EDUKASI BAGI ORANG TUA DALAM MEMBIMBING ANAK SAAT PEMBELAJARAN DARING

Novian Candra Kurniawan, Johan Ardiansyah, Mey Lafaiza Sukmaning Haresa, Wahyu Ranna Ayu Puspitasari

Abstract


The COVID 19 pandemic has caused many changes in various aspects of life, including in education. One of these changes is the shift in the learning process which was initially carried out face-to-face to online-based or known as online. From the perspective of evaluating the learning process, this article aims to review the impact caused by changes in the learning process to parental learning assistance and alternative solutions to resolve the adverse effects that arise. The descriptive qualitative method with data collection techniques is carried out through interviews, observations, and documentation studies. The study results showed that several parents stated that there were many obstacles they faced when guiding their children during online learning, especially those related to assistance in completing assignments. An alternative solution to overcome the challenges faced by parents is the implementation of educational outreach to parents about strategies for assisting the online learning process for students. Thus, changes in the situation are no longer understood as a source of problems but as conditions that will lead the nation to progress.

Pandemi COVID 19 menimbulkan banyak perubahan dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk di bidang pendidikan. Salah satu perubahan tersebut adalah beralihnya proses pembelajaran yang semula dilaksanakan secara tatap muka menjadi berbasis online atau yang dikenal dengan istilah daring. Dari perspektif evaluasi proses pembelajaran, artikel ini bertujuan untuk mengulas dampak yang ditimbulkan oleh perubahan proses pembelajaran kepada pendampingan belajar oleh orang tua serta alternatif solusi untuk menyelesaikan dampak negatif yang muncul. Metode yang digunakan yaitu kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Hasil kajian menunjukan bahwa beberapa orang tua siswa menyatakan banyak kendala yang dihadapi saat membimbing anak pada saat pembelajaran daring terutama berkaitan dengan pendampingan pengerjaan tugas. Solusi alternatif untuk mengatasi kendala yang dihadapi oleh orang tua adalah dilaksanakannya sosialisasi edukatif kepada orang tua tentang strategi pendampingan proses pembelajaran daring bagi siswa. Dengan demikian, perubahan situasi tidak lagi dipahami sebagai sumber munculnya permasalahan melainkan kondisi yang akan mengantarkan bangsa pada kemajuan.


Keywords


COVID 19; pembelajaran online; pendidikan

Full Text:

PDF

References


Arsy, G. R., Listyarini, A. D., & Nyumirah, S. (2021). Pendampingan psikologis orang tua pada anak usia sekolah selama pembelajaran daring. Jurnal Keperawatan dan Kesehatan Masyarakat Cendekia Utama, 10(2), 161–169.

Ayriza, Y., & Wardani, A. (2021). Analisis kendala orang tua dalam mendampingi anak belajar di rumah pada masa pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 772–782.

Ayuningtiyas, C. (2020). Regulasi emosi siswa dalam pembelajaran daring. DE_JOURNAL (Dharmas Education Journal), 1(2), 107–113.

Aziza, F. N., & Yunus, M. (2021). Peran orang tua dalam membimbing anak pada masa study from home selama pandemi Covid 19. UrbanGreen Conference Proceeding Library, 112–114.

CNN Indonesia. (2020). Update Corona 30 April: 10.118 positif, 792 meninggal dunia. https://www.cnnindonesia.com/nasional/20200430132023-20-498858/update-corona-30-april-10118-positif-792-meninggal-dunia

Dewi, T. A. P., & Sadjiarto, A. (2021). Pelaksanaan pembelajaran daring pada masa pandemi Covid-19. Jurnal Basicedu, 5(4), 1909–1917.

Dewi, W. A. F. (2020). Dampak Covid-19 terhadap implementasi pembelajaran daring di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55–61.

Iftitah, S. L., & Anawaty, M. F. (2020). Peran orang tua dalam mendampingi anak di rumah selama pandemi Covid-19. JCE (Journal of Childhood Education), 4(2), 71–81.

Nabawi, D. (2021). Peran orang tua dalam pengembangan karakter disiplin anak pada pembelajaran daring siswa kelas 2 SDIT Insan Karima. Comm-Edu (Community Education Journal), 4(3), 82–98.

Purwanto, A., Pramono, R., Asbari, M., Hyun, C. C., Wijayanti, L. M., & Putri, R. S. (2020). Studi eksploratif dampak pandemi COVID-19 terhadap proses pembelajaran online di sekolah dasar. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 2(1), 1–12.

Ruli, E. (2020). Tugas dan peran orang tua dalam mendidik anak. Jurnal Edukasi Nonformal, 1(1), 143–146.

Sadikin, A. (2020). Pembelajaran daring di tengah wabah Covid-19.

Sobron, A. N., Bayu, B., Rani, R., & Meidawati, M. (2019). Pengaruh daring learning terhadap hasil belajar IPA siswa Sekolah Dasar. Seminar Nasional Sains & Entrepreneurship, 1(1).

Sugiyono, D. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R & D.

Wahidah, I., Athallah, R., Hartono, N. F. S., Rafqie, M. C. A., & Septiadi, M. A. (2020). Pandemik COVID-19: Analisis perencanaan pemerintah dan masyarakat dalam berbagai upaya pencegahan. Jurnal Manajemen dan Organisasi, 11(3), 179–188.

Wanto, A. H. (2017). Strategi pemerintah Kota Malang dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik berbasis konsep smart city. JPSI (Journal of Public Sector Innovations), 2(1), 39–43.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um032v5i1p8-13

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Praksis dan Dedikasi Sosial (JPDS)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Editorial and Administration Office:
This Journal is published by Universitas Negeri Malang, under the management of Faculty of Social Science.
Semarang St. No. 5 Building I3, Pos Code: 65145.
Phone. (0341) 551312.
Homepage: http://journal2.um.ac.id/index.php/jpds/index

JPDS Indexed By:

           

E-ISSN 2655-2469


Jurnal Praksis dan Dedikasi Sosial (JPDS) is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License,

View JPDS Stats