Collaboration and Communication Skills in Problem-Based Learning in Basic Tax Competencies
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abidin, D. Y. (2018). Desain sistem pembelajaran dalam konteks kurikulum 2013. PT Refika Aditama.
Arends, R. I. (2013). Belajar untuk mengajar. Salemba Humanika.
Arikunto, S. (2013). Prosedur penelitian. Rineka Cipta.
Deni, A. U., & Ifdil. (2016). Konsep kepercayaan diri remaja putri. Jurnal Educatio: Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(2), 43–52.
Evans, C. (2020). Measuring student success skills: A review of the literature on collaboration. Center For Assessment, 1–18. www.nciea.org
Fisikawati, A. R., Anggraeni, Y., & Wardani, I. (2018). Mengembangkan Sikap religius untuk mengurangi individualisme pada siswa di zaman global. Prosiding Seminar Nasional Penguatan Pendidikan Karakter Pada Siswa Dalam Menghadapi Tantangan Global, 11(0291), 189–193.
Gustiani, T., Ratna, W. A., & Solihat, R. (2017). Profile of students communication skills on global warming and pollution subject using conference assessment. International Journal of Science and Applied Science: Conference Series, 2(1), 396. https://doi.org/10.20961/ijsascs.v2i1.16754
Hamia, P, M., & Arsal, A. F. (2020). Keterampilan komunikasi peserta didik: Studi kasus pada pembelajaran Biologi di SMA Negeri 1 Sidrap. Jurnal Pendidikan, 9(2) 1–12.
Hartina, A. W., Wahyudi, & Permana, I. (2022). Dampak problem based learning untuk meningkatkan keterampilan kolaborasi dalam pembelajaran tematik. Journal of Education Action Research, 6(3), 341–347. https://doi.org/10.23887/jear.v6i3.49828
Hidayah, S., Wahyuni, S., & Ani, H. M. (2017). Penggunaan media pembelajaran interaktif dengan aplikasi Adobe Flash Cs6 untuk meningkatkan motivasi belajar pada komepetensi dasar mennganalisis peran, fungsi dan manfaat Pajak. Jurnal Pendidikan Ekonomi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi dan Ilmu Sosial, 11(1), 117–123. https://doi.org/10.19184/jpe.v11i1.5012
Iksan, Z. H., Zakaria, E., Meerah, T. S. M., Osman, K., Lian, D. K. C., Mahmud, S. N. D., & Krish, P. (2012). Communication skills among university students. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 59, 71-76. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2012.09.247
Junita, A., Supriatno, B., & Purwianingsih, W. (2021). Profil keterampilan kolaborasi siswa SMA pada praktikum maya sistem ekskresi (Highschool students’ collaboration skill profile in excretion system virtual lab work). Indonesian Journal of Biology Education, 4(2), 50–57. https://doi.org/10.17509/aijbe.v4i2.41480
Kasnelly, S., Fiqri, Y. Y., & Rahmawati, A. (2022). Ilmu ekonomi. PT Insan Cendekia Mandiri.
Laura, & Olivia. (2020a). The Cambridge life competencies framework (Collaboration). In Cambridge University Press. Cambridge University Press.
Laura, & Olivia. (2020b). The Cambridge Life Competencies Framework (Communication). Cambridge University Press.
Le, H., Janssen, J., & Wubbels, T. (2018). Collaborative learning practices: Teacher and student perceived obstacles to effective student collaboration. Cambridge Journal of Education, 48(1), 103–122. https://doi.org/10.1080/0305764X.2016.1259389
Marlina, W., & Jayanti, D. (2019). 4C dalam Pembelajaran Matematika untuk Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0. Prosiding Sendika, 5(1), 392–396.
Musliah, Purwanti, & Yuline. (2015). Analisis keterampilan komunikasi siswa dengan teman sebaya di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 4(12), 1–13.
Najah M, E. Z., & Rahmat, R. (2022). Profil keterampilan kerjasama peserta didik dalam pembelajaran PPKn SMP. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 1396–1407. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i1.2064
Putri, A., Enawaty, E., & Lestari, I. (2016). Deskripsi keterampilan komunikasi siswa SMA Negeri 9 Pontianak melalui metode praktikum pada materi KSP. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 5(9), 1–11. https://dx.doi.org/10.26418/jppk.v5i9.16571
Rahayu, R., Iskandar, S., & Abidin, Y. (2022). Inovasi pembelajaran abad 21 dan penerapannya di Indonesia. Jurnal Basicedu, 6(2), 2099–2104. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2082
Rahmawati, N. W., & Dwikoranto. (2022). Analisis perkembangan kompetensi 4C siswa dengan penerapan model pembelajaran problem based learning (PBL) berbantuan e-learning. Inovasi Pendidikan Fisika, 11(3), 1–9.
Ramadina, A., & Rosdiana, L. (2021). Keterampilan komunikasi siswa setelah diterapkan strategi active knowledge sharing ketika pembelajaran daring. Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains, 9(2), 247–251.
Rusman. (2017). Belajar & pembelajaran (Berorientasi Standar Proses Pendidikan). Kencana.
Sufajar, D., & Qosyim, A. (2022). Analisis keterampilan kolaborasi siswa smp pada pembelajaran Ipa di masa Pandemi Covid-19. Pensa: E-Jurnal Pendidikan, 10(2), 253–259.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Taher, T. (2023). Analisis keterampilan komunikasi dan kolaborasi siswa introvert dengan pendekatan culturally responsive teaching. Jambura Journal of Educational Chemistry, 5(1), 21–27. https://doi.org/10.34312/jjec.v5i1.17463
Taryono, Saepuzaman, D., Dhina, M. A., & Fitriyanti, N. (2019). Penerapan Pembelajaran berbasis proyek dan pembelajaran berbasis masalah pada mata pelajaran Fisika untuk Meningkatkan Keterampilan Abad 21 (4Cs) Siswa SMP. WaPFi (Wahana Pendidikan Fisika), 4(1), 89. https://doi.org/10.17509/wapfi.v4i1.15825
Taylor, A., Bailey, A., Cooper, P., Dwyer, C. A., Kramarae, C., & Lieb, B. (2014). Gender equity in communication skills. In Handbook for achieving gender equity through education (pp. 311-334). Routledge.
Wati, M., Maulidia, I., Irnawati., & Supeno. (2019). Keterampilan komunikasi siswa kelas VII SMPN 2 Jember dalam pembelajaran IPA dengan model problem based learning pada materi Kalor dan perubahannya. Jurnal Pembelajaran Fisika, 8(4), 275–280. https://doi.org/10.19184/jpf.v8i4.15237
Widyoko, S. E. P. (2017). Teknik penyusunan instrumen penelitian. Pustaka Pelajar.
Zubaidah, S. (2018). Mengenal 4C: Learning and innovation skills untuk menghadapi era revolusi industri 4.0. 2nd Science Education National Conference, September, 1–7.
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/UM014v17i1p023
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Penddidikan Ekonomi is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License