Analisis Implementasi Kegiatan P5 Sebagai Upaya Mengenalkan Kearifan Budaya Lokal Di SMAN 1 Bululawang
Abstract
Kurikulum merdeka merupakan terobosan terbaru dalam dunia pendidikan. Implementasi kurikulum merdeka di dunia pendidikan menghadirkan warna baru untuk mewujudkan peserta didik yang berjiwa pancasila. Kegiatan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila bertema kearifan lokal dihadirkan di dalam kurikulum merdeka sebagai upaya membentuk pelajar pancasila dan sebagai upaya mengenalkan kearifan budaya lokal di lingkungan sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi kegiatan P5 sebagai upaya mengenalkan kearifan budaya lokal di lingkungan sekolah. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode wawancara dan studi literatur . Teknik analisis data meliputi reduksi data, menyajikan data dalam bentuk tabel, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keberhasilan mengenalkan budaya lokal di lingkungan sekolah hanya 70%.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Materi dan Tema P5 dan Contoh Kegiatannya. (2022). dicariguru.com.
Analisis Kegiatan P5 di SMA Negeri 4 Kota Tangerang sebagai Penerapan Pembelajaran Terdiferensiasi pada Kurikulum Merdeka. (2022). Jurnal Pendidikan MIPA Vol 12, 185-190.
Kholidah, L. N., I. W., & Inriyani, Y. (2022). Evaluasi Program Kegiatan P5 Kearifan Lokal Fase D di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Ilmu Kependidikan Vol 4, 7569-7577.
Kurniawaty, I. (2022). Strategi Penguatan Profil Pelajar Pancasila di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Kependidikan, 5170-5175.
Mahanani, A. S. (2018). Modul Ajar Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Berbasis Tema Kearifan Lokal untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Budaya di SMA Negeri 1 Babat, Lamongan. Jurnal Pendidikan danPembelajaran, 408-412.
Mahanni, A. S. (2023). Modul Ajar Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila berbasis Tema Kearifan Lokal untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Budaya di SMAN 1 Babat, Lamongan. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 416-418.
Maulida, U. (2022). PENGEMBANGAN MODUL AJAR BERBASIS KURIKULUM MERDEKA . Tarbawi Vol 5, 130-137.
Ngurah, S. I. (2022). Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Melalui Penciptaan Karya Seni Tari Gulma Penida pada Kurikulum Merdeka. Jurnal Seni Drama, tari, dan Musik.
Nurjanah, K., & Saadah, H. (2022). IMPLEMENTASI PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DENGAN TEMA SUARA DEMOKRASI DI SMK SETIA KARYA. Prosiding Seminar Nasional Sultan Agung ke-4, 27-33.
Okta, D. A. (2022). ANALISIS KURIKULUM MERDEKA DAN PLATFORM MERDEKA BELAJAR UNTUK MEWUJUDKAN PENDIDIKAN YANG BERKUALITAS. Jurnal Penjaminan Mutu Vol 8.
Pingge, H. D. (2017). Kearifan Lokal dan Penerapannya di Sekolah. Jurnal Edukasi Sumba Vol. 01, 129-132.
Saraswati, D. A. (2022). Analisis Kegiatan P5 di SMA Negeri 4 Kota Tangerang sebagai Penerapan Pembelajaran Terdiferensiasi pada Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan MIPA, 185-190.
Seno, U. (2022). Implementation of Local Wisdom Based Learning in Realizing Pancasila Student Profiles in Elementary Schools. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar Vol 6, 653-656.
Srirahmawati, A., & A. A. (2022). Realizing Pancasila Student Profiles in the Elementary School with Learning Media Based on Local Wisdom 'Barongan Masks'. Jurnal Kependidikan, 375-378.
Syaharani, D. M. (2023). The Implementation of P5 Local Wisdom Themes in the Independent Curriculum in Elementary Schools. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2-5.
Varelasiwi, R. S. (n.d.). Implementasi Pendidikan Multikultural dalam Menguatkan Identitas Nasional Melalui P5 di Era Globalisasi. Proceedings Series of Educational Studies, 291-295.
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/UM014v16i22023p149
Refbacks
- There are currently no refbacks.

Jurnal Penddidikan Ekonomi is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License