HUBUNGAN KEMAMPUAN METAKOGNISI SISWA DENGAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DI SMP NEGERI 2 KURIPAN
Abstract
Metakognisi merupakan suatu kemampuan seseorang mengenai pengetahuannya dan mengenali bagaimana proses berpikirnya sendiri. Penelitian tentang hubungan kemampuan metakognisi siswa dengan hasil belajar IPA telah dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui hubungan kemampuan metakognisi siswa dengan hasil belajar IPA melalui penerapan model pembelajaran berbasis masalah di SMPN 2 Kuripan. Penelitian dilakukan pada bulan Juli sampai dengan Agustus 2016. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive, dan jumlah sampelnya sebanyak 41 siswa. Pengambilan data tentang kemampuan metakognisi siswa menggunakan Metacognitive Awareness Inventory (MAI) dan hasil belajar IPA menggunakan soal pilihan ganda. Pengambilan data dilakukan melalui pretest dan postest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan metakognisi dengan rata-rata 0,11 untuk kelas VIII A dan 0,23 untuk kelas VIII E serta terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kemampuan metakognisi siswa dengan hasil belajar IPA. Pengaruh kemampuan metakognisi terhadap hasil belajar adalah 17%.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Andriyani, H. 2015. Hubungan Antara Kemampuan Metakognisi dengan Hasil Belajar Mahasiswa Baru Jurusan Pendidikan MIPA FKIP Universitas Mataram. Skripsi. Mataram: Universitas Mataram.
Apriani, N. M. W. 2014. Korelasi Antara Keterampilan Metakognitif Dengan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VII SMPN 1 Kuripan Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi. Mataram: Universitas Mataram.
Ardila, C., Aloysius, D.C. dan Siti, Z. 2012. Hubungan Keterampilan Metakognisi Terhadap Hasil Belajar Biologi dan Retensi Siswa Kelas X dengan Penerapan Strategi Perberdayan Berpikir Melalui Pertanyaan (PBMP) di SMAN 9 Malang. Artikel. Malang: Universitas Negeri Malang.
Arifin, M.S., Siti Z. dan Susriyati M. 2012. Hubungan Antara Keterampilan Metakognitif Terhadap Hasil Belajar Biologi dan Retensi Siswa Kelas X Dengan Strategi Reciprocal Teaching di SMA Negeri 1 Lawang. Artikel. Malang: Universitas Negeri Malang.
Aryadi, H. 2008. Pengaruh Kecerdasan Intrapersonal Terhadap Prestasi Belajar Matematika Ditinjau Dari Jenis Kelamin Siswa. Skripsi. Surakarta: UMS Press.
Chikmiyah, C. dan Sugiarto, B. 2012. Relationship Between Metacognitive Knowledge and Student Learning Outcomes Through Cooperative Learning Model Type Think Pair Share on Buffer Solution Matter. Unesa Journal of Chemical Education. Volume 1 Nomor 1 hal:-.
Effendi, N. 2013. Pengaruh Pembelajaran Reciprocal Teaching dipadukan Think Pair Share Terhadap Peningkatan Kemampuan Metakognisi Belajar Biologi Siswa SMA Berkemampuan Akademik Berbed di Kabupaten Sidoarjo. Jurnal Santiaji Pendidikan, Vo. 3 No.3 ISSN: 2087-9016.
Fauziyah, D.R., Aloysius D, C. dan Siti, Z. 2012. Hubungan Keterampilan Metakognisi Terhadap Hasil Belajar Biologi dan Retensi Siswa Kelas X dengan Penerapan Strategi Pembelajaran Think Pair Share di SMAN 6 Malang. Artikel. Malang: Universitas Negeri Malang.
Mustaqim, S.B., Abdurrahman, dan Viyanti. 2014. Pengaruh Keterampilan Metakognitif Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Melalui Model Problem Based Learning (PBL). Artikel Penelitian UNILA.
Nurwati. 2009. Hubungan Anatara Interaksi Sosial Siswa dengan Prestasi Belajar Bahas Indonesia Siswa Madrasah Ibtidaiyah Se-Kabupaten Gorontalo. Jurnal Cakrawala Pendidikan, Th. XXVIII, Nomor 2.
Pantiwati, Y. 2015. Strategi Pembelajaran, Self Assessment dan Metakognisi dalam Pembelajaran Sains. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi FKIP Universitas Muhammadiyah Malang. Malang: UMM.
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia. 2006. Peraturan Menteri Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah.
Primartadi, A. 2013. Pengaruh Metode Studen Team Achievement Division (STAD) dan Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Ditinjau dari Potensi Akademik Siswa SMK Otomotif. Jurnal Universitas Negeri Yogyakarta.
Primasari, Y.A. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation Menggunakan Local Materials Untuk Meningkatkan Kemampuan Inkuiri, Keterampilan Metakognisi, Interaksi Sosial Dan Hasil Belajar Siswa Kelas X Di SMA Negeri 1 Mojo Kediri Berbasis Lesson Study. Artikel Skripsi. Kediri: Universitas Nusantara PGRI Kediri.
Pujiank, S. 2014. Analisis Kemampuan Metakognisi Mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Mataram. Skripsi. Mataram: Universitas Mataram.
Sudewi, N.L., I.W. Subagia, dan I.N. Tika. 2014. Studi Komparasi Penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Dan Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) Terhadap Hasil Belajar Berdasarkan Taksonomi Bloom. Jurnal Program Pasca Sarjana Vol. 4, hal: 1-9.
Sutejo, B. 2012. Panduan Pengembangan Pembelajaran IPA Terpadu untuk Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah (SMP/MTs). Jakarta: Depdiknas.
Tan, O. 2004. Cognition, Metacognition, and Problembased Learning, dalam Tan Enhancing Thinking Through Problem-Based Learning Approaches: International Perspectives: hal.1-16 division of Singapore.
Trianto. 2010. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um052v10i2p66-73
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Biology Department, Faculty of Mathematics and Natural Sciences, Universitas Negeri Malang,Building O-5 Jl. Cakrawala No.2 Malang 65145 Tel / Fax. (0341) 588077 (direct), (0341) 551312 line 262
E-mail: jpb.journal@um.ac.id
Web: s.id/JPB