SOSIALISASI SERTA PEMBINAAN KULINER DAN NON KULINER KEPADA MASYARAKAT DI KELURAHAN TUNJUNGSEKAR

Raditya Feda Rifandhana, Richo Surya Pradana, Susianto Susianto, Wiki Dwiningrum, Agung Budi Laksono, Ivan Prasetyo

Abstract


SOSIALIZATION AND MENTORSHIP IN THE ASPECTS OF CULINARY AND NON-CULINARY FOR COMMUNITY ON TANJUNGSEKAR, INDONESIAN

This community service aims to provide knowledge about business permits and online marketing to culinary and non-culinary business actors. The service method involves communicating with the community and sub-district heads in Tunjungsekar Village. This approach is integrated as a learning and practice method, which includes online marketing theory and business license theory, as well as direct practice of online marketing via social media and business license registration via OSS Online. The results of this service include increasing the knowledge and experience of business actors, socializing online marketing, and registering business permits in 2022. The results of this service are expected to increase income for culinary and non-culinary business actors (laundry services).

Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk menyediakan pengetahuan tentang ijin usaha dan pemasaran online kepada pelaku usaha kuliner dan non-kuliner. Metode pengabdian melibatkan pendekatan komunikasi kepada masyarakat dan kepala kelurahan di Kelurahan Tunjungsekar. Pendekatan ini diintegrasikan sebagai metode pembelajaran dan praktek, yang mencakup teori pemasaran online dan teori ijin usaha, serta praktek langsung pemasaran online melalui media sosial dan pendaftaran ijin usaha melalui OSS Online. Hasil dari pengabdian ini meliputi peningkatan pengetahuan dan pengalaman pelaku usaha, sosialisasi pemasaran online, pendaftaran ijin usaha Tahun 2022. Hasil pengabdian ini diharapkan dapat meningkatkan pendapatan bagi pelaku usaha kuliner dan non-kuliner (jasa laundry).


Keywords


coaching; society; culinary product; non culinary product; pembinaan; masyarakat; produk kuliner; produk non kuliner

Full Text:

PDF

References


Fitriani, R. (2017). Aspek hukum legalitas perusahaan atau badan usaha dalam kegiatan bisnis. Jurnal Hukum Samudra Keadilan, 12(1), 136–145.

Ghifarian, M. S., & Supriyono, S. (2023). Peningkatan pengetahuan dan pendampingan pembuatan NIB melalui aplikasi online single submission UMKM Desa Bareng. Sejahtera: Jurnal Inspirasi Mengabdi untuk Negeri, 2(2), 139–146.

Karina, S. M., & Amrihati, E. T. (2017). Pengembangan kuliner. Jakarta: Kementrian Kesehatan Republik Indonesia.

Krisnawati, T., Elly, M. I., Dhany, U. R., Izzah, N., & Septiana, M. D. (2022). Membangun UMKM melalui pengurusan izin usaha di era digital. INTEGRITAS: Jurnal Pengabdian, 6(2), 291–300.

Marthalina, M., & Khairina, U. (2022). Sosialisasi dan pendampingan pembuatan Nomor Induk Berusaha (NIB) melalui Online Single Submission (OSS) kepada pelaku usaha mikro di Desa Sukahayu Kecamatan Rancakalong Kabupaten Sumedang. Civitas Consecratio: Journal of Community Service and Empowerment, 2(1), 51–63.

Muntaha, M., Saputra, E., & Lathifa, L. (2023). Filosofi makanan tradisional khas Muharam (studi di Desa Jatisari, Kecamatan Sambi, Kabupaten Boyolali). Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM):Kreasi Mahasiswa Manajemen, 3(1), 1–10.

Prastyadewi, M. I., Sarikanti, N. K. A., & Dewi, D. P. C. M. (2023). Pendampingan penggunaan media sosial untuk pemasaran pada UD. Tani Karya. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat (SENEMA), 2(1), 376–381.

Priyono, B. P. C., & Rahmadanik, D. (2022). Meningkatkan omzet UMKM jasa laundry di era new normal dengan inovasi layanan self laundry di Kampung Dharmawangsa. Prosiding Patriot Mengabdi, 1(01), 10–16.

Soejono, F., Sunarni, T., Bendi, R. K. J., Efila, M. R., Anthony, S., & Angeliana, W. (2020). Pendampingan usaha: Penggunaan one single submission untuk ijin usaha. Wikrama Parahita: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 103–108.

Sufiyanto, S., Andrijono, D., & Wiyati, N. M. (2017). IbM wirausaha Carpet Laundry dalam upaya peningkatan teknologi proses dan manajemen operasional bisnis. Abdimas: Jurnal Pengabdian Masyarakat Universitas Merdeka Malang, 2(1), 8–19.

Syamsiah, N. O., Anna, A., Irmayani, W., & Hardi, N. (2023). Hibah dan pelatihan aplikasi Siyandry pada Perum Laundry Pontianak. Pena Abdimas: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 15–20.

Tafrilyanto, C. F., Aini, S. D., Hasanah, S. I., Kusyairi, K., & Susanti, L. (2022). Pembuatan Nomor Induk Berusaha (NIB) bagi UMKM Desa Branta Tinggi, Tlanakan, Pamekasan. Parta: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 105–109.

Walga, R. P., Sinaga, I. A., Napitupulu, F., & Siregar, A. J. (2023). Pendampingan pada Rizki Coin Laundry dalam meningkatkan pendapatan usaha melalui rencana pemasaran dan pemanfaatan media sosial. Bima Abdi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 49–56.

Widhajati, E. (2019). Strategi pemasaran online terhadap peningkatan penjualan UMKM di PLUT KUMKM Tulungagung. BENEFIT, 6(1), 58–66.

Wijoyo, T. A., & Krisnawati, S. N. (2022). Peningkatan inovasi kuliner lokal desa wisata Kota Semarang. Jurnal Pengabdian Masyarakat Waradin, 2(1), 1–14.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um032v7i1p1-10

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Praksis dan Dedikasi Sosial (JPDS)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Editorial and Administration Office:
This Journal is published by Universitas Negeri Malang, under the management of Faculty of Social Science.
Semarang St. No. 5 Building I3, Pos Code: 65145.
Phone. (0341) 551312.
Homepage: http://journal2.um.ac.id/index.php/jpds/index

JPDS Indexed By:

           

E-ISSN 2655-2469


Jurnal Praksis dan Dedikasi Sosial (JPDS) is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License,

View JPDS Stats