PENDAMPINGAN PRAKTIK BUDAYA NEMBANG MACAPATAN SEBAGAI WAHANA SARASEHAN PEMBUDAYAAN NILAI-NILAI PANCASILA

Suparlan Al Hakim, Didik Sukriono, Sri Untari, Yusuf Suharto

Abstract


Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan sebagai upaya untuk mengoptimalkan keberadaan produk kearifan lokal sebagai wahana atau media sarasehan pembudayaan nilai-nilai Pancasila. Lokasi penelitian berada di Desa Jugo Kecamatan Kesamben, Blitar dengan sasaran utama para budayawan dan masyarakat sekitar. Metode yang digunakan adalah pendampingan dengan fokus utama praktik budaya nembang macapatan yang di dalamnya terdapat sesi tes kompetensi dan juga praktik nilai-nilai Pancasila melalui dialog bagi peserta. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa: 1) Pelaksanaan peran dalam kegiatan macapatan dilaksanakan dengan baik, mulai dari peran pengarah, dhalang tembang, pamaca tembang, pamedhar tembang, pamireng tembang sekaligus sebagai peran dialog tampak berjalan dengan baik; 2) Peserta mampu mempraktikkan kegiatan macapatan sebagai mediasi penyelesaian konflik yang muncul selama ini dalam organisasi mereka. Secara tidak langsung nilai-nilai Pancasila muncul dalam temuan ini. Dari hasil yang ada, maka kondisi dan kompetensi masyarakat yang demikian ini sangat memungkinkan untuk dilakukan pembinaan sebagai sentra wisata berbasis budaya.


Keywords


Praktik Budaya; Macapatan; Sarasehan: Nilai; Pancasila

Full Text:

PDF

References


Al-Hakim, S. 2011. Budaya Lokal dan Hegemoni Negara dalam Kelompok Budaya Macapatan sebagai Sarana Legitimasi Politik Orde Baru. Jurnal Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan: Kajian Teori dan Penerapannya. 24 (1): 50-57.

Kemdikbud. 2010. Kebijakan Nasional Pembangunan Karakter Bangsa Tahun 2010-2015. Jakarta: Kementerian Pendidikan Nasional

Jalaluddin R. 2012. Psikologi Komunikasi. Bandung. Penerbit PT Remaja Rosdakarya.

Maiello, C., dkk. 2003. Civic Knowledge, Civic Skills and Civic Engagement. European Educational Research Journal, 2(3)

Mawarti, R.A. dkk. 2018. Us, The Society, and Our Pancasila: A Nowadays Service-Learning Program to Prepare the Good Citizen. Proceedings of the Annual Civic Education Conference (ACEC 2018)

Mawarti, R.A. dkk. 2019. Workshop Pengembangan Kewirausahaan Berbasis Potensi Lokal Sebagai Upaya Optimalisasi Pemberdayaan Masyarakat. Jurnal KARINOV, 2(1)




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um032v3i1p39-47

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Praksis dan Dedikasi Sosial (JPDS)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Editorial and Administration Office:
This Journal is published by Universitas Negeri Malang, under the management of Faculty of Social Science.
Semarang St. No. 5 Building I3, Pos Code: 65145.
Phone. (0341) 551312.
Homepage: http://journal2.um.ac.id/index.php/jpds/index

JPDS Indexed By:

           

E-ISSN 2655-2469


Jurnal Praksis dan Dedikasi Sosial (JPDS) is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License,

View JPDS Stats