PERAN ROLE MODEL DALAM EDUKASI PANGAN JAJANAN ANAK SEKOLAH (PJAS) DI LINGKUNGAN SEKOLAH
Abstract
THE ROLE OF ROLE MODELS IN PANGAN JAJANAN ANAK SEKOLAH (PJAS) EDUCATION IN SCHOOLS
Pangan Jajanan Anak Sekolah (PJAS) is one of the main sources of food when children are at school. The high consumption among school children makes PJAS important from a hygiene perspective, the materials used must be free from hazardous substances, and also safe for children to consume. Regarding education regarding safe PJAS, it has become a shared responsibility starting from stakeholders such as the Health Service, Community Health Center, POM Agency, Teachers, PJAS Traders, to parents to jointly provide education on safe PJAS, especially for children. This research aims to see how the role of School PJAS Cadres plays in providing education about safe PJAS in the school environment, as well as how students behave regarding this PJAS education. The type of research is qualitative with data analysis carried out descriptively by conducting in-depth interviews with sources. The researcher is the main instrument in this research who carries out data collection and analysis. The sources for this research were teachers, little doctors, students at SDN 1 Banjar and local PJAS traders. The research results show that the PJAS program at SDN 1 Banjar is running because of the contribution of PJAS cadres, namely teachers and little doctors, in socializing PJAS in the school environment through extracurricular activities, classroom learning and socialization with traders. Role models have an important role in providing examples to other students. Little doctors have a role in socializing safe PJAS to their peers.
Pangan Jajanan Anak Sekolah (PJAS) merupakan sebagai salah satu sumber makanan utama ketika anak sedang berada di sekolah. Tingginya konsumsi di kalangan anak sekolah membuat PJAS ini menjadi penting dari sisi kebersihan, bahan yang digunakan harus bebas dari bahan berbahaya, dan juga aman di konsumsi anak. Terkait dengan edukasi mengenai PJAS aman sudah menjadi tanggung jawab bersama mulai dari pemangku kepentingan seperti Dinas Kesehatan, Puskesmas, Badan POM, Guru, Pedagang PJAS, hingga orang tua untuk sama-sama memberikan edukasi PJAS aman terutama untuk anak. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana peran Kader PJAS Sekolah berperan dalam memberikan edukasi mengenai PJAS aman di lingkungan sekolah, juga bagaimana perilaku murid terkait edukasi PJAS ini. Jenis penelitian adalah kualitatif dengan analisis data dilakukan secara deskriptif dengan melakukan wawancara mendalam dengan narasumber.Peneliti merupakan Instrumen utama dalam penelitian ini yang melakukan pengumpulan data hingga analisis. Narasumber penelitian ini adalah Guru, Dokter cilik, murid SDN 1 Banjar dan pedagang PJAS sekitar. Hasil penelitian menunjukan bahwa program PJAS di SDN 1 Banjar berjalan karena adanya kontribusi dari kader PJAS yaitu guru dan Dokter cilik dalam mensosialisasikan PJAS di lingkungan sekolah melalui kegiatan ekskul, pembelajaran di kelas hingga sosialisasi dengan pedagang. Role model memiliki peran penting dalam memberikan contoh kepada murid lainnya, Dokter cilik berperan untuk mensosialisasikan PJAS aman kepada teman-teman sebayanya.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Al Fuad, Z. (2020). Peranan orangtua, guru, dan teman sebaya dalam proses pembentukan karakter siswa sekolah dasar. Jurnal Tunas Bangsa, 7(1), 98–105.
Ambarukmi P, F., & Paramita, V. S. (2019). PKM: Dokter cilik, agen perubahan kesehatan dan lingkungan. Dharma Bhakti Ekuitas, 4(1), 356–363. https://doi.org/10.52250/p3m.v4i1.158
Ardlina, N., Sunnah, T. D., Wardhana, E., & Balqis, I. (2023). Kaderisasi dokter gigi kecil sebagai kader kesehatan gigi dan mulut siswa-siswi sekolah dasar di Kecamatan Margasari Kabupaten Tegal. Jurnal Pengabdian Masyarakat DentMas, 1(2), 51–55.
Aswat, H., Sari, E. R., Onde, M. L. O., Alaudin, A., & Fatmala, K. (2021). Sosialisasi dan penguatan edukasi pada siswa terkait penerapan protokol kesehatan di SDN 1 Masiri, demi terciptanya situasi kondusif di era new normal. Jurnal Abdidas, 2(3), 521–529.
Baharu, N. A. B., Udiani, N. N., & Urbaningrum, V. (2023). Hubungan peran orang tua dan teman sebaya dengan perilaku merokok pada remaja usia 11-19 Tahun di Desa Balane Kecamatan Kinovaro Kabupaten Sigi. Gudang Jurnal Multidisiplin Ilmu, 1(3), 177–182.
BBPOM. (2022). Sosialisasi keamanan pangan jajanaan anak usia sekolah dalam rangka program nasional tahun anggaran 2022 untuk Kota Banjar.
BPOM. (2021). Kerangka Acuan Kerja (KAK) pengawalan kegiatan program Pangan Jajanan Anak Sekolah (PJAS) Tahun 2021.
Briawan, D. (2016). Perubahan pengetahuan, sikap, dan praktik jajanan anak sekolah dasar peserta program edukasi pangan jajanan. Jurnal Gizi Pangan, 11(3), 201–210.
Dewi, E. R., & Wahyuningsih, S. (2018). Efektivitas booklet dalam meningkatkan pengetahuan pada dokter kecil tentang keamanan pangan sekolah. JKM (Jurnal Kesehatan Masyarakat) Cendekia Utama, 6(1), 73–83. https://doi.org/10.31596/jkm.v6i1.242
Dwiraswati, O. (2022). Evaluasi program intervensi keamanan Pangan Jajanan Anak Sekolah (PJAS) pada masa pandemi COVID 19 di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal Ilmiah Farmako Bahari, 13(2), 126–142.
Febrianis A. (2023). Pengawasan keamanan Pangan Jajanan Anak Sekolah (PJAS) di Kota Solok Tahun 2023. INNOVATIVE: Journal of Social Science Research, 3(3), 9631–9643.
Goa, M. Y. (2020). Hubungan peran teman sebaya dengan perilaku merokok pada remaja di Kota Kupang. Jurnal Ilmiah Ilmu Keperawatan, 11(2), 1–7.
Hanum, S. M. F. (2019). Buku panduan pemberdayaan kantin sehat sekolah. Umsida Press. https://doi.org/10.21070/2019/978-602-5914-56-0
Harahap, N. (2020). Penelitian kualitatif (Dr. Hasan Sazali M.A, Ed.; 1st ed., Vol. 1). Wal Ashri Publishing.
Iklima, N. (2017). Gambaran pemilihan makanan jajanan pada anak usia sekolah dasar. Jurnal Keperawatan BSI, 5(1), 8–17.
Kuntari, T., Earlyawan, P. A., Pradana, B. N., Purnamasari, I., Rosyadi, R. P., Pangesti, S. N., ... & Syakirina, Y. A. (2023). Pelatihan dokter kecil dan pengenalan PHBS sebagai upaya peningkatan kesehatan berbasis sekolah. Jurnal ABDIMAS Budi Darma, 3(2), 39–44.
Lesilolo, H. (2018). Penerapan teori belajar sosial Albert Bandura dalam proses belajar mengajar di sekolah. KENOSIS, 4(2), 186–202.
Pardede, Z. H., & Yafizham, Y. (2020). Dampak efektivitas program sertifikasi guru dalam meningkatkan profesionalisme guru di SMAN 3 Padang Sidempuan. Visipena Journal, 11(1), 33–45. https://doi.org/10.46244/visipena.v11i1.1027
Priyambodo, P., Firdaus, F., & Jayawardana, H. B. A. (2022). Implementasi teori kognitif sosial bandura sebagai upaya pengembangan fungsi dan peran sekolah. SPEKTRA: Jurnal Kajian Pendidikan Sains, 8(1), 37–51. https://doi.org/10.32699/spektra.v8i1.233
Rahmatyana, N., & Irmayanti, R. (2020). Teknik modeling dalam bimbingan kelompok untuk perencanaan karier siswa SMA. FOKUS (Kajian Bimbingan & Konseling dalam Pendidikan), 3(2), 61–71. https://doi.org/10.22460/fokus.v3i2.4916
Rifayanti, R., Saputri, A., Arake, A. K., & Astuti, W. (2018). Peran role model dalam membentuk perilaku pro-lingkungan. Psikostudia: Jurnal Psikologi, 7(2), 12–23.
Shaheen, M., Pradhan, S., & Ranajee, R. (2019). Sampling in qualitative research.
Suwanto, I., Mayasari, D., & Dhari, N. W. (2021). Analisis peran teman sebaya dalam pengambilan keputusan karier. Counsellia: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 11(2), 168–179.
Utomo, P., Prayogi, F., & Pahlevi, R. (2022). Bimbingan dan konseling keluarga: Pola asuh orang tua dan implikasinya terhadap penanaman nilai-nilai karakter pada anak. Prophetic: Professional, Empathy, Islamic Counseling Journal, 5(1), 35–50.
Zulfa, N., Heryaningningsih, S., Saputra, M., & Putri, M. (2018). Pengaruh teman sebaya terhadap minat melanjutkan studi ke perguruan tinggi pada siswa SMA. Journal of Innovative Counseling: Theory, Practice & Research, 2(2), 69–74.
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um032v7i1p85-93
Refbacks
Copyright (c) 2024 Jurnal Praksis dan Dedikasi Sosial (JPDS)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Editorial and Administration Office:
This Journal is published by Universitas Negeri Malang, under the management of Faculty of Social Science.
Semarang St. No. 5 Building I3, Pos Code: 65145.
Phone. (0341) 551312.
Homepage: http://journal2.um.ac.id/index.php/jpds/index
E-ISSN 2655-2469
Jurnal Praksis dan Dedikasi Sosial (JPDS) is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License,