PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X PADA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN MENGGUNAKAN METODE JELAJAH ALAM SEKITAR

Damaris Clara Shinta, Susanti Pudji Hastuti, Sri Kasmiati

Abstract


Abstrak. Proses kegiatan pembelajaran ilmiah yang dilakukan oleh guru untuk meningkatkan hasil belajar dapat dilakukan dengan menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pelaksanaan penelitian pada siswa kelas XF yang berjumlah 34 siswa di SMA Negeri 2 Salatiga. Siswa menghadapi permasalahan yaitu adalah rendahnya hasil belajar dikarenakan proses pemberian materi hanya berbasis ceramah. Hasil wawancara dengan guru biologi di SMA Negeri 2 Salatiga pada materi Perubahan Lingkungan belum menerapkan sepenuhnya kegiatan laboratorium. Metode yang digunakan adalah pembelajaran Jelajah Alam Sekitar (JAS). Teknik pengumpulan data berupa wawancara, soal pre-test, post-test, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan hasil belajar siswa dapat meningkat pada materi Perubahan Lingkungan (pre-test siklus 1 rerata nilai 42,9 menjadi 85,6 dan post-test dan siklus 2 nilai pre-test rerata nilai 44,1 menjadi 84,0). Analisis N-Gain menunjukkan kategori “ tinggi” dari nilai siklus 1 sebesar 0,71 dan naik pada siklus 2 sebesar 0,73. Selain itu, hasil Uji Mann–Whitney mendapatkan hasil <0,005 maka pembelajaran menggunakan metode JAS termasuk efektif.

Abstract. The scientific learning activities teachers conduct to improve learning outcomes can be done using Classroom Action Research. The research was conducted on 34 students in class XF at SMA Negeri 2 Salatiga. Students are facing the issue of low learning outcomes because the material is only delivered through lectures. The interview results with the SMA Negeri 2 Salatiga biology teacher regarding Environmental Changes indicate that laboratory activities have not yet been fully implemented. The method used is Environmental Exploration learning. (JAS). The data collection techniques include interviews, pre-tests, post-tests, and documentation. Data analysis using qualitative descriptive techniques and quantitative descriptive techniques. The research results indicate that student learning outcomes can improve on Environmental Changes (the average pre-test score in cycle 1 increased from 42.9 to 85.6, and the post-test in cycle 2 showed a pre-test average score of 44.1, rising to 84.0). The N-Gain analysis shows a "high" category with a score of 0.71 in cycle 1, which increased to 0.73 in cycle 2. In addition, the Mann–Whitney test results showed a value of <0.005, indicating that learning using the JAS method is effective.

Keywords


Jelajah Alam Sekitar (JAS); PTK; Perubahan Lingkungan; N-Gain; Mann – Whitney

Full Text:

PDF

References


Aditya Dewantara, Jagad, Niko Juliansyah, Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganeraan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tanjungpura, Kota Pontianak, Provinsi Kalimantan Barat, Program Studi Pendidikan Biologi, Program Studi Pendidikan Ekonomi, and Program Studi Antropologi Sosial. 2023. “Identistas Nasional: Kontribusi Program P5 Dalam Kurikulum Baru Guna Membangun Rasa Nasionalisme Di SMP Negeri 16 Pontianak.” Jurnal Kewarganegaraan 7(1):1–18.

Alimah, S., and A. Marianti. 2016. Jelajah Alam Sekitar: Pendekatan, Strategi, Model, Dan Metode Pembelajaran Biologi Berkarakter Untuk Konservasi. Cetakan 1. edited by A. Priyono. Semarang.

Angga, Cucu Suryana, Ima Nurwahidah, Asep Herry Hernawan, Prihantini. 2021. “Komparasi Implementasi Kurikulum 2013 Dan Kurikulum Merdeka Di Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 6(4):7174–87.

Boslaugh, S. (2008). Statistics in a Nutshell.

Hamzah, Feri. 2017. “Penerapan Pendekatan Jelajah Alam Sekitar (JAS) Pada Materi Ekosistem Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Partisipasi Siswa Kelas VII SMP Negeri 9 Tadu Raya.” 1–108.

Juanda, Anda. 2016. PENELITIAN TINDAKAN KELAS (Classroom Action Research). Yogyakarta: Deepublish (Grup Penerbitan CV BUDI UTAMA).

Kurniawan, Anggie Bagoes, and Rusly Hidayah. 2021. “Kepraktisan Permainan Zuper Abase Berbasis Android Sebagai Media Pembelajaran Asam Basa.” Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika Dan Sains 5(2):92–97. doi: 10.26740/ujced.v9n3.p317-323.

Markus Birahi, S. N. Aulele, A. Z. Wattimena N. Lewaherilla, S. J. Latupeirissa. 2022. “Analisis Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (Ctl) Terhadap Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Uji Mann Whitney Dan Wald Wolfowits.” 01(01):59–68.

Nisa, Zakiyatul. 2022. “Implementasi Keterampilan Pembelajaran Abad 21 Berorientasi Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Di Smp Al-Falah Deltasari Sidoarjo.” 1–139.

Nufus, Hayatun. 2021. “Penggunaan Lingkungan Sekolah Sebagai Laboratorium IPA Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VII MTs. Al-Islahussibyan Dopang Gunung Sari.” JagoMIPA: Jurnal Pendidikan Matematika Dan IPA 1(1):44–55. doi: 10.53299/jagomipa.v1i1.30.

Nur Astuty, Evy, Syamswisna, and Eka Ariyati. 2017. “Efektivitas Pendekatan Jelajah Alam Sekitar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Ekosistem Di Sma.” Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa 6(5):1–12.

Pribowo, Setyo Fitroh Putro. 2018. “Pengembangan Instrumen Validasi Media Berbasis Lingkungan Sekitar.” Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan 18(1):1–12. doi: E-ISSN 2614-0578.

Purwati, Siska. 2018. “PENERAPAN PENDEKATAN JELAJAH ALAM SEKITAR (JAS) PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI TINGKAT JENIS DI KELAS X SMAN 2 TIMANG GAJAH KABUPATEN BENER MERIAH.” 1–142.

Ramdhani, Eka Putra, Fitriah Khoirunnisa, and Nur Asti Nadiah Siregar. 2020. “Efektifitas Modul Elektronik Terintegrasi Multiple Representation Pada Materi Ikatan Kimia.” Universitas Maritim Raja Ali Haji.

Roja, Ahmad Hakim. 2019. “Penerapan Pendekatan Jelajah Alam Sekitar (JAS) Berbasis Youtube Untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa Di SMA Negeri 1 Sumber.” 2(2):127–39. doi: E-ISSN: 2615-2665.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um052v14i2p125-132

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Biology Department, Faculty of Mathematics and Natural Sciences, Universitas Negeri Malang,Building O-5 Jl. Cakrawala No.2 Malang 65145 Tel / Fax. (0341) 588077 (direct), (0341) 551312 line 262

E-mail: jpb.journal@um.ac.id

Web: s.id/JPB

 

View My Stats