode penentuan jumlah sampel. Sampel RPP berjumlah 78 dokumen RPP dari 39 mahasiswa calon guru biologi FKIP UMS yang menempuh mata kuliah microteaching. Hasil penelitian integrasi aspek saintifik pada RPP microteaching menunjukkan, bahwa persentase tertinggi terdapat pada kegiatan inti dari RPP 1 dan RPP 2 yaitu mengamati (100% dan 92,31%), menanya (38,46% dan 43,59%), mengumpulkan informasi (97,44% dan 100%), dan mengomunikasikan (94,87% dan 100%), sedangkan mengasosiasi (100% dan 97,44%) tertinggi pada tujuan pembelajaran. Persentase integrasi terendah terdapat pada kegiatan pendahuluan dan penutup. Integrasi terendah aspek mengamati (5,13%) terdapat pada penutup, aspek menanya (0%) pada semua bagian RPP 1 kecuali kegiatan inti dan (0%) pada tujuan, pendahuluan dan penutup pada RPP 2, aspek mengumpulkan informasi (2,56%) pada pendahulaun dan penutup RPP 1 dan (2,56%) pada penutup di RPP 2. Aspek mengasosiasi (2,56%) pada pendahuluan RPP 1 dan (5,13%) pada pendahuluan dan penutup RPP 2. Aspek mengomunikasikan (0%) pada pendahuluan.

Abstract. The biology learning should be carried out according to the nature of biology as a science. One approach that fits the characteristics of biology as a science is a scientific approach. This study aims to determine the profile of the integration of scientific aspects in the implementation of microteaching courses in the even semester of the 2020/2021 academic year. The sampling technique was carried out by purposive sampling using the Slovin formula as a method of determining the number of samples. The sample of the lesson plan amounted to 78 learning implementation plan documents from 39 prospective biology teacher students at the Faculty of Teacher Training and Education at the University of Muhammadiyah Surakarta who took microteaching courses. The results of the integration of scientific aspects in the microteaching learning implementation plan showed that the highest percentage was found in the core activities of the learning implementation plan 1 and lesson plan 2, namely observing (100% and 92.31%), asking questions (38.46% and 43, 59%), collecting information (97.44% and 100%), and communicating (94.87% and 100%), while associating (100% and 97.44%) was highest on learning objectives. The lowest percentage of integration is in the preliminary and closing activities. The lowest integration of the observing aspect (5.13%) is in the closing, the questioning aspect (0%) in all parts of the learning implementation plan 1 except for the core activities and (0%) in the objectives, introduction and closing of the lesson plan 2, information gathering aspects (2.56%) at the introduction and closing of the lesson plan 1 and (2.56%) at the end of the lesson plan 2. Associating aspects (2.56%) at the introduction to the lesson plan 1 and (5.13%) in the introduction and closing of the lesson plan 2. The aspect of communicating (0%) in the introduction.

Keywords


Aspek Saintifik; RPP; microteaching

Full Text:

PDF

References


Agustina, P., & Saputra, A. (2017). Profil Keterampilan Dasar Mengajar Mahasiswa Calon Guru Biologi pada Matakuliah Microteaching. Jurnal Bioedutika, 5(1), 18–28. https://doi.org/10.26555/bioedukatika.v5i1.5670

Angkur, M. F. M. (2019). Penerapan Pendekatan Saintifik Pada Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Smart Paud, 2(1), 37–42. https://doi.org/10.36709/jspaud.v2i1.5918

Arumawati, D. Y., Pratiwi, E. L., Nurhayati, F., & Karenina, A. (2021). Profil Sinkronisasi Silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) pada Mata Pelajaran IPA Madrasah Tsanawiyah di Ponorogo. 1(1), 320–324. Ponorogo: Proceeding of Integrative Science Education Seminar. Retrieved from https://prosiding.iainponorogo.ac.id/index.php/pisces/article/view/267

Atiaturrahmaniah, Ibrahim, D. S. M., & Kudsiah, M. (2017). Pengembangan Pendidikan Matematika SD (1st ed.; Fahrurrozi, ed.). Lombok Timur: Universitas Hamzanwadi Press. Retrieved from https://books.google.co.id/books?id=gQXPDwAAQBAJ&pg=PA94&dq=kegiatan+mengamati+saintifik&hl=id&sa=X&ved=2ahUKEwjj0Kqvz7n4AhUhRWwGHV3gBAcQ6wF6BAgFEAU#v=onepage&q=kegiatan mengamati saintifik&f=false

Bariyah, L., Budiono, J. D., & Rahayu, Y. S. (2014). Analisis Kesesuaian RPP dan Pelaksanaan Pembelajaran Guru SMPN di Kabupaten Mojokerto pada Sub Materi Fotosintesis dengan Kerikulum 2013. Bioedu : Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi, 3(3), 453–460. Retrieved from https://prosiding.iainponorogo.ac.id/index.php/pisces/article/view/267

Fanani, A. (2021). Proses dan Kebermanfaatan Analisis Tujuan, Pembelajaran. 280–283. Seminar Nasional Hasil Riset dan Pengabdian Ke-III (SNHRP-III 2021). https://doi.org/https://doi.org/10.2466/pms.105.1.67-82

Febrina, D. (2018). Studi Tentang Pelaksanaan Pembelajaran Geografi Berdasarkan Standar Proses di SMA Negeri 7 Padang. Jurnal Buana, 2(1), 338–349. https://doi.org/https://doi.org/10.24036/student.v2i1.81

Gafur, A. (2018). Evaluasi Internasional Skill Pustakawan Bagian Pelayanan Umum di Perpustakaan Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang (Universitas Sumatera Utara Medan). Universitas Sumatera Utara Medan. Retrieved from http://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/4951

Husma, A. (2016). Biologi Dasar dan Kesehatan (1st ed.). Makassar: CV. Social Politic Genius. Retrieved from https://books.google.co.id/books?id=JXWcDwAAQBAJ&printsec=frontcover&dq=biologi+adalah&hl=id&sa=X&ved=2ahUKEwjm0pCYx8b4AhUd7XMBHeFCCZ0Q6AF6BAgIEAM#v=onepage&q=biologi adalah&f=false

Hw, P. (2012). Biologi, Sains, Lingkungan dan Pembelajarannya dalam Upaya Peningkatan Kemampuan dan Karakter Siswa. Seminar Nasional IX Pendidikan Biologi FKIP UNS, 9(1), 14–18. Retrieved from https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/prosbio/article/view/1011/664

Innaha, R. (2018). Kemampuan Technological Pedagogical and Conten Knowledge (TPACK) Guru IPA di Sekolah Inklusi SMP Negeri 23 Surakarta Tahun Ajaran 2017 – 2018 (Universitas Muhammadiyah Surakarta). Universitas Muhammadiyah Surakarta. Retrieved from http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/62434

Khanifah, S., Pukan, K. K., & Sukaesih, S. (2012). Pemanfaatan Lingkungan Sekolah Sebagai Sumber Belajar untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Unnes Journal of Biology Education, 1(1), 66–73. https://doi.org/https://doi.org/10.15294/jbe.v1i1.379

Lestari, M. (2018). Penerapan Pendekatan Saintifik Dengan Pemanfaatan Multimedia Komputer Pada Tema Sehat Itu Penting Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Min 41 Aceh Besar (Universitas Islam Negeri Ar-Raniry). Universitas Islam Negeri Ar-Raniry. Retrieved from http://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/3410

Marsa, Hala, Y., & Taiyeb, A. M. (2016). Pengaruh Penggunaan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Pendekatan Ilmiah Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar IPA Biologi Kelas VII Peserta Didik SMP Negeri 2 Watampone. Jurnal Sainsmat :Jurnal Ilmiah Ilmu Pengetahuan Alam, V(1), 42–57. https://doi.org/https://doi.org/10.35580/sainsmat5130482016

Mawardi. (2019). Optimalisasi Kompetensi Guru Dalam Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. JURNAL ILMIAH DIDAKTIKA: Media Ilmiah Pendidikan Dan Pengajaran, 20(1), 69–82. https://doi.org/10.22373/jid.v20i1.3859

Musawwir, M. A., & Umar, F. (2014). Studi Tentang Keterampilan Guru dalam Melaksanakan Apersepsi pada Pembelajaran PPKN di SMP Negeri 1 dan SMP Negeri 2 Benteng Kabupaten Kepulauan Selayar. Jurnal Tomalebbi: Jurnal Pemikiran, Penelitian Hukum, Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 1(2), 124–137. Retrieved from https://ojs.unm.ac.id/tomalebbi/article/view/1828

Nana. (2022). Inovasi Pembelajaran Edisi Revisi (1st ed.). Klaten: Penerbit Lakeisha. Retrieved from https://books.google.co.id/books?id=aCZlEAAAQBAJ&pg=PT206&dq=kegiatan+mengamati+saintifik&hl=id&sa=X&ved=2ahUKEwjj0Kqvz7n4AhUhRWwGHV3gBAcQ6AF6BAgMEAM#v=onepage&q=kegiatan mengamati saintifik&f=false

Nopitasari, A. (2012). Pengaruh Metode Student Created Case Studies Disertai Media Gambar Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Mojolaban Sukoharjo. Universitas Sebelas Maret.

Nugrahini, E. P. (2018). Kemampuan Menerapkan Hakikat Sains Calon Guru Biologi FKIP UMS dalam Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Kurukulum 2013 Tahun Akademik 2016/2017 (Universitas Muhammadiyah Surakarta). Universitas Muhammadiyah Surakarta. Retrieved from http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/64841

Pulukadang, W. T. (2021). Pembelajaran Terpadu (1st ed.). Gorontalo: Ideas Publishing. Retrieved from https://books.google.co.id/books?id=zFc-EAAAQBAJ&pg=PA157&dq=dalam+rpp+memuat+metode+pendekatan+pembelajaran&hl=id&sa=X&ved=2ahUKEwiXlIzku8X4AhUNR2wGHQIyDiAQ6AF6BAgDEAM#v=onepage&q=dalam rpp memuat metode pendekatan pembelajaran&f=false

Rahmatika, U., & Amrizal. (2018). Pemetaan Pembelajaran Biologi Berbasis Scientific Approach di SMA Negeri 1 Binjai. Jurnal Pelita Pendidikan, 6(1), 28–35. https://doi.org/https://doi.org/10.24114/jpp.v6i1.9170

Rakhman, S., Asrori, & Kaswari. (2017). Hubungan Pendekatan Saintifik Dan Konstruktivistik Dengan Perolehan Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Untan, 6(10), 1–12. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v6i10.22601

Rini, A., & Mulyani, M. (2022). Menyususn Teks Diskusi dengan Model Pembelajaran Pedagogik Genre dan Compile Answer Berbasis Kearifan Lokal (1st ed.). Karanganyar: Penerbit Yayasan Lembaga Gumun Indonesia. Retrieved from https://books.google.co.id/books?id=lF5oEAAAQBAJ&pg=PA18&dq=kegiatan+mengamati+saintifik&hl=id&sa=X&ved=2ahUKEwjj0Kqvz7n4AhUhRWwGHV3gBAcQ6AF6BAgGEAM#v=onepage&q=kegiatan mengamati saintifik&f=false

Setiowati, T., & Furqonita, D. (2007). Biologi Interaktif untuk SMA/MA Kls.XII IPA (1st ed.; T. Cahyani, Ed.). Jakarta Timur: Azka Press. Retrieved from https://books.google.co.id/books?id=OzMMylYcf0IC&pg=PA2&dq=Rumusan+masalah+praktikum+biologi+adalah&hl=id&sa=X&ved=2ahUKEwjF-_LThrr4AhU4R2wGHTVGBEMQ6AF6BAgGEAM#v=onepage&q=Rumusan masalah praktikum biologi adalah&f=false

Setiyasih, R. M. (2016). Kesesuaian Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (Rpp) dengan Pelaksanaan Pembelajaran Bahasa Jawa di Smp Se-Kecamatan Pulosari Kabupaten Pemalang. Piwulang Jawi: Journal of Javanese Learning and Teaching, 4(1). https://doi.org/https://doi.org/10.15294/piwulang%20jawa.v4i1.10292

Shobirin, M., Rachmadiarti, F., & Isnawati. (2016). Analisis Kesesuaian Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (Rpp) yang Dikembangkan Guru dengan Kurikulum 2013 Pada Materi Virus Kelas X SMA. BioEdu: Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi, 5(3), 406–410. Retrieved from http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/bioedu

Suciati, R., & Astuti, Y. (2016). Analisis Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Mahasiswa Calon Guru Biologi. EDUSAINS, 8(2), 192–200. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.15408/es.v8i2.4059

Susanti, R., Anwar, Y., & Ermayanti. (2019). Implementation of learning based on scientific approach to improve science process skills of biology education students in general biology course. Journal of Physics: Conference Series, 1166(012004), 1–5. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1166/1/012004

Utami, W., Zen, D., & Madang, K. (2015). Analisis Kesesuaian Langkah-Langkah Pembelajaran pada Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Guru Mata Pelajaran Biologi dengan Pendekatan Saintifik di SMA yang Telah Menenrapkan Kurikulum 2013. Jurnal Pembelajaran Biologi, 2(1), 83–95. https://doi.org/https://doi.org/10.36706/fpbio.v2i1.4726

Wardani, E. R. S., Budiono, J. D., & Indana, S. (2014). Analisis Kesesuaian Kegiatan Pembelajaran Pendekatan Saintifik dengan Tujuan Pembelajaran di SMAN Mojokerto. Bioedu: Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi, 3(3), 601–605. Retrieved from https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/1/article/view/9593/9465

Wati, R. (2019). Kemampuan Mahasiswa PLP 2 Pendidikan Biologi FKIP UMS dalam Pembuatan RPP di SMP Muhammadiyah Se-Surakarta Tahun Akademik 2017/2018 (Universitas Muhammadiyah Surakarta). Universitas Muhammadiyah Surakarta. Retrieved from http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/75314

Wulandari, A. B., Mudzanatun, & Putri, A. D. S. (2020). Kompetensi Pedagogik Guru dalam Implementasi Pendekatan Saintifik. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 3(1), 98–107. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jippg.v3i1.27986

Zaim, M. (2017). Implementing Scientific Approach to Teach English at Senior High School in Indonesia. Asian Social Science, 13(2), 33–40. https://doi.org/10.5539/ass.v13n2p33




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um052v14i2p165-180

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Biology Department, Faculty of Mathematics and Natural Sciences, Universitas Negeri Malang,Building O-5 Jl. Cakrawala No.2 Malang 65145 Tel / Fax. (0341) 588077 (direct), (0341) 551312 line 262

E-mail: jpb.journal@um.ac.id

Web: s.id/JPB

 

View My Stats